• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Friday, August 19, 2022
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Gold Star Line Layani Rute Asia Tenggara Lewat IPC TPK

    Gold Star Line Layani Rute Asia Tenggara Lewat IPC TPK

    Pasar Petikemas Diperkirakan Normal di Paruh Kedua 2022

    Maersk Ungguli Cosco, Karena..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

  • Port
    Pelabuhan King Abdulaziz Inginkan Perubahan

    Pelabuhan King Abdulaziz Inginkan Perubahan

    Selama 7 Bulan, Yantian Tangani 8 Juta TEUs Lebih

    Selama 7 Bulan, Yantian Tangani 8 Juta TEUs Lebih

    Tanjung Pelepas Tangani 1 Juta TEUs per Bulan

    Tanjung Pelepas Tangani 1 Juta TEUs per Bulan

    Jokowi Resmikan Pelabuhan Kijing, Investasinya Rp 2,9 T

    Jokowi Resmikan Pelabuhan Kijing, Investasinya Rp 2,9 T

    Rugi Besar, Pelaku Usaha Pertanyakan Kapan KCN Operasi Lagi

    Rugi Besar, Pelaku Usaha Pertanyakan Kapan KCN Operasi Lagi

    6 Bulan 2022, ICTSI Tangani 5,8 Juta TEUs

    6 Bulan 2022, ICTSI Tangani 5,8 Juta TEUs

    Target Pelabuhan SCN Kabil Tak Muluk-muluk

    Target Pelabuhan SCN Kabil Tak Muluk-muluk

    Tak Mudah Kembangkan Batu Ampar, Sebab..

    Tak Mudah Kembangkan Batu Ampar, Sebab..

    Wajah Batu Ampar Semrawut & Kumuh, Bagaimana Tuh..

    Wajah Batu Ampar Semrawut & Kumuh, Bagaimana Tuh..

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Gold Star Line Layani Rute Asia Tenggara Lewat IPC TPK

    Gold Star Line Layani Rute Asia Tenggara Lewat IPC TPK

    Pasar Petikemas Diperkirakan Normal di Paruh Kedua 2022

    Maersk Ungguli Cosco, Karena..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

  • Port
    Pelabuhan King Abdulaziz Inginkan Perubahan

    Pelabuhan King Abdulaziz Inginkan Perubahan

    Selama 7 Bulan, Yantian Tangani 8 Juta TEUs Lebih

    Selama 7 Bulan, Yantian Tangani 8 Juta TEUs Lebih

    Tanjung Pelepas Tangani 1 Juta TEUs per Bulan

    Tanjung Pelepas Tangani 1 Juta TEUs per Bulan

    Jokowi Resmikan Pelabuhan Kijing, Investasinya Rp 2,9 T

    Jokowi Resmikan Pelabuhan Kijing, Investasinya Rp 2,9 T

    Rugi Besar, Pelaku Usaha Pertanyakan Kapan KCN Operasi Lagi

    Rugi Besar, Pelaku Usaha Pertanyakan Kapan KCN Operasi Lagi

    6 Bulan 2022, ICTSI Tangani 5,8 Juta TEUs

    6 Bulan 2022, ICTSI Tangani 5,8 Juta TEUs

    Target Pelabuhan SCN Kabil Tak Muluk-muluk

    Target Pelabuhan SCN Kabil Tak Muluk-muluk

    Tak Mudah Kembangkan Batu Ampar, Sebab..

    Tak Mudah Kembangkan Batu Ampar, Sebab..

    Wajah Batu Ampar Semrawut & Kumuh, Bagaimana Tuh..

    Wajah Batu Ampar Semrawut & Kumuh, Bagaimana Tuh..

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

PT Pelindo Lanjutkan Kerjasama Dengan Maxsteer Dyrynusa Perdana Kelola Anchorage di Nipa

oceanweek by oceanweek
December 2, 2021
in Berita Lain, Uncategorized
PT Pelindo Lanjutkan Kerjasama Dengan Maxsteer Dyrynusa Perdana Kelola Anchorage di Nipa
381
SHARES
2.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Dalam rangka meningkatkan penerimaan negara baik berupa pajak maupun Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), PT Pelabuhan Indonesia (Persero) bersama dengan PT Maxsteer Dyrynusa Perdana melanjutkan perjanjian kerjasama yaitu pengelolaan dan pengoperasian kegiatan anchorage di perairan Nipa Selat Singapura, pada kamis (2/12) di Hotel Asialink kota Batam Kepulauan Riau.

Sesuai dengan amanah yang dituangkan dalam keputusan Menteri Perhubungan KP255 tahun 2007 serta KM 222 Tahun 2019 Pelindo Bersama dengan PT Maxsteer melakukan pengelolaan untuk kegiatan berupa alih muat (STS, pencucian kapal (tank cleaning), pencampuran bahan (blending), Pengisian minyak-minyak atau air bersih (bunker), laid up, ship chander, pemanduan, penundaan, jasa marine.

Penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut dilakukan oleh Al Abrar (General Manager Pelindo Cabang Batam Regional 1) dan Dwi Harinto, Direktur Utama PT Maxsteer Dyrynusa Perdana.

Hadir dalam kesempatan ini antara lain, Kepala KSOP kelas I Tanjung Balai Karimun, Danlanal Batam, Direktur Pengelola PT Pelindo (Persero), Regional Head 1 PT Pelindo (persero), Komisaris PT Maxsteer Dyrynusa Perdana, PT Pelindo Jasa Maritime, PT Jasa Armada Indonesia, PT  Pelindo Marine Service, dan Pengguna Jasa yang melakukan aktitas dan kegiatan di wilayah Nipa.

“Tujuan dari perjanjian ini adalah untuk bersama-sama melakukan pengelolaan dan pengoperasian kegiatan anchorage di perairan Nipa Selat Singapura, sehingga dapat meningkatkan penerimaan bagi negara dan pendapatan bagi para pihak,” kata Al Abrar.

Perjanjian Kerjasama ini, menurut Abrar,  merupakan perjanjian lanjutan dari perjanjian kerjasama yang sudah ada sebelumnya dimana kerjasama sudah dimulai sejak tahun 2000.

Berfoto bersama setelah acara. (**)

“Perlu kami sampaikan, terhitung mulai tahun 2021 Cabang Batam sudah menjadi STS provider untuk melayani kapal-kapal dari timur tengah yang melakukan pemindahan muatan berupa liquid, kapal-kapal VLCC dimana penangannya dilakukan sepenuhnya oleh SDM dan sarpras serta peralatan pendukung lainnya oleh Pelindo Cabang Batam,” ungkapmya.

Kegiatan tersebut diantaranya Pemanduan, Penundaan, Mooring Master/Person in Overall Advisory Control (POAC), STS Equipment, Cargo Surveyor, dan Oil Spil Responsibility (OSR).

Kegiatan STS tersebut telah dilaksanakan sebanyak 12 call dan estimasi sampai dengan akhir tahun adalah 20 call, dimana kekuatan SDM Pandu dan juga memiliki sertifikat POAC yang dimiliki oleh Pelindo Cabang Batam sebanyak 15 orang, sarana kapal tunda sebanyak 3 unit dengan kapasitas 3200 HP dan 3600 HP, Kapal Pandu 6 unit, stasiun pandu yang dilengkapi oleh AIS dan VTS (bekerjasama dengan Distrik Navigasi Tanjung Pinang).

“Kami optimis di tahun 2022, estimasi kunjungan kapal yang melakukan kegiatan di Nipa akan meningkat 60% dibandingkan tahun 2021. Dengan meningkatnya kunjungan kapal yang melakukan aktifitas dan kegiatan di Nipa, tentu akan meningkatkan penerimaan bagi negara. Dukungan dari semua pihak sangat kita harapkan demi kelancaran, keamanan, keselamatan pelayaran dan lingkungan maritim,” jelasnya lagi.

Untuk diketahui bahwa pada pekan lalu bertempat di Jakarta, Pelindo sudah melakukan penandatanganan perjanjian Kerjasama dengan pihak Conocophilips (Grissik) Ltd, perihal pelayanan pemanduan dan penundaan kapal diwilayah perairan selat Bangka di terminal khusus tersus koridor storage tanker provinsi Bangka Belitung.

Perjanjian ini adalah lanjutan dari kerjasama yang sudah pernah dilakukan sebelumnya pada tahun 2018.

Disamping itu, rencana Pelindo di pertengahan bulan ini akan melakukan penandatangan perjanjian kerjasama dengan Medco E&P Natuna Ltd, Premier Oil Natuna Sea B.V dan Star Energy (Kakap) Ltd, dimana semua tersus pada ketiga perusahaan tersebut di bawah pengawasan Satuan Kerja Khusus (SKK) Migas.

Seperti ketahui bersama bahwa sejak tanggal 01 Oktober 2021 Pelindo I,II,III dan IV melakukan merger sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 101 Tahun 2021 tentang Penggabungan Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelabuhan Indonesia I, Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelabuhan Indonesia III dan Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelabuhan Indonesia IV kedalam Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelabuhan Indonesia II.

Penggabungan tersebut nantinya akan melahirkan empat subholding sesuai dengan klaster bisnis yang dimiliki Pelindo selama ini.  Adapun keempat subholding yang dibentuk yakni petikemas, non-petikemas, logistics & hinterland development, marine, serta equipment & port services.

Penggabungan Pelindo ini akan memberikan manfaat besar bagi Indonesia yakni bagi Pemerintah akan mempermudah koordinasi, meningkatkan kontribusi kepada pendapatan negara, foreign direct investment, penurunan biaya logistik petikemas.

Sedangkan bagi Masyarakat, bisa meningkatkan produktifitas dan efisiensi melalui standarisasi proses bisnis dan pelayanan, membuka lapangan pekerjaan baru. Sementara bagi perusahaan dapat  Go Global, Efisiensi operasional dan Capex, Integrasi keuangan, peningkatan leverage dan memperkuat permodalan, value creation baru.

“Kemungkinan kedepannya, bisnis jasa maritim yang ada di Batam akan langsung dibawah Pelindo Jasa Maritim, yang berpusat di Makasar. Dengan Pelindo sudah menjadi satu dan dibuatnya cluster maka Pelindo akan semakin dapat memberikan service terbaik kepada konsumen dan dapat bersaing di tingkat internasional,” tutup Abrar. (***)

Previous Post

BICT

Next Post

ALFI Jakarta : Saya Sudah Himbau Anggota Segera Urus PMKU & STID

Next Post
ALFI Jakarta : Saya Sudah Himbau Anggota Segera Urus PMKU & STID

ALFI Jakarta : Saya Sudah Himbau Anggota Segera Urus PMKU & STID

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3452 shares
    Share 1381 Tweet 863
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    1981 shares
    Share 792 Tweet 495
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1699 shares
    Share 680 Tweet 425
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1592 shares
    Share 637 Tweet 398
  • Mulai Agustus, Kapal Tak Ada AIS Kena Sangsi

    1284 shares
    Share 514 Tweet 321

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Ijin Pembangunan Pelabuhan Kawasan Industri Kaltara, Lancar

Ijin Pembangunan Pelabuhan Kawasan Industri Kaltara, Lancar

August 19, 2022
Implementasikan RWP di Lingkungan Kerja, Kenapa ?

Implementasikan RWP di Lingkungan Kerja, Kenapa ?

August 19, 2022

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In