• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Friday, August 19, 2022
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Gold Star Line Layani Rute Asia Tenggara Lewat IPC TPK

    Gold Star Line Layani Rute Asia Tenggara Lewat IPC TPK

    Pasar Petikemas Diperkirakan Normal di Paruh Kedua 2022

    Maersk Ungguli Cosco, Karena..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

  • Port
    Pelabuhan King Abdulaziz Inginkan Perubahan

    Pelabuhan King Abdulaziz Inginkan Perubahan

    Selama 7 Bulan, Yantian Tangani 8 Juta TEUs Lebih

    Selama 7 Bulan, Yantian Tangani 8 Juta TEUs Lebih

    Tanjung Pelepas Tangani 1 Juta TEUs per Bulan

    Tanjung Pelepas Tangani 1 Juta TEUs per Bulan

    Jokowi Resmikan Pelabuhan Kijing, Investasinya Rp 2,9 T

    Jokowi Resmikan Pelabuhan Kijing, Investasinya Rp 2,9 T

    Rugi Besar, Pelaku Usaha Pertanyakan Kapan KCN Operasi Lagi

    Rugi Besar, Pelaku Usaha Pertanyakan Kapan KCN Operasi Lagi

    6 Bulan 2022, ICTSI Tangani 5,8 Juta TEUs

    6 Bulan 2022, ICTSI Tangani 5,8 Juta TEUs

    Target Pelabuhan SCN Kabil Tak Muluk-muluk

    Target Pelabuhan SCN Kabil Tak Muluk-muluk

    Tak Mudah Kembangkan Batu Ampar, Sebab..

    Tak Mudah Kembangkan Batu Ampar, Sebab..

    Wajah Batu Ampar Semrawut & Kumuh, Bagaimana Tuh..

    Wajah Batu Ampar Semrawut & Kumuh, Bagaimana Tuh..

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Gold Star Line Layani Rute Asia Tenggara Lewat IPC TPK

    Gold Star Line Layani Rute Asia Tenggara Lewat IPC TPK

    Pasar Petikemas Diperkirakan Normal di Paruh Kedua 2022

    Maersk Ungguli Cosco, Karena..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

  • Port
    Pelabuhan King Abdulaziz Inginkan Perubahan

    Pelabuhan King Abdulaziz Inginkan Perubahan

    Selama 7 Bulan, Yantian Tangani 8 Juta TEUs Lebih

    Selama 7 Bulan, Yantian Tangani 8 Juta TEUs Lebih

    Tanjung Pelepas Tangani 1 Juta TEUs per Bulan

    Tanjung Pelepas Tangani 1 Juta TEUs per Bulan

    Jokowi Resmikan Pelabuhan Kijing, Investasinya Rp 2,9 T

    Jokowi Resmikan Pelabuhan Kijing, Investasinya Rp 2,9 T

    Rugi Besar, Pelaku Usaha Pertanyakan Kapan KCN Operasi Lagi

    Rugi Besar, Pelaku Usaha Pertanyakan Kapan KCN Operasi Lagi

    6 Bulan 2022, ICTSI Tangani 5,8 Juta TEUs

    6 Bulan 2022, ICTSI Tangani 5,8 Juta TEUs

    Target Pelabuhan SCN Kabil Tak Muluk-muluk

    Target Pelabuhan SCN Kabil Tak Muluk-muluk

    Tak Mudah Kembangkan Batu Ampar, Sebab..

    Tak Mudah Kembangkan Batu Ampar, Sebab..

    Wajah Batu Ampar Semrawut & Kumuh, Bagaimana Tuh..

    Wajah Batu Ampar Semrawut & Kumuh, Bagaimana Tuh..

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Presiden, Cara Kita Melihat Laut Harus Berubah

oceanweek by oceanweek
September 23, 2021
in Berita Lain
Presiden, Cara Kita Melihat Laut Harus Berubah
344
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, dan sebagai negara yang memiliki 17 ribu pulau dengan panjang garis pantai lebih dari 108 ribu km, serta sebagai negara dengan kekayaan hayati laut terbesar di dunia, sudah selayaknya Indoesia menjadi poros maritim dunia.
“Sudah seharusnya kita memperkokoh economic growth kita, growth ekonomi kita. Identitas Indonesia sebagai bangsa maritim harus terus-menerus kita pulihkan dan kita kokohkan, bukan melalui jargon-jargon kemaritiman semata, tetapi melalui kerja nyata di berbagai bidang. Kita harus bekerja keras untuk meningkatkan konektivitas laut. Kita harus meningkatkan keamanan maritim untuk melindungi kepentingan rakyat dan kepentingan nasional kita. Kita harus memberdayakan potensi maritim untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih merata dan untuk meningkatkan nilai tambah, serta mempersatukan negara kita Indonesia,” kata Presiden dalam sambutannya pada hari Maritim Nasional, seperti dikutip dari laman Setkap (23/9).
Jokowi juga mengatakan bahwa Pemerintah telah dan terus bekerja untuk meningkatkan konektivitas ribuan pulau kita. Bukan hanya melalui pembangunan pelabuhan besar dan kecil yang berada di pulau-pulau kecil dan terisolir, tetapi juga menghubungkannya melalui program tol laut untuk mempermudah mobilitas barang dan orang antarpulau dalam rangka menjamin pelayanan masyarakat yang lebih baik dan meningkatkan nilai tambah ekonomi lokal.
“Walaupun lokasinya jauh dari pusat-pusat kegiatan ekonomi nasional, pulau-pulau terpencil dan masyarakat pantai memiliki/mempunyai potensi perekonomian yang tinggi. Potensi industri pangan yang berbasis laut seperti perikanan dan hayati laut, potensi pariwisata maritim dengan memanfaatkan kekayaan dan keindahan laut, potensi industri obat dan suplemen kesehatan berbasis kekayaan hayati dan nabati laut, bisa menjadi basis pertumbuhan ekonomi Indonesia yang merata ke seluruh pelosok Nusantara,” ungkapnya.
Presiden juga menekankan bagaimana dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi menempati posisi sangat strategis untuk mendukung upaya tersebut. “Pemanfaatan dan pengembangan Iptek di dunia perkapalan dan pertumbuhan industri perkapalan dalam negeri harus terus-menerus kita upayakan, bukan hanya industri pembuatan kapal saja, tetapi juga industri jasa perhubungan dan jasa logistik berskala global harus terus kita kembangkan. Kita harus menjadi raja di laut kita,” tegas Presiden.
Presiden Jokowi mengajak agar cara kita melihat laut juga harus berubah. Laut bukanlah pemisah. Laut adalah penghubung antarpulau. Laut bukanlah belakang rumah yang kita punggungi, tetapi laut adalah halaman rumah tempat kita menghadap. Laut bukanlah tempat untuk membuang yang tidak kita perlukan, tapi laut adalah tempat kita bersandar hidup.

“Laut adalah sumber penghidupan di mana banyak rezeki tersimpan di dalamnya. Laut adalah anugerah Tuhan yang harus kita jaga, harus kita muliakan. Oleh karena itu, pemanfaatan kekayaan laut harus dilakukan secara bijak. Laut harus kita jaga untuk kepentingan generasi sekarang dan juga generasi yang akan datang. Pemanfaatan sumber daya maritim itu perlu, tapi harus secara arif dan bijak. Penangkapan ikan di laut itu perlu, tapi pola penangkapannya harus terukur sesuai asas keberlanjutan sumber daya laut. Sekali lagi, sikap arif dan bijak, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi secara arif dan bijak akan membuat kita menjadi negara yang kuat dan makmur berbasis kekuatan kemaritiman kita,” kata Presiden.

Tol Laut Massif

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada kesempatan Hari Maritim Nasional, secara zoom virtual, mengajak seluruh pemangku kepentingan terkait di sektor maritim Indonesia untuk bersama-sama membangun kekuatan maritim Indonesia.
Menhub Budi Karya Sumadi. (**)

“Bertepatan dengan Hari Maritim Nasional yang jatuh pada tanggal 23 September 2021, mari kita lebih mengenal kekuatan maritim Indonesia yakni di antaranya bioteknologi kelautan, perairan dalam, wisata bahari, energi kelautan, perikanan, pelayaran, pertahanan, hingga industri maritim,” katanya.

Menhub menyatakan pemerintah telah berupaya untuk memanfaatkan potensi sumber daya kelautan, membangun transportasi laut dan infrastruktur pelabuhan. Disertai pula dengan pembangunan industri maritim yang kuat, termasuk membangun kekuatan ekonomi masyarakat.

“Salah satu pencapaian yang saat ini bisa dirasakan oleh masyarakat adalah berjalannya program Tol Laut secara massif. Sehingga konektivitas antar wilayah Indonesia, khususnya wilayah timur bisa terwujud dan disparitas harga yang selama ini terjadi bisa ditekan. Juga, pemerataan ekonomi khususnya di wilayah timur dan daerah terpencil bisa diatasi,” ujarnya.

Menhub Budi pun mengajak seluruh insan perhubungan melakukan berbagai langkah konkret untuk mendukung terwujudnya pembangunan industri maritim. Dengan begitu, kemandirian maritim dapat terwujud dan cita-cita kita untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia dapat tercapai.

Sementara itu, Direktur Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Ahmad mengatakan Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Laut, berupaya terus mengoptimalkan potensi besar sektor transportasi laut, guna mendukung terwujudnya Indonesia sebagai poros maritim dunia, sesuai visi dari Presiden RI Joko Widodo. Terlebih lagi, Indonesia memiliki 5,9 juta km2 area yuridis laut, dan dari 90 persen lalu lintas perdagangan dunia melalui jalur laut, 40 persennya melewati perairan Indonesia

“Pada tahun 2021, pelayanan penyelenggaraan angkutan laut di seluruh wilayah Indonesia meliputi tol laut sebanyak 30 trayek, angkutan subsidi PSO Pelni 26 trayek, kapal perintis 118 trayek, dan kapal ternal 6 trayek,” ungkap Ahmad.
Ahmad mengemukakan, sejumlah tantangan yang dihadapi dalam membangun sektor transportasi laut adalah adanya disparitas harga antara wilayah di Indonesia, konektivitas, biaya logistik, dan pendanaan. Kemenhub, ujarnya, telah menentukan arah kebijakan transportasi laut tahun 2020 -2024 yaitu mewujudkan angkutan laut yang murah, mudah, simple dan kompetitif; meningkatnya konektivitas transportasi laut, tersedianya infrastruktur pelabuhan yang berdaya saing, meningkatnya kepatuhan terhadap regulasi keselamatan, keamanan dan perlindungan lingkungan maritim, meningkatnya efektivitas penegakan hukum di laut, dan meningkatnya integrasi dalam pengelolaan organisasi di sektor transportasi laut.

Sedangkan Pengamat Maritim Laksda TNI (Purn) Soleman B Ponto sepakat bahwa ditinjau dari berbagai aspek, baik dari sejumlah regulasi, kekuatan maritim dapat menjadi pengungkit ekonomi bangsa. Sebab, kegiatan maritim berhubungan dengan kegiatan pelayaran angkutan barang dan orang melalui laut, yang dilakukan untuk kepentingan ekonomi.

Sedangkan Akademisi Capt. Indra Priyatna mengatakan Kemenhub berperan penting dalam mendukung kelancaran pengelolaan sumber daya kelautan seperti perikanan, pertambangan dan energi, transportasi laut, pariwisata, dan potensi SDA kelautan lainnya. Untuk itu Kemenhub harus terus merespons tren perkembangan maritime global dan melakukan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). (***)

Previous Post

Usaha Offhore Mulai Ada ‘Titik Terang’

Next Post

Pembentukan ‘Indonesian Sea’, Apa Itu?

Next Post
Pembentukan ‘Indonesian Sea’, Apa Itu?

Pembentukan 'Indonesian Sea', Apa Itu?

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3452 shares
    Share 1381 Tweet 863
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    1981 shares
    Share 792 Tweet 495
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1699 shares
    Share 680 Tweet 425
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1592 shares
    Share 637 Tweet 398
  • Mulai Agustus, Kapal Tak Ada AIS Kena Sangsi

    1284 shares
    Share 514 Tweet 321

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Ijin Pembangunan Pelabuhan Kawasan Industri Kaltara, Lancar

Ijin Pembangunan Pelabuhan Kawasan Industri Kaltara, Lancar

August 19, 2022
Implementasikan RWP di Lingkungan Kerja, Kenapa ?

Implementasikan RWP di Lingkungan Kerja, Kenapa ?

August 19, 2022

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In