• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Wednesday, May 14, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

  • Port
    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

    Triwulan Pertama, Teluk Lamong Tangani 220.754 TEUs

    Triwulan Pertama, Teluk Lamong Tangani 220.754 TEUs

    PSA Grup Tangani 100,2 Juta TEUs, Tuas Sumbang 10 Juta TEUs

    PSA Grup Tangani 100,2 Juta TEUs, Tuas Sumbang 10 Juta TEUs

    Teluk Lamong Cetak Rekor Baru Ship To Ship Hanya 34 Menit

    Teluk Lamong Cetak Rekor Baru Ship To Ship Hanya 34 Menit

    Dinilai Tak Serius, Gubernur Minta Pelindo Segera Rampungkan Pengerukan

    Dinilai Tak Serius, Gubernur Minta Pelindo Segera Rampungkan Pengerukan

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

  • Port
    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

    Triwulan Pertama, Teluk Lamong Tangani 220.754 TEUs

    Triwulan Pertama, Teluk Lamong Tangani 220.754 TEUs

    PSA Grup Tangani 100,2 Juta TEUs, Tuas Sumbang 10 Juta TEUs

    PSA Grup Tangani 100,2 Juta TEUs, Tuas Sumbang 10 Juta TEUs

    Teluk Lamong Cetak Rekor Baru Ship To Ship Hanya 34 Menit

    Teluk Lamong Cetak Rekor Baru Ship To Ship Hanya 34 Menit

    Dinilai Tak Serius, Gubernur Minta Pelindo Segera Rampungkan Pengerukan

    Dinilai Tak Serius, Gubernur Minta Pelindo Segera Rampungkan Pengerukan

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Super Hub Bertentangan dengan Sislognas

ocean_M.admin by ocean_M.admin
January 6, 2017
in Berita Lain
358
SHARES
2.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Konsep Super Hub untuk transshipment kargo ekspor di pelabuhan Priok dinilai telah melupakan dan menyalahi cetak biru Sistem Logistik Nasional (Sislognas). Karena Perpres Sislognas no. 26/2012 sampai sekarang belum dihapus atau masih berlaku.

“Jadi rencana kebijakan Pelindo terkait penetapan konsolidasi kargo ekspor untuk alih muat (transshipment) di Tanjung Priok harus dikaji kembali supaya tidak menyalahi Sislognas,” kata Asisten Deputi Pengembangan Logistik Nasional Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Erwin Raza, di Jakarta.

Erwin mengingatkan, Sislognas adalah cetak biru pengembangan logistik yang sudah direncanakan sejak 2009. Blueprint Sislognas secara resmi mengakomodasi pembangunan dari mulai 2009 sampai 2025.

“Dalam blueprint itulah ditetapkan hub port berada di Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara sebagai pintu gerbang arus logistik di Indonesia bagian Barat dan Bitung untuk wilayah Timur,” ujarnya.

Ketua Umum ALFI Yuki nugrahawan Hanafi. (ist)
Ketua Umum ALFI Yuki nugrahawan Hanafi. (ist)

Sementara itu, para ketua asosiasi terkait kepelabuhanan (ALFI, INSA), dan banyak praktisi di kedua sector itu juga mengaku heran dengan istilah ‘Super Hub’, mengingat dalam terminology di dunia sector ini tidak mengenal super hub, tetapi ada hub port.

“Aneh saja dengan istilah itu,” kata Ketua Umum Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yuki Nugrahawan Hanafi.

Begitu pula dengan kata Ketua INSA Surabaya Stevensen, mestinya Pelindo jangan asal membuat istilah yang di dunia internasional tidak pernah digunakan, sehingga membingungkan. “Mungkin ingin sensasi, tapi bisnis tak bisa seperti infotainment,” ujarnya.

Yuki N. Hanafi justru mempertanyakan kejelasan konsep superhub yang akan diterapkan BUMN Pelindo tersebut, mengingat berdasarkan cetak  biru Sislognas, hub internasional sudah ditetapkan di Kuala Tanjung dan Bitung.”Kalau pemerintah mendukung apa ayng disebut superhub, tentu harus ada revisi dari cetak biru Sislognas tersebut,” ucapnya.

Seperti diketahui bahwa Sislognas telah menyebutkan rencana pembangunan infrastruktur berbasis maritim di seluruh Indonesia. Hal ini mengingat Indonesia memiliki wilayah perairan yang jauh lebih luas ketimbang wilayah daratan.

Erwin kembali mengingatkan bahwa Pelindo itu bukan regulator, melainkan sebagai operator. Oleh sebab itu, perlu ada satu suara dalam memutuskan pembangunan infrastruktur.

Sedang Minta Shipping

Sebagaimana dilansir Oceanweek beberapa waktu lalu bahwa konsep Tanjung Priok sebagai pelabuhan Super Hub (transshipment logistic) masih menunggu regulasi dari kementerian perhubungan. Walaupun pihak Pelindo II mentargetkan pada semester pertama tahun 2017 ini diharapkan sudah dimulai.

Direktur Operasi PT Pelindo II Prasetyadi. (ist)
Direktur Operasi PT Pelindo II Prasetyadi. (ist)

Direktur Operasi dan Sistem Informasi PT Pelindo II Prasetyadi menyatakan bahwa super hub ini hanyalah sebuah ungkapakan nama saja atau sebuah istilah saja. Maksudnya konsep super hub itu adalah transshipment port. “Jadi Pelindo II menyiapkan kapal besar kapasitas 10 ribu TEUs. Barang-barang yang selama ini diekspor dari pelabuhan-pelabuhan daerah, dialihkan melalui pelabuhan Priok. Proses dokumennya dilakukan di pelabuhan asal. Artinya sampai Priok barang tinggal dipindahkan ke kapal besar kemudian dilanjutkan ke Negara tujuan,” ujar Prasetyadi.

Mantan Dirut Terminal Petikemas Teluk Lamong ini juga menyatakan, bahwa konsep super hub ini pengapalannya tidak lagi transshipment ke Singapura, namun transhipmentnya di Priok. “Untuk tahap awal 2017 ini rutenya Jakarta – Asia Timur (Jepang). Tapi masih menunggu regulasi dari Kemenhub,” ujarnya lagi.

Prasetyadi juga menceritakan bahwa pihaknya sedang bernegosiasi dengan shipping line yang bersedia memasukkan kapal besarnya ke Priok. “Tapi mereka (shipping-red) juga menanyakan berapa banyak volume barang yang disiapkan di Priok, sehingga jika kapal besar masuk ke Priok barangnya sudah siap,” ungkapnya.

Prasetyadi juga mengungkapkan, dengan konsep super hub (transshipment kargo) ini, pelayaran domestic juga menjadi hidup. Karena angkutan barang dari daerah ke Priok akan semakin besar. “Kedepan, bukan hanya rute Jakarta – Asia Timur saja, tapi juga ke Australia, dan Eropa,” katanya.

Dia pun yakin, dengan konsep ini, biaya logistic menjadi lebih murah. “Pelindo II juga sudah menyiapkan dermaga untuk dapat disandari kapal besar (10 ribu TEUs), karena dermaga ini memiliki kedalaman 14 meter, bahkan nanti menjadi 18 meter,” tutur Prasetyadi. (***)

Previous Post

INSA Belum Setuju Usulan Kenaikan 250% Jasa Tambat

Next Post

Naik 250% Baru Alternatif

Next Post

Naik 250% Baru Alternatif

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal  Penegakan Peraturan di Laut

    KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5181 shares
    Share 2072 Tweet 1295
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4385 shares
    Share 1754 Tweet 1096
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2651 shares
    Share 1060 Tweet 663
  • Kapalnya Ditangkap Bakamla, Lukman Ladjoni Akan Pra Peradilankan

    2514 shares
    Share 1006 Tweet 629
  • Bakamla Tangkap Kapal FRD 5 di Patimban, Bisa Ya..

    2074 shares
    Share 830 Tweet 519

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

TPS SURABAYA

May 14, 2025

DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

May 14, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In