Hingga triwulan III tahun 2025, TPK Banjarmasin mencatatkan peningkatan kinerja positif.
Data mencatat, arus peti kemas dari Januari sampai dengan September tahun 2025 tercatat sebanyak 417.473,75 TEUs.
Angka tersebut menunjukkan pertumbuhan sebesar 4,9% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 398.006 TEUs.
Pertumbuhan angka tersebut didukung oleh berbagai inisiatif strategis yang dilakukan oleh TPK Banjarmasin, khususnya peningkatan kompetensi SDM melalui pelatihan Container Terminal Operations (CTO).
Pelatihan ini juga dilanjutkan dengan On The Job Training yang bertujuan meningkatkan kemampuan operasional dan keahlian teknis para personel di lapangan.
“Kinerja positif yang kami catatkan hingga Triwulan III ini adalah hasil nyata dari komitmen kami pada peningkatan kualitas layanan,” ujar TH TPK Banjarmasin, Sirin Purnomo.
“Salah satu pilar utama dari keberhasilan ini adalah transformasi pada SDM yaitu melalui program pelatihan yang dilakukan,” tambahnya.
Selain itu, ungkap Sirin, penerapan sistem Hot Seat dapat memangkas waktu tunggu pergantian operator sehingga dapat meningkatkan efisiensi operasional di lapangan dan mempercepat layanan bongkar muat kapal, yang pada gilirannya akan menurunkan Port Stay kapal.
Untuk diketahui bahwa saat ini rata-rata Box Ship per Hour (BSH) di TPK Banjarmasin mencapai angka 28,10.
Perbaikan juga dilakukan dari sisi Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) seperti program standarisasi ruang kerja yang mencakup eco workplace.
Sirin juga menjelaskan bahwa Improvement terus dilakukan dari semua sisi, baik operasional hingga optimalisasi layanan.
“Transformasi terus dilakukan hingga kini, kedepan akan dilakukan sistemisasi dan penerapan truck booking system (TBS) untuk mengatur jadwal truk eksternal yang akan masuk ke dalam terminal,” jelasnya.
Sementara itu, Bagus perwakilan dari PT Tanto Intim Line, menyampaikan jika layanan yang diberikan TPK Banjarmasin sudah semakin membaik.
“Responsivitas mereka dalam menangani kendala operasional sangat membantu kelancaran bisnis di kami juga,” ujar Bagus.
“Harapan kami kedepan TPK Banjarmasin terus melanjutkan transformasi ini dan berbenah untuk meningkatkan layanan maupun efisiensi operasional secara berkelanjutan,” ucapnya lagi.
TPK Banjarmasin sebagai bagian dari PT Pelindo Terminal Petikemas berkomitmen untuk terus meningkatkan produktivitas terminal dan memberikan layanan optimal.
“TPK Banjarmasin optimis momentum positif ini akan terus dijaga hingga akhir tahun,” kata Sirin. (***)