• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Monday, July 7, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

  • Port
    Investor Spanyol Tertarik Bangun Pelabuhan di Jepara

    Investor Spanyol Tertarik Bangun Pelabuhan di Jepara

    Setelah Keluar Inpres, Semua Ribut Soal Pengerukan Pelabuhan Bengkulu

    Setelah Keluar Inpres, Semua Ribut Soal Pengerukan Pelabuhan Bengkulu

    Patimban Perlu Diaudit, Kenapa Operasional Dermaga Petikemas ‘Molor’

    Patimban Perlu Diaudit, Kenapa Operasional Dermaga Petikemas ‘Molor’

    Awal Juli, Dirjen Hubla Berharap Pelabuhan Baai Bisa Dioperasikan

    Awal Juli, Dirjen Hubla Berharap Pelabuhan Baai Bisa Dioperasikan

    Tingkatkan Efisiensi & Transparansi Layanan, Pelindo 4 Sosialisasi P-EPROC

    Tingkatkan Efisiensi & Transparansi Layanan, Pelindo 4 Sosialisasi P-EPROC

    Pemprov Bengkulu-PT Globalasia Infrastructure Fund Kerjasama Bangun Pelabuhan Bengkulu

    Pemprov Bengkulu-PT Globalasia Infrastructure Fund Kerjasama Bangun Pelabuhan Bengkulu

    PSA Singapura-Hainan Harbour Teken MoU Perkuat Konektivitas Antar Pelabuhan

    PSA Singapura-Hainan Harbour Teken MoU Perkuat Konektivitas Antar Pelabuhan

    Pengerukan Terus Dilakukan, Target 15 Kapal di Baai Bisa Keluar Awal Juli

    Pengerukan Terus Dilakukan, Target 15 Kapal di Baai Bisa Keluar Awal Juli

    Service Langsung Palembang-Singapura, Perkuat Layanan Logistik

    Service Langsung Palembang-Singapura, Perkuat Layanan Logistik

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

  • Port
    Investor Spanyol Tertarik Bangun Pelabuhan di Jepara

    Investor Spanyol Tertarik Bangun Pelabuhan di Jepara

    Setelah Keluar Inpres, Semua Ribut Soal Pengerukan Pelabuhan Bengkulu

    Setelah Keluar Inpres, Semua Ribut Soal Pengerukan Pelabuhan Bengkulu

    Patimban Perlu Diaudit, Kenapa Operasional Dermaga Petikemas ‘Molor’

    Patimban Perlu Diaudit, Kenapa Operasional Dermaga Petikemas ‘Molor’

    Awal Juli, Dirjen Hubla Berharap Pelabuhan Baai Bisa Dioperasikan

    Awal Juli, Dirjen Hubla Berharap Pelabuhan Baai Bisa Dioperasikan

    Tingkatkan Efisiensi & Transparansi Layanan, Pelindo 4 Sosialisasi P-EPROC

    Tingkatkan Efisiensi & Transparansi Layanan, Pelindo 4 Sosialisasi P-EPROC

    Pemprov Bengkulu-PT Globalasia Infrastructure Fund Kerjasama Bangun Pelabuhan Bengkulu

    Pemprov Bengkulu-PT Globalasia Infrastructure Fund Kerjasama Bangun Pelabuhan Bengkulu

    PSA Singapura-Hainan Harbour Teken MoU Perkuat Konektivitas Antar Pelabuhan

    PSA Singapura-Hainan Harbour Teken MoU Perkuat Konektivitas Antar Pelabuhan

    Pengerukan Terus Dilakukan, Target 15 Kapal di Baai Bisa Keluar Awal Juli

    Pengerukan Terus Dilakukan, Target 15 Kapal di Baai Bisa Keluar Awal Juli

    Service Langsung Palembang-Singapura, Perkuat Layanan Logistik

    Service Langsung Palembang-Singapura, Perkuat Layanan Logistik

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

RI Resmi Layani Pandu di Selat Malaka dan Selat Singapura

ocean_M.admin by ocean_M.admin
April 10, 2017
in Berita Lain, Uncategorized
340
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Pandu Indonesia mulai Senin (10/4) resmi sudah melayani pemanduan di Selat Malaka. Dirjen Perhubungan Laut A. Tonny Budiono pada waktu mendampingi Menhub Budi Karya Sumadi, saat peresmian jasa layanan pandu di Selat Malaka dan Selat Singapura, hari ini di Batam mengemukakan, sekitar 70-80 ribu kapal per tahun melintasi selat ini.
“Begitu pentingnya keselamatan pelayaran di Selat malaka dan Selat Singapura, membuat tiga negara Indonesia, Singapura dan Malaysia membahasnya dalam forum tripartite technical expert group (TTEG) yang diselenggarakan setiap tahun,” kata Tonny Budiono dalam keterangan tertulisnya.
Tonny juga menyatakan bahwa berdasarkan UU no. 17/2008 tentang pelayaran, wilayah perairan Indonesia terbagi menjadi dua jenis pemanduan, yakni Wajib Pandu dan Pandu Luar Biasa. “Perairan wajib pandu merupakan wilayah perairan yang karena kondisinya wajib dilakukan pemanduan bagi kapal berukuran GT 500 atau lebih. Sedangkan pemanduan luar biasa merupakan wilayah perairan yang karena kondisi perairannya tidak wajib dilakukan pemanduan tetapi apabila nakhoda memerlukan dapat mengajukan permintaan jasa pemanduan,” unkap Dirjen Hubla.
Perairan Selat malaka dan selat Singapura merupakan salah satu perairan Pandu Luar Biasa (Voluntary Pilotage Services). Kemenhub telah menargetkan tahun 2017 ini dapat melayani pemanduan kapal yang melintasi selat tersebut.
“Kesiapan pemanduan ini guna memperkuat keselamatan pelayaran dan perlindungan lingkungan maritim di perairan teritorial Indonesia, karena selat Malaka dan selat Singapura memiliki peran yang sangat penting berkaitan dengan pelayaran internasional dan ini juga menjadi fokus perhatian dari IMO,” ujar Tonny.
Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah menerbitkan peraturan Dirjen no. HK. 103/2/4/DJPL-17 tentang Sistem dan Prosedur Pelayanan Jasa pemanduan dan Penundaan Kapal pada perairan Pandu Luar Biasa di selat Malaka dan selat Singapura, serta keputusan Dirjenla no. PU 63/1/8/DJPL.07 tentang penetapan perairan pandu luar biasa di selat Malaka dan selat Singapura.
Kemenhub juga telah menunjuk PT Pelindo I sebagai operator pemanduan kapal asing dan domestik di selat tersebut, melalui keputusan Dirjenla no. BX.428/PP 304 tanggal 25 november 2016 lalu.
“Penunjukan ini merupakan pelimpahan fungsi pemerintah dibidang pemanduan kapal di selat tersebut,” tutur Tonny.
Menurut Tonny, dengan diresmikannya pelayanan pemanduan di selat itu oleh Menhub Budi Karya Sumadi, menunjukkan keseriusan Indonesia terhadap peningkatan keselamatan pelayaran di jalur internasional tersebut. Hal itu pula yang menjadikan Indonesia sebagai negara pertama yang menyelenggarakan pandu secara resmi di selat Malaka dan selat Singapura.
Dengan resminya melayani pandu, Indonesia dituntut menyediakan SDM yang profesional guna memandu kapal asing dengan titik wilayah Iyu Kecil-Nongsa yang akhirnya mendatangkan PNBP untuk negara Indonesia.
Kapal yang memanfaatkan jasa pemanduan PT Pelindo I dilayani oleh kapal S.S Tangguh Batur. Kapal jenis LNG tanker yang dinakhodai Capt. Boris Muskardin merupakan kapal berbendera Singapura dengan panjang kapal 285,4 meter dan memiliki bobot kapal 97.432 GT berlayar dari Lhokseumawe menuju Bintuni. (humla/***)
 

Previous Post

TPKS SEMARANG

Next Post

Semua Pelabuhan NTT Disulkan Disinggahi Kapal Tol Laut

Next Post

Semua Pelabuhan NTT Disulkan Disinggahi Kapal Tol Laut

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal  Penegakan Peraturan di Laut

    KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5246 shares
    Share 2098 Tweet 1312
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4405 shares
    Share 1762 Tweet 1101
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2694 shares
    Share 1078 Tweet 674
  • Kapalnya Ditangkap Bakamla, Lukman Ladjoni Akan Pra Peradilankan

    2529 shares
    Share 1012 Tweet 632
  • Bakamla Tangkap Kapal FRD 5 di Patimban, Bisa Ya..

    2086 shares
    Share 834 Tweet 522

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Investor Spanyol Tertarik Bangun Pelabuhan di Jepara

Investor Spanyol Tertarik Bangun Pelabuhan di Jepara

July 7, 2025
Korban Meninggal Tenggelamnya Kapal Tunu Pratama Jaya Menjadi 8 Orang

Korban Meninggal Tenggelamnya Kapal Tunu Pratama Jaya Menjadi 8 Orang

July 7, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In