• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Wednesday, June 29, 2022
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Pasar Petikemas Diperkirakan Normal di Paruh Kedua 2022

    Maersk Ungguli Cosco, Karena..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

    Hyundai Tangguhkan Pengiriman Timur Jauh, Kenapa ?

    Hyundai Tangguhkan Pengiriman Timur Jauh, Kenapa ?

  • Port
    Pelindo Resmi Kelola Pelabuhan Garongkong

    Pelindo Resmi Kelola Pelabuhan Garongkong

    Tarif Jasa Kepelabuhanan di Banten Naik, Pengguna Jasa Kok Diam Saja..

    Tarif Jasa Kepelabuhanan di Banten Naik, Pengguna Jasa Kok Diam Saja..

    Laba Rp 3,2 Triliun, Pelindo Fokus Transformasi Operasional

    Laba Rp 3,2 Triliun, Pelindo Fokus Transformasi Operasional

    Evaluasi Inaportnet SPS dan Sosialisasi PM 8 di Pelabuhan Makassar, Kata Hermanta ..

    Evaluasi Inaportnet SPS dan Sosialisasi PM 8 di Pelabuhan Makassar, Kata Hermanta ..

    713 Kontainer Terdampak Banjir Tanjung Emas, Bagaimana Nasibnya..

    Tanjung Emas Kembali Banjir, INSA Nanyain Kapan Kondisi Ini Berakhir

    Dermaga Pangkal Balam Rusak Parah, Pelindo Tak Peduli..

    Dermaga Pangkal Balam Rusak Parah, Pelindo Tak Peduli..

    KBN Siapkan Rp 33 M, Marunda Nasibmu Kedepan Bagaimana?

    KBN Siapkan Rp 33 M, Marunda Nasibmu Kedepan Bagaimana?

    TBS Ramai Diomongin, Driver Truk & Cargo Owner Dipertanyakan Kesiapannya

    TBS Ramai Diomongin, Driver Truk & Cargo Owner Dipertanyakan Kesiapannya

    Kinerja Pelindo Regional 4 Meningkat Tajam

    Kinerja Pelindo Regional 4 Meningkat Tajam

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    BICT

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Pasar Petikemas Diperkirakan Normal di Paruh Kedua 2022

    Maersk Ungguli Cosco, Karena..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

    Hyundai Tangguhkan Pengiriman Timur Jauh, Kenapa ?

    Hyundai Tangguhkan Pengiriman Timur Jauh, Kenapa ?

  • Port
    Pelindo Resmi Kelola Pelabuhan Garongkong

    Pelindo Resmi Kelola Pelabuhan Garongkong

    Tarif Jasa Kepelabuhanan di Banten Naik, Pengguna Jasa Kok Diam Saja..

    Tarif Jasa Kepelabuhanan di Banten Naik, Pengguna Jasa Kok Diam Saja..

    Laba Rp 3,2 Triliun, Pelindo Fokus Transformasi Operasional

    Laba Rp 3,2 Triliun, Pelindo Fokus Transformasi Operasional

    Evaluasi Inaportnet SPS dan Sosialisasi PM 8 di Pelabuhan Makassar, Kata Hermanta ..

    Evaluasi Inaportnet SPS dan Sosialisasi PM 8 di Pelabuhan Makassar, Kata Hermanta ..

    713 Kontainer Terdampak Banjir Tanjung Emas, Bagaimana Nasibnya..

    Tanjung Emas Kembali Banjir, INSA Nanyain Kapan Kondisi Ini Berakhir

    Dermaga Pangkal Balam Rusak Parah, Pelindo Tak Peduli..

    Dermaga Pangkal Balam Rusak Parah, Pelindo Tak Peduli..

    KBN Siapkan Rp 33 M, Marunda Nasibmu Kedepan Bagaimana?

    KBN Siapkan Rp 33 M, Marunda Nasibmu Kedepan Bagaimana?

    TBS Ramai Diomongin, Driver Truk & Cargo Owner Dipertanyakan Kesiapannya

    TBS Ramai Diomongin, Driver Truk & Cargo Owner Dipertanyakan Kesiapannya

    Kinerja Pelindo Regional 4 Meningkat Tajam

    Kinerja Pelindo Regional 4 Meningkat Tajam

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    BICT

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Port

TBS Ramai Diomongin, Driver Truk & Cargo Owner Dipertanyakan Kesiapannya

oceanweek by oceanweek
June 16, 2022
in Port, Uncategorized
TBS Ramai Diomongin, Driver Truk & Cargo Owner Dipertanyakan Kesiapannya
383
SHARES
2.3k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Semua stakeholder di pelabuhan Tanjung Priok menyatakan mendukung rencana penerapan terminal booking sistem (TBS), sepanjang dapat menjadikan cost logistik lebih efisien dan efektif.

Hal itu serentak dikemukakan Adil Karim (Ketua ALFI Jakarta), Gemilang Tarigan (Ketua Umum Aptrindo), Ali (Organda), maupun Antoni (dari Logindo), pada acara Forum Smart Port Pelabuhan Tanjung Priok, Mewujudkan Truck & Terminal Booking System (TTBS) di Pelabuhan Tanjung Priok, bertempat di PMLI Bogor, Kamis (16/6/2022).

Hanya saja, tak sedikit pula yang mempertanyakan sejauh mana kesiapan cargo owner dan driver saat sistem TBS ini diberlakukan.

Mengingat, banyak driver yang gagap teknologi, belum lagi merubah perilaku cargo owner yang tak juga mudah.

Adil Karim menyarankan supaya sebelum TBS benar-benar diberlakukan, Pelindo menyiapkan terlebih dulu buffer area truk yang memadai. “Sekitar 65% truk yang hendak masuk ke pelabuhan dari industri timur Jakarta perlu disiapkan buffer area. Kalau buffer area di barat sudah ada di ex. Inggom,” ungkap Adil optimis sembari menambahkan bahwa TBS diyakini dapat mengurangi kemacetan di pelabuhan sekitarnya, serta bisa mengurangi emisi.

Data mencatat pada bulan Desember 2021, gate transaction di JICT dan TPK Koja mencapai 165,575 truk. Hari Rabu menjadi yang tersibuk di bulan itu, dengan total gate transaction komulatif sebulan di hari Rabu ada 34,871 truk.

Adil Karim (tengah) sebagai Nara sumber. (**)

Selain itu, ujar Adil, operator terminal dapat mengelola volume truk lebih baik dan memastikan waktu penyelesaian (SLA/SLG).

“Karena itu perlu IT yang handal dengan payung regulasi perlu ada. Dan yang penting adanya komunikasi dan kolaborasi antara semua pihak terkait,” kata Adil.

Adil juga berpesan agar mengajak bicara semua pihak terkait dalam mendesign TBS tersebut sebelum dilaksanakan.

Sedangkan GM Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Hadi Safitri mengemukakan pentingnya kolaborasi dengan pengguna jasa dalam mensukseskan TBS ini.

Dia berharap dengan TBS ini, truk dapat membawa kontainer masuk dan keluarnya dari pelabuhan.

Memang tidak mudah untuk menerapkan TBS, karena adanya regulasi yang melarang truk melintasi jalan pada jam-jam tertentu. Akibatnya, truk akan datang bersamaan setelah jam larangan tersebut.

Jika sekitar 17 ribu per hari truk kontainer berkegiatan di pelabuhan Priok, bagaimana bisa menghindari kemacetan kalau truk datang secara bersamaan.

“Semoga dengan TBS ini bisa mengurai kemacetan, sebab kedatangan truk akan terencana jam nya,” ujarnya.

Sementara itu, operator terminal petikemas (JICT, NPCT1, MAL, IPC TPK) menyambut baik rencana TBS tersebut. Bahkan JICT menyatakan kesiapannya. “September mendatang kami akan merilis TBS. Nanti kita akan berkolaborasi dengan semua pihak terkait,” ungkap perwakilan JICT.

Hal sama pun dikemukakan perwakilan MAL, NPCT1 dan IPC TPK.

David Sirait (tengah) saat diskusi. (**)

Direktur operasi IPC TPK David Sirait mempertanyakan apakah dengan TBS ini bener bisa efisien dan efektif. Lalu apakah cargo owner juga sudah siap dengan sistem ini. “Bagaimana dengan driver ID, apakah semua driver sudah menggunakan smart phone,” tanya David Sirait.

Pertanyaan yang sama pun meluncur dari Ali (dari Organda). Dia mencontohkan bagaimana sulitnya mengubah kebiasaan driver di salah satu taksi terkemuka di Indonesia ini saat ada perubahan dari manual ke teknologi. “Bagaimana menstandarkan driver, bagaimana sosialisasi yang bener-bener melibatkan pengemudi truk, karena tak semua pengemudi memiliki smart phone. Dan apakah dengan TBS ini bisa meningkatkan produktivitas truk. Saat ini berdasarkan data Organda, per bulan tak lebih dari 15 trip,” ungkapnya.

Ketua Umum Aptrindo Gemilang Tarigan pun berharap dengan diterapkannya TBS, utilisasi truk akan meningkat. “Saya berharap dengan sistem itu akan meningkatkan produktivitas truk. Lalu apakah ada penalti jika truk yang booking tidak menepati kedatangannya, begitu pula dengan operator terminal,” katanya.

Namun demikian, semua pihak mengapresiasi dan siap mensupport rencana TBS tersebut diterapkan di pelabuhan Tanjung Priok dalam rangka mewujudkan nasional logistik ekosistem (NLE).

Sedangkan Capt. Wisnu Handoko, kepala OP Tanjung Priok saat ditanya Ocean Week, kapan TBS bisa diberlakukan, juga belum dapat memastikan kapan waktunya. “Yang jelas masih terus dirancang, dikoordikasikan, dan terus dirapatkan dengan semua pihak terkait,” katanya.

Tetapi, semangat semuanya untuk menuju perbaikan pelabuhan Tanjung Priok sudah ada. “Kami berharap segera terwujud,” katanya. (***)

Previous Post

Sapi Juga Perlu Sejahtera, Kapal Ternak Harus Memberi Kenyamanan

Next Post

DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

Next Post

DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3426 shares
    Share 1370 Tweet 857
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    1965 shares
    Share 786 Tweet 491
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1677 shares
    Share 671 Tweet 419
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1573 shares
    Share 629 Tweet 393
  • Mulai Agustus, Kapal Tak Ada AIS Kena Sangsi

    1270 shares
    Share 508 Tweet 318

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

NPCT2, Kapan Selesai Dibangun Ya?

Akhirnya Alimudin Buka Suara, Jika Terpilih Akan..

June 29, 2022

PT MUSTIKA ALAM LESTARI

June 29, 2022

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In