• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Friday, October 10, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

  • Port
    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

  • Port
    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Batu Ampar Memanas, PBM Ancam Mogok Kerja

oceanweek by oceanweek
December 29, 2023
in Berita Lain
Batu Ampar Memanas, PBM Ancam Mogok Kerja
1.4k
SHARES
8k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Pelabuhan Batu Ampar di Batam kembali memanas. Asosiasi Maritim, termasuk Perusahaan Bongkar Muat (PBM) yang berkegiatan di pelabuhan Batu Ampar mengancam akan mogok kerja jika Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam tak memenuhi sejumlah tuntutannya.

Hal itu disampaikan Johan, pengurus DPW APBMI Batam kepada Ocean Week, Kamis malam (28/12/2023).

Menurut Johan, mereka menuntut supaya kegiatan operasional petikemas oleh BUP BP Batam tak mematikan PBM yang sudah bekerja puluhan tahun.

“Jika hal itu tetap dilakukan mereka (BUP BP Batam), maka ribuan karyawan akan terkena PHK,” ujar Johan, mengutip rilis yang disampaikan Asosiasi Maritim Batam.

Karena itu, Asosiasi menuntut agar BUP BP Batam menghentikan operasional alat HMC dan RTG yang dioperasikan Persero Batam, mengingat alat yang dimiliki PBM masih memadai. “Kalau ini tak segera dihentikan, maka PBM akan hancur,” ungkapnya.

Selain itu, asosiasi juga menuntut agar alat Shore Crane yang kerja di dermaga dan Reach Stacker yang ada di container yard (CY) tidak dikenakan biaya penumpukan alat. Sebab, alat Shore Crane dan reach stacker sudah dikenai biaya pas pelabuhan tahunan dan jasa kontribusi 20%. “Ini berakibat pada tambahan biaya operasional,” katanya lagi.

Masalah lain yang dituntut mereka adalah supaya biaya buka tutup Palka ditagihkan atau dihitung berdasarkan jumlah Palka, bukan per Daun Palka, sesuai tarif dalam Perka nomor 04 tahun 2023.

Mereka juga menanyakan legalitas ijin BUP dan operasional TPK BUP PT Persero Batam agar dilengkapi sesuai peraturan perundangan yang berlaku. “Nah, Kepala BP Batam mengambil alih permasalahan tersebut dan segera menyelesaikan supaya PBM tetap bisa bekerja, sehingga tak terjadi PHK besar-besaran, dan agar pengelolaan terminal petikemas dilakukan sesuai aturan perundangan yang berlaku. Jika ini tak segera dilakukan, kami (asosiasi maritim) akan mogok kerja,” ungkapnya.

Seperti diketahui bahwa sesuai surat edaran dari BUP BP Batam nomor 23 tahun 2023 tentang pengoperasian terminal petikemas Batu Ampar, bahwa sejak tanggal 1 November 2023, seluruh kegiatan bongkar muat petikemas dilaksanakan di dermaga Utara terminal umum Batu Ampar yang dioperasikan oleh PT Persero Batam.

PT Persero Batam dapat mengoperasikan kegiatan bongkar muat petikemas tersebut sesuai perjanjian kerjasama pemanfaatan dalam rangka penyediaan infrastruktur untuk pembangunan, Pengoperasian dan pengembangan terminal petikemas Batu Ampar antara Badan pengusahaan kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas Batam dan PT Persero Batam nomor 691/SPJ/A4/8/2023 dan SPB-DIR/075/VIII/2023.

Namun, dengan pengoperasian kegiatan bongkar muat Petikemas dilaksanakan di dermaga Utara terminal umum batu ampar oleh PT Persero Batam, maka muncul permasalahan baru, padahal masalah sebelumnya belum selesai.

Namun tetap dilanjutkan oleh PT Persero Batam, antara lain, PBM tak dapat mengoperasikan alat Shore Crane PBM sendiri, hal ini disebabkan Persero Batam tak mengijinkan karena Persero Batam sudah menyiapkan alat STS crane BP Batam dan HMC milik PBM dari Surabaya.

“Penggunaan alat HMC sebenarnya belum pernah disampaikan oleh BUP BP Batam dalam setiap sosialisasi dengan PBM dan asosiasi. Sebagai dasar perhitungan tarif CHC dan non CHC yang dihitung bersama asosiasi dan dituangkan dalam Perka no. 04 tahun 2023, hanya alat STS BP Batam yang dijadikan dasar perhitungan tarif dan tak ada asumsi penggunaan HMC dan RTG,” kata Johan.

Menurut dia, jika alat HMC dan RTG tetap dioperasikan oleh Persero Batam, maka berdampak bahwa PBM menanggung beban biaya TKBM yang besar, atas pemakaian HMC. “Alat Shore Crane dan Reach Stacker PBM tak bisa bekerja/beroperasi lagi. Dan dampaknya bisa terjadi PHK terhadap operator crane, Helper operator, petugas tally, dan mekanik yang akan dilakukan oleh PBM,” jelasnya.

Ironinya, kegiatan Truck losing dari dermaga langsung ke tempat pemilik barang atau sebaliknya, PBM tetap dipungut 20% dari tarif kegiatan Haulage (kegiatan dari dermaga ke tempat penumpukan petikemas di dalam pelabuhan). Sedangkan PBM tak dapat menagihkan atas biaya tersebut kepada customer.

“Mestinya kegiatan Truck losing tak dikenai biaya, karena dari BUP BP Batam atau PT Persero Batam tak ada layanan. Ini bisa dikategorikan pungutan liar (Pungli),” ungkap Johan lagi.

Kata Johan, BUP BP Batam/PT PERSERO Batam tetap memungut biaya penumpukan alat Shore Crane yang kerja di dermaga dan Reach Stacker yang kerja di CY. “Ini juga harusnya tak dipungut biaya karena PBM membayar biaya kontribusi 20% dari kegiatan bongkar muat di dermaga dan kegiatan LoLo di CY” jelasnya.

Asosiasi juga menanyakan mengenai perijinan BUP Persero Batam dan operasional Persero Batam yang dikeluarkan BP Batam, mestinya ijin dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan.

Atas dasar berbagai masalah tersebut, kemudian APBMI Batam berkirim surat kepada BP Batam, Ketua Umum DPP APBMI, Ketua Umum ABUPI yang isinya minta agar kegiatan operasional petikemas tak mematikan PBM yang sudah puluhan tahun bekerja di Batu Ampar. “Jika ini tak diindahkan maka PBM akan hancur,” kata Johan.

Asosiasi juga minta supaya BP Batam menghargai kearifan lokal, sehingga pelaku usaha daerah masih bisa tetap hidup. Dan mereka minta supaya BP Batam tak menyerahkan kepada Persero Batam mengelola seluruh pelabuhan, baik dermaga selatan dan timur.

“Sekali lagi, jika tuntutan kami nggak dilakukan, maka kami akan mogok kerja,” ancamnya. (**)

Previous Post

Terminal Teluk Lamong Targetkan Bongkar Muat Naik 4%

Next Post

Pasang Surut Kemaritiman RI, Catatan 2023

Next Post
Pasang Surut Kemaritiman RI, Catatan 2023

Pasang Surut Kemaritiman RI, Catatan 2023

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    6133 shares
    Share 2453 Tweet 1533
  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5375 shares
    Share 2150 Tweet 1344
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4489 shares
    Share 1796 Tweet 1122
  • Mantan Direktur Pelindo & Mantan Dirut DPS Ditahan, Kasus Korupsi Pengadaan Kapal Tunda

    3773 shares
    Share 1509 Tweet 943
  • Per Januari 2026, Pelaut Tak Bisa Berlayar Jika Tak Miliki Sertifikat BST Dengan Kesehatan Mental

    3749 shares
    Share 1500 Tweet 937

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

PT MUSTIKA ALAM LESTARI

October 10, 2025

TPK SEMARANG

October 10, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In