• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Thursday, February 2, 2023
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Maersk : Tetapkan Tanggal Akhir Pengiriman Bahan Bakar Fosil

    Pelayaran Raksasa MSC Kalahkan Maersk..

    Atas Dukungan INSA, Kata PLN Stok Batubara di PLTU Aman

    Atas Dukungan INSA, Kata PLN Stok Batubara di PLTU Aman

    Guangzhou Port Investasi $ 1 Miliar Untuk Bangun Dermaga Baru

    Matinya Operator Kapal Kecil Jalur Perdagangan Dunia

    CMA CGM Beli 2 Terminal Peti Kemas AS

    CMA CGM Beli 2 Terminal Peti Kemas AS

    OOCL Pesan 7 Kapal Baru 24.000 TEU

    Angkutan Kontainer Beralih ke Kapal Besar, Karena..

    Kapal Pesiar Viking Mars Masuk Priok, Wisatawan Bisa ke TMII

    Kapal Pesiar Viking Mars Masuk Priok, Wisatawan Bisa ke TMII

    INSA Berharap KCN Dibuka Kembali

    Ancaman Resesi di 2023, Pebisnis Pelayaran Mesti Waspada

    Samudera Indonesia Akan Tambah 7 Kapal

    Samudera Indonesia Akan Tambah 7 Kapal

    Selama 9 Bulan, Laba Hapag Lloyd Capai US$ 13,8 M

    Selama 9 Bulan, Laba Hapag Lloyd Capai US$ 13,8 M

  • Port
    Patimban, Pelabuhan yang Bermimpi Saingi Priok

    Patimban, Pelabuhan yang Bermimpi Saingi Priok

    Kapal-kapal Besar Sudah Bisa Sandar di Terminal DABN

    Kapal-kapal Besar Sudah Bisa Sandar di Terminal DABN

    Perhubungan Pertanyakan Kenapa KCN Belum Buka Lagi Terminalnya

    Perhubungan Pertanyakan Kenapa KCN Belum Buka Lagi Terminalnya

    ADB Gelontorkan Dana Untuk Kembangkan Terminal Petikemas di India

    ADB Gelontorkan Dana Untuk Kembangkan Terminal Petikemas di India

    IPC TPK Torehkan Banyak Prestasi, Tangani 2,8 Juta TEUs Lebih

    IPC TPK Torehkan Banyak Prestasi, Tangani 2,8 Juta TEUs Lebih

    Tanjung Batu Gandeng Temas Port Kembangkan Pelabuhan

    Tanjung Batu Gandeng Temas Port Kembangkan Pelabuhan

    Pelabuhan Chabahar dan Masa Depannya..

    Pelabuhan Chabahar dan Masa Depannya..

    Throughput Pelabuhan Tianjin Lampaui 21 Juta TEUs

    Throughput Pelabuhan Tianjin Lampaui 21 Juta TEUs

    ICTSI Perluas Dermaga, Kapal 18.000 TEUs Bisa Dilayani

    ICTSI Perluas Dermaga, Kapal 18.000 TEUs Bisa Dilayani

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Galangan Yangzijiang Teken Kontrak Pembuatan 22 Kapal Baru

    Galangan Yangzijiang Teken Kontrak Pembuatan 22 Kapal Baru

    Walkot Restui Jika Pelni Bangun Galangan di Bau-bau

    Walkot Restui Jika Pelni Bangun Galangan di Bau-bau

    Industri Perkapalan Berperan Mewujudkan RI Sebagai Poros Maritim

    Industri Perkapalan Berperan Mewujudkan RI Sebagai Poros Maritim

    Kemampuan Membangun Kapal Selam Sangat Penting

    Kemampuan Membangun Kapal Selam Sangat Penting

    Kemenperin Siap Pasok SDM Dukung Industri Galangan Kapal

    Kemenperin Siap Pasok SDM Dukung Industri Galangan Kapal

    BKI-PAL MoU Untuk Kemajuan Industri Maritim Nasional

    BKI-PAL MoU Untuk Kemajuan Industri Maritim Nasional

    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT. MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT. PRIMA NUR PANURJWAN

    BICT

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Maersk : Tetapkan Tanggal Akhir Pengiriman Bahan Bakar Fosil

    Pelayaran Raksasa MSC Kalahkan Maersk..

    Atas Dukungan INSA, Kata PLN Stok Batubara di PLTU Aman

    Atas Dukungan INSA, Kata PLN Stok Batubara di PLTU Aman

    Guangzhou Port Investasi $ 1 Miliar Untuk Bangun Dermaga Baru

    Matinya Operator Kapal Kecil Jalur Perdagangan Dunia

    CMA CGM Beli 2 Terminal Peti Kemas AS

    CMA CGM Beli 2 Terminal Peti Kemas AS

    OOCL Pesan 7 Kapal Baru 24.000 TEU

    Angkutan Kontainer Beralih ke Kapal Besar, Karena..

    Kapal Pesiar Viking Mars Masuk Priok, Wisatawan Bisa ke TMII

    Kapal Pesiar Viking Mars Masuk Priok, Wisatawan Bisa ke TMII

    INSA Berharap KCN Dibuka Kembali

    Ancaman Resesi di 2023, Pebisnis Pelayaran Mesti Waspada

    Samudera Indonesia Akan Tambah 7 Kapal

    Samudera Indonesia Akan Tambah 7 Kapal

    Selama 9 Bulan, Laba Hapag Lloyd Capai US$ 13,8 M

    Selama 9 Bulan, Laba Hapag Lloyd Capai US$ 13,8 M

  • Port
    Patimban, Pelabuhan yang Bermimpi Saingi Priok

    Patimban, Pelabuhan yang Bermimpi Saingi Priok

    Kapal-kapal Besar Sudah Bisa Sandar di Terminal DABN

    Kapal-kapal Besar Sudah Bisa Sandar di Terminal DABN

    Perhubungan Pertanyakan Kenapa KCN Belum Buka Lagi Terminalnya

    Perhubungan Pertanyakan Kenapa KCN Belum Buka Lagi Terminalnya

    ADB Gelontorkan Dana Untuk Kembangkan Terminal Petikemas di India

    ADB Gelontorkan Dana Untuk Kembangkan Terminal Petikemas di India

    IPC TPK Torehkan Banyak Prestasi, Tangani 2,8 Juta TEUs Lebih

    IPC TPK Torehkan Banyak Prestasi, Tangani 2,8 Juta TEUs Lebih

    Tanjung Batu Gandeng Temas Port Kembangkan Pelabuhan

    Tanjung Batu Gandeng Temas Port Kembangkan Pelabuhan

    Pelabuhan Chabahar dan Masa Depannya..

    Pelabuhan Chabahar dan Masa Depannya..

    Throughput Pelabuhan Tianjin Lampaui 21 Juta TEUs

    Throughput Pelabuhan Tianjin Lampaui 21 Juta TEUs

    ICTSI Perluas Dermaga, Kapal 18.000 TEUs Bisa Dilayani

    ICTSI Perluas Dermaga, Kapal 18.000 TEUs Bisa Dilayani

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Galangan Yangzijiang Teken Kontrak Pembuatan 22 Kapal Baru

    Galangan Yangzijiang Teken Kontrak Pembuatan 22 Kapal Baru

    Walkot Restui Jika Pelni Bangun Galangan di Bau-bau

    Walkot Restui Jika Pelni Bangun Galangan di Bau-bau

    Industri Perkapalan Berperan Mewujudkan RI Sebagai Poros Maritim

    Industri Perkapalan Berperan Mewujudkan RI Sebagai Poros Maritim

    Kemampuan Membangun Kapal Selam Sangat Penting

    Kemampuan Membangun Kapal Selam Sangat Penting

    Kemenperin Siap Pasok SDM Dukung Industri Galangan Kapal

    Kemenperin Siap Pasok SDM Dukung Industri Galangan Kapal

    BKI-PAL MoU Untuk Kemajuan Industri Maritim Nasional

    BKI-PAL MoU Untuk Kemajuan Industri Maritim Nasional

    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT. MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT. PRIMA NUR PANURJWAN

    BICT

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Kapal

Tubrukan Kapal Serasi I & Batanghari Mas, Mulai Dilakukan Pemeriksaan..

oceanweek by oceanweek
December 4, 2022
in Kapal, Uncategorized
Tubrukan Kapal Serasi I & Batanghari Mas, Mulai Dilakukan Pemeriksaan..
368
SHARES
2.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Nakhoda kapal Batanghari Mas (Yanwar Arifin) yang bertubrukan dengan kapal Serasi I di selat Bangka (1/12/2022), setiba di pelabuhan Tanjung Priok, langsung dilakukan pemeriksaan oleh pihak kantor Kesyahbandaran utama (KSU) Tanjung Priok.

Hal itu diinfokan oleh Direktur KPLP Perhubungan Laut Capt. Mugen R. Sartoto kepada Ocean Week, Sabtu malam.

Kepala Kantor Kesyahbandaran utama Tanjung Priok Andi Hartono juga membenarkan adanya pemeriksaan tersebut. “Ya kemarin di periksa Kasi Penyidik Saya (kantor Syahbandar) namun belum dilaporkan hasil nya,” kata Andi.

Ditanya bagaimana hasil pemeriksaan, Mugen mengatakan kalau hasilnya akan lama. “Sekedar info saja bahwa kecelakaan kapal Batanghari Mas dan kapal Serasi I akibat tubrukan di Selat Bangka sedang dalam proses penyidikan,” ujarnya.

Seperti diketahui bahwa pada Kamis (1/12/2022) telah terjadi tubrukan Kapal Serasi I dengan MV. Batanghari Mas, di koordinat 02°42,370’S 105°51,263’E tepatnya di Perairan Selat Bangka.

Hal itu sebagaimana dilaporkan Kepala KSOP Kelas IV Muntok, I Made Suartama kepada Dirjen Perhubungan Laut Arif Toha.

Dan kejadian itu juga dibenarkan ketua DPC INSA Bangka, Eko, saat dikonfirmasi Ocean Week melalui telepon selulernya. “Betul ada tubrukan kapal Serasi dengan kapal Batanghari, tapi agak jauh dari Bangka,” ujarnya.

Berdasarkan laporan KSOP Muntok kepada Dirjen Laut, telah terjadi tubrukan kapal Serasi I dengan MV Batanghari, di perairan Selat Bangka.

Kapal MV Serasi I, berbendera Indonesia asal pelabuhan Patimban bertujuan ke pelabuhan Belawan, memuat kendaraan. Kapal ini membawa 17 crew.

Sedangkan MV. Batanghari Mas juga berbendera Indonesia berasal dari pelabuhan Palembang tujuan Tanjung Priok, membawa 16 crew, bermuatan kontainer.

Seperti diketahui bahwa kronologi kejadiannya yakni pada pukul 01.09 WIB kapal MV Serasi 1 dengan rute Patimban-Belawan memberitahukan kalau kapal mengalami tubrukan dan kapal kemasukan air, selanjutnya Nakhoda Kapal mengkandaskan kapal tersebut.

Para crew kapal Serasi berhasil dievakuasi. (**)

Pada pukul 01.28 WIB Nakhoda Kapal MV. Serasi 1, capt. Subur kembali menginformasikan bahwa kapal sudah posisi “nungging” serta crew sudah akan menyelamatkan diri dengan Lifecraft.

Pukul 03.23 wib, korban MV Serasi 1 dievakuasi oleh KM Lotus, dan dibawa menuju pelabuhan Tanjung Kalian Muntok dengan estimasi waktu tiba di pelabuhan pada pukul 14:00 WIB.

Atas peristiwa itu, KSOP Muntok membuka Operasi SAR Gabungan dengan memberangkatkan personil dari Unit Siaga SAR Muntok serta Kantor SAR Pangkalpinang.

Tim kemudian melakukan koordinasi  dengan Nakhoda MV. Serasi I dan MV. Batanghari MAS. Selain itu juga berkoordinasi dengan Instansi terkait lainnya.

Kepala Bagian Humas Perhubungan Laut, Wisnu Wardana dalam rilisnya yang diterima Ocean Week menyebutkan bahwa Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut bersama tim SAR berhasil mengevakuasi awak kapal yang mengalami insiden tubrukan antara MV Serasi I dengan MV Batanghari Mas. Insiden terjadi di Perairan Selat Bangka, Kepulauan Bangka Belitung pada Kamis (1/12) dini hari.

Tim SAR gabungan terdiri dari KPLP KSOP Muntok, Basarnas, BPBD Kabupaten Bangka Barat, Satpolair Polres Bangka Barat, Direktorat Polair Polda Babel, KKP, Puskesmas Muntok, dan TNI AL berhasil mengevakuasi awak kapal Serasi I.

Pukul 03.23 wib Korban kapal Serasi 1 di evakuasi oleh KM Lotus, dan dibawa menuju pelabuhan Tanjung Kalian Muntok dengan estimasi waktu tiba di pelabuhan pada pukul 14:00 WIB.

“17 orang awak kapal MV Serasi 1 berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat dan selanjutnya kapal MV Serasi 1 yang mengalami musibah akan dievakuasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ungkapnya.

Hati-hati 

Akibat tubrukan tersebut, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Sungai Lumpur, mengeluarkan pemberitahuan kepada para Nakhoda kapal, pandu, operator kapal, dan perusahaan pelayaran, supaya kapal-kapal yang melintas di Selat Bangka menghindari lebih kurang 3 NM dari lokasi kejadian tubrukan kapal Serasi I dengan MV Batanghari yang terjadi pada hari Kamis (1/12) jam 01.09 wib di Selat Bangka.

“Atas kejadian tubrukan itu, menyebabkan kapal Serasi I tenggelam dan jatuhnya 1 kontainer bermuatan IMDG bernomor DIRYU 273681-6,” sebut pemberitahuan tersebut.

Sebelumnya, tim SAR berhasil mengevakuasi 17 awak kapal Serasi dengan selamat.

Capt. Mugen menyampaikan bahwa berdasarkan laporan dari KSOP Muntok kepada Dirjen Perhubungan Laut Arif Toha disebutkan, kapal Serasi crew sudah dievakuasi, tidak ada korban jiwa.

Sedangkan kerangka kapal sudah ditandai koordinatnya, sudah di broadcast melalui SROP untuk navigational warning.

“Kapal Batanghari Mas karena kapal masih bisa lanjut dengan aman (BA nakhoda) dan karena ada muatan berbahaya di kontainer melanjutkan pelayaran ke Tanjung Priok, nanti penyidikan dan tindakan-tindakan lainnya akan dilakukan di Priok,” kata Mugen. (***)

Previous Post

Pecahkan Rekor, IPC TPK Prioritaskan Percepatan Layanan

Next Post

ALFI Jabar Sumbang Korban Gempa Cianjur

Next Post
ALFI Jabar Sumbang Korban Gempa Cianjur

ALFI Jabar Sumbang Korban Gempa Cianjur

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3609 shares
    Share 1444 Tweet 902
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    2020 shares
    Share 808 Tweet 505
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1764 shares
    Share 706 Tweet 441
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1643 shares
    Share 657 Tweet 411
  • Imbas BBM Naik, Ongkos Truk Angkut Kontainer Naik 25%

    1380 shares
    Share 552 Tweet 345

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Pengurus APBMI Marunda ke DPW, Diminta Lengkapi Kepengurusan

Pengurus APBMI Marunda ke DPW, Diminta Lengkapi Kepengurusan

February 2, 2023

BICT

February 2, 2023

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In