• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Sunday, March 26, 2023
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Laba OOCL Naik 40%, Jadi US$ 10 M

    Laba OOCL Naik 40%, Jadi US$ 10 M

    46 Kontainer MSC Hilang, Kok Bisa Ya..

    46 Kontainer MSC Hilang, Kok Bisa Ya..

    Hapag Lloyd, Ingatkan Prospek Industri Petikemas

    Hapag Lloyd, Ingatkan Prospek Industri Petikemas

    Laba Samudera Shipping Naik Sekitar 150%

    Laba Samudera Shipping Naik Sekitar 150%

    Auto Collection di Panjang & Priok Dikeluhkan Keagenan Kapal, Kenapa..

    Auto Collection di Panjang & Priok Dikeluhkan Keagenan Kapal, Kenapa..

    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

  • Port
    TPK Koja Investasi Alat, Untuk Tingkatkan..

    TPK Koja Investasi Alat, Untuk Tingkatkan..

    Februari, Throughput Pelabuhan Long Beach & LA Turun

    Februari, Throughput Pelabuhan Long Beach & LA Turun

    Di Teluk Lamong, David Akan Fokus Dua Hal..

    Di Teluk Lamong, David Akan Fokus Dua Hal..

    Nilam Dimata Saut Gurning & Meratus, Seperti Apa..

    Nilam Dimata Saut Gurning & Meratus, Seperti Apa..

    TPK Nilam Kian Moncer, Ini Sebabnya..

    TPK Nilam Kian Moncer, Ini Sebabnya..

    Gubernur Kalbar Akan Tolak Jika Kijing Dilengkapi Crane Bekas

    Gubernur Kalbar Akan Tolak Jika Kijing Dilengkapi Crane Bekas

    Hadapi Persaingan, TPK Koja Siapkan Rp 803 M Untuk Beli Alat Baru

    Hadapi Persaingan, TPK Koja Siapkan Rp 803 M Untuk Beli Alat Baru

    ICTSI Filipina Bukukan Laba US$618,46 Juta

    ICTSI Filipina Bukukan Laba US$618,46 Juta

    Luncurkan TBS, Ekspor Impor di JICT Bisa Efisien

    Luncurkan TBS, Ekspor Impor di JICT Bisa Efisien

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    BICT

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPS SURABAYA

    TPK KOJA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Laba OOCL Naik 40%, Jadi US$ 10 M

    Laba OOCL Naik 40%, Jadi US$ 10 M

    46 Kontainer MSC Hilang, Kok Bisa Ya..

    46 Kontainer MSC Hilang, Kok Bisa Ya..

    Hapag Lloyd, Ingatkan Prospek Industri Petikemas

    Hapag Lloyd, Ingatkan Prospek Industri Petikemas

    Laba Samudera Shipping Naik Sekitar 150%

    Laba Samudera Shipping Naik Sekitar 150%

    Auto Collection di Panjang & Priok Dikeluhkan Keagenan Kapal, Kenapa..

    Auto Collection di Panjang & Priok Dikeluhkan Keagenan Kapal, Kenapa..

    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

  • Port
    TPK Koja Investasi Alat, Untuk Tingkatkan..

    TPK Koja Investasi Alat, Untuk Tingkatkan..

    Februari, Throughput Pelabuhan Long Beach & LA Turun

    Februari, Throughput Pelabuhan Long Beach & LA Turun

    Di Teluk Lamong, David Akan Fokus Dua Hal..

    Di Teluk Lamong, David Akan Fokus Dua Hal..

    Nilam Dimata Saut Gurning & Meratus, Seperti Apa..

    Nilam Dimata Saut Gurning & Meratus, Seperti Apa..

    TPK Nilam Kian Moncer, Ini Sebabnya..

    TPK Nilam Kian Moncer, Ini Sebabnya..

    Gubernur Kalbar Akan Tolak Jika Kijing Dilengkapi Crane Bekas

    Gubernur Kalbar Akan Tolak Jika Kijing Dilengkapi Crane Bekas

    Hadapi Persaingan, TPK Koja Siapkan Rp 803 M Untuk Beli Alat Baru

    Hadapi Persaingan, TPK Koja Siapkan Rp 803 M Untuk Beli Alat Baru

    ICTSI Filipina Bukukan Laba US$618,46 Juta

    ICTSI Filipina Bukukan Laba US$618,46 Juta

    Luncurkan TBS, Ekspor Impor di JICT Bisa Efisien

    Luncurkan TBS, Ekspor Impor di JICT Bisa Efisien

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    BICT

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPS SURABAYA

    TPK KOJA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Port

Pelindo IV Sudah Bisa Direct Ekspor ke Asia Timur, AS & Eropa

oceanweek by oceanweek
May 2, 2019
in Port
Pelindo IV Sudah Bisa Direct Ekspor ke Asia Timur, AS & Eropa
352
SHARES
2.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

PT Pelindo IV terus menggenjot bisa melakukan direct ekspor dari pelabuhan-pelabuhan yang berada di wilayah kerjanya.

“Kami sudah ada direct ekspor ke 7 negara, antara lain untuk Asia Timur ke Korea, Jepang. Selain itu, direct ke Amerika Serikat, Eropa. Untuk ke Eropa dan AS, kami joint slot dengan Hapag Lloyd,” kata Dirut PT Pelindo IV Farid Padang kepada Ocean Week, di sela acara deklarasi komitmen Bersama Pembangunan Zona Kawasan Pelabuhan Laut dan Bandar Udara RI, di Tanjung Priok, Kamis (2/5).

Menurut Farid, waktu awal dilakuan direct ekspor di tahun 2015 hanya sekitar 40 TEUs, tapi sekarang sudah mencapai 4.000 TEUs. “Dan ini bisa meningkatkan neraca perdagangan yang positif, dan bagus pula bagi perekonomian daerah-daerah tersebut,” ungkap Farid.

Kata dia, sekarang ini pihaknya juga sedang fokus membangun gate sistem untuk 27 cabang pelabuhan yang dikelolalanya, dan tahun 2019 ini selesai.

“Selain dari semua itu, kami juga fokus untuk perkuatan feeder domestik. Kita ada 4 kluster yakni Papua, Sulawesi, Kalimantan, dan Maluku,” ujarnya lagi.

Ketika ditanya mengenai dukungannya terhadap program tol laut, Farid menyatakan bahwa dukungan dari Pelindo IV untuk tol laut ada di 9 rute, misalnya Makassar, Bitung, Fak-fak, Merauke, Biak, dan sebagainya. “Kami sangat mensupport program tol laut, bahkan ada di 9 rute,” ucapnya.

Farid pun dengan bangga menceritakan beroperasinya Makassar New Port yang dinilainya bisa mengurai delay kapal di Makassar. Bahkan Kemenhub sudah resmi memberikan izin kepada Pelindo IV untuk melakukan operasi penuh dermaga Makassar New Port (MNP) mulai 28 Maret 2019 lalu. “Kami sudah soft launching pada 2 November 2018 lalu,” kata Farid.

Dengan diberikannya izin operasi penuh dari Direktorat Perhubungan Laut (Hubla) Kementerian Perhubungan, ujar Farid, dermaga MNP sekarang sudah bisa melakukan direct call karena kedalaman dermaga sudah minus 16 meter LWS (Low Water Springs).

Gambaran Makassar New Port sekarang ini. (ist)

Dermaga MNP juga sudah bisa disandari kapal yang memuat barang dari Makassar untuk dikirim ke Ambon, Ternate, Sorong, Surabaya, Manokwari, Nabire dan Jayapura. “Dengan kedalaman sekarang -16 m LWS, dermaga MNP sudah bisa disandari kapal dengan bobot besar yang biasa digunakan untuk direct call ke beberapa negara,” ceritanya.

Seperti diketahui, Makassar New Port merupakan salah satu proyek strategis nasional di Kawasan Timur Indonesia (KTI). Pembangunan pengembangan Makassar New Port tahap 1-A sudah rampung. Proyek tahap pertama memiliki panjang dermaga 320 m dengan luas 22 Ha. “Nantinya pelabuhan ini akan memiliki kapasitas penumpukan peti kemas mencapai 800.000 TEUs per tahun,” kata Farid Padang.

Proyek pelabuhan ini dibagi dalam beberapa tahap. Hingga tahun 2032 nanti, Makassar New Port direncanakan memiliki dermaga total sepanjang 2184 meter dan luas lapangan penumpukan 106 Ha, sehingga total kapasitas terpasang sebesar 5 juta TEUs per tahun.

Sementara untuk pembangunan Makassar New Port tahap I-B dan tahap I-C telah siap dibangun dan saat ini masih menunggu ijin konsesi tahap I-B dan I-C serta proses pengajuan penambahan alat kerja pengerukan dan reklamasi serta permohonan perpanjangan ijin keruk. (rs/ow/**)

Previous Post

BICT

Next Post

Kompetensi Pandu di Kotabaru Sedang Dinilai

Next Post
Kompetensi Pandu di Kotabaru Sedang Dinilai

Kompetensi Pandu di Kotabaru Sedang Dinilai

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3252 shares
    Share 1301 Tweet 813
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    1617 shares
    Share 647 Tweet 404
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1443 shares
    Share 577 Tweet 361
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1430 shares
    Share 572 Tweet 358
  • Mulai Agustus, Kapal Tak Ada AIS Kena Sangsi

    1231 shares
    Share 492 Tweet 308

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Humpuss Beli Tug Boat Rp 84 Miliar

Humpuss Beli Tug Boat Rp 84 Miliar

March 25, 2023
TPK Koja Investasi Alat, Untuk Tingkatkan..

TPK Koja Investasi Alat, Untuk Tingkatkan..

March 25, 2023

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In