• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Friday, October 10, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

  • Port
    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

  • Port
    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Jelang Pemberlakuan TSS Selat Sunda & Lombok, Panduan Kenavigasian Disiapkan

oceanweek by oceanweek
December 18, 2019
in Berita Lain
Jelang Pemberlakuan TSS Selat Sunda & Lombok, Panduan Kenavigasian Disiapkan
349
SHARES
2.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Jelang diimplementasikannya Traffic Separation Scheme (TSS) Selat Sunda dan Selat Lombok secara penuh pada tanggal 1 Juli 2020 mendatang, Kementerian Perhubungan Cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Kenavigasian terus melakukan persiapan dan pemantapan, salah satunya dengan menggelar Focus Group Discussion (FGD) Navigation Guidelines Traffic Separation Scheme (TSS) in The Sunda and Lombok Straits di Redtop Hotel Convention Centre Pecenongan Jakarta pada hari ini (18/12).

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo mengatakan bahwa pengimplementasian TSS di Selat Sunda dan Selat Lombok ini merupakan wujud nyata pelaksanaan kewajiban Pemerintah Indonesia untuk menjaga wilayah laut serta sumber daya dan lingkungan laut terhadap akibat yang dihasilkan dari aktivitas pelayaran dan aktivitas lain yang dilaksanakan di laut.

Sebagai negara kepulauan, laut memiliki peranan yang cukup berarti sebagai pemersatu bangsa dan wilayah Indonesia. Sebagai konsekuensinya, sudah menjadi kewajiban Pemerintah untuk melakukan penyelenggaraan penegakkan hukum, baik terhadap ancaman pelanggaraan pemanfaatan perairan, serta dalam menjaga dan menciptakan keselamatan pelayaran.

Penguasaan dan pengelolaan negara Indonesia atas laut ini, diatur dalam Konvensi Hukum Laut Internasional Tahun 1982 (UNCLOS 82), yang mengakui konsepsi negara kepulauan sebagai integral hukum laut Internasional dan memperkenankan Pemerintah Indonesia untuk menetapkan alur-alur pelayaran yang melalui perairan Indonesia sebagai jalur laut bagi pelayaran Internasional.

Dirjen Agus menjelaskan, bahwa selain Selat Malaka, dua selat yaitu Selat Sunda dan Selat Lombok juga merupakan jalur transportasi laut yang sangat vital dan strategis bagi kapal-kapal niaga di wilayah Asia Timur. Selain itu, kepadatan di kedua Selat ini juga ditambah dengan banyaknya jalur penyeberangan yang dilalui kapal-kapal penumpang dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera, dan dari Pulau Jawa menuju Pulau Nusa Tenggara Barat.

“Dengan meningkatnya kepadatan, tentunya berdampak dengan meningkatnya risiko terjadinya kecelakaan di laut akibat terjadinya tubrukan kapal. Untuk itulah, Pemerintah Indonesia mencari solusi dengan menetapkan TSS di Selat Sunda dan Selat Lombok untuk meminimalisir terjadinya musibah di Laut,” jelas Dirjen Agus.

Sementara itu, Direktur Kenavigasian Basar Antonius mengatakan bahwa setelah melalui proses perjuangan yang cukup panjang, TSS Selat Sunda dan Selat Lombok ini akhirnya disahkan dan ditetapkan melalui Sidang International Maritime Organization (IMO) Maritime Safety Committee (MSC) ke-101 yang diselenggarakan bulan Juni 2019 lalu. Namun demikian, menurut Basar, perjuangan Indonesia tidak boleh berhenti hanya sampai dengan TSS Selat Sunda dan Selat Lombok disahkan.

Dalam pengimplementasian kedua TSS tersebut, Pemerintah perlu menetapkan aturan-aturan, antara lain terkait kewajiban lapor bagi kapal-kapal yang melintasi TSS Selat Sunda dan Selat Lombok dengan tujuan pelabuhan-pelabuhan Indonesia, serta mengatur tata cara berlalu lintas di kedua Selat tersebut.

“Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, telah menyusun suatu panduan bagi kapal-kapal yang melintas, baik itu hanya melakukan lintas transit, maupun yang akan menuju ke pelabuhan-pelabuhan yang ada di Indonesia,” ungkap Basar.

Untuk itulah, Direktorat Kenavigasian Ditjen Perhubungan Laut menginisiasi penyelenggaraan Kegiatan FGD ini, yakni sebagai sarana untuk bertukar ilmu pengetahuan dan pengalaman bagi pengelolaan alur di TSS Selat Sunda dan Selat Lombok di masa mendatang secara lebih baik, sehingga dapat membantu terwudunya keselamatan pelayaran di kedua Selat tersebut.

Dalam kegiatan FGD ini, antara lain dibahas tentang Aspek Hukum Laut Internasional dalam Implementasi TSS Selat Sunda dan Selat Lombok, Peran Serta Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) dalam Penegakkan Hukum di Laut untuk Implementasi TSS Selat Sunda dan Selat Lombok, serta Navigational Guidelines TSS di Selat Sunda dan Selat Lombok.

FGD yang dibuka oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo ini dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian dan instansi serta stakeholder terkait, antara lain Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL, Direktur Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional Kementerian Luar Negeri, pejabat di lingkungan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Pariwisata Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian ESDM, pejabat Pemda Banten, Lampung, Bali dan Nusa Tenggara Barat, serta para Kepala Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Sementara itu, hadir sebagai narasumber antara lain Kepala Dinas Hukum TNI AL, Kresno Buntoro, Kepala Seksi Advokasi dan Desiminasi Keselamatan Pelayaran, Jan Piter Daniel, dan Konsultan TSS, dan Asisten Deputi Bidang Navigasi dan Keselamatan Maritim, Odo Manuhutu yang bertindak selaku moderator. (**)

Previous Post

Gathering KBS untuk Pererat Pelanggan

Next Post

Layanan Kapal di Lewoleba Tak Masalah

Next Post
Layanan Kapal di Lewoleba Tak Masalah

Layanan Kapal di Lewoleba Tak Masalah

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    6133 shares
    Share 2453 Tweet 1533
  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5375 shares
    Share 2150 Tweet 1344
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4489 shares
    Share 1796 Tweet 1122
  • Mantan Direktur Pelindo & Mantan Dirut DPS Ditahan, Kasus Korupsi Pengadaan Kapal Tunda

    3773 shares
    Share 1509 Tweet 943
  • Per Januari 2026, Pelaut Tak Bisa Berlayar Jika Tak Miliki Sertifikat BST Dengan Kesehatan Mental

    3749 shares
    Share 1500 Tweet 937

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

PT MUSTIKA ALAM LESTARI

October 10, 2025

TPK SEMARANG

October 10, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In