• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Tuesday, July 8, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

  • Port
    Investor Spanyol Tertarik Bangun Pelabuhan di Jepara

    Investor Spanyol Tertarik Bangun Pelabuhan di Jepara

    Setelah Keluar Inpres, Semua Ribut Soal Pengerukan Pelabuhan Bengkulu

    Setelah Keluar Inpres, Semua Ribut Soal Pengerukan Pelabuhan Bengkulu

    Patimban Perlu Diaudit, Kenapa Operasional Dermaga Petikemas ‘Molor’

    Patimban Perlu Diaudit, Kenapa Operasional Dermaga Petikemas ‘Molor’

    Awal Juli, Dirjen Hubla Berharap Pelabuhan Baai Bisa Dioperasikan

    Awal Juli, Dirjen Hubla Berharap Pelabuhan Baai Bisa Dioperasikan

    Tingkatkan Efisiensi & Transparansi Layanan, Pelindo 4 Sosialisasi P-EPROC

    Tingkatkan Efisiensi & Transparansi Layanan, Pelindo 4 Sosialisasi P-EPROC

    Pemprov Bengkulu-PT Globalasia Infrastructure Fund Kerjasama Bangun Pelabuhan Bengkulu

    Pemprov Bengkulu-PT Globalasia Infrastructure Fund Kerjasama Bangun Pelabuhan Bengkulu

    PSA Singapura-Hainan Harbour Teken MoU Perkuat Konektivitas Antar Pelabuhan

    PSA Singapura-Hainan Harbour Teken MoU Perkuat Konektivitas Antar Pelabuhan

    Pengerukan Terus Dilakukan, Target 15 Kapal di Baai Bisa Keluar Awal Juli

    Pengerukan Terus Dilakukan, Target 15 Kapal di Baai Bisa Keluar Awal Juli

    Service Langsung Palembang-Singapura, Perkuat Layanan Logistik

    Service Langsung Palembang-Singapura, Perkuat Layanan Logistik

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

  • Port
    Investor Spanyol Tertarik Bangun Pelabuhan di Jepara

    Investor Spanyol Tertarik Bangun Pelabuhan di Jepara

    Setelah Keluar Inpres, Semua Ribut Soal Pengerukan Pelabuhan Bengkulu

    Setelah Keluar Inpres, Semua Ribut Soal Pengerukan Pelabuhan Bengkulu

    Patimban Perlu Diaudit, Kenapa Operasional Dermaga Petikemas ‘Molor’

    Patimban Perlu Diaudit, Kenapa Operasional Dermaga Petikemas ‘Molor’

    Awal Juli, Dirjen Hubla Berharap Pelabuhan Baai Bisa Dioperasikan

    Awal Juli, Dirjen Hubla Berharap Pelabuhan Baai Bisa Dioperasikan

    Tingkatkan Efisiensi & Transparansi Layanan, Pelindo 4 Sosialisasi P-EPROC

    Tingkatkan Efisiensi & Transparansi Layanan, Pelindo 4 Sosialisasi P-EPROC

    Pemprov Bengkulu-PT Globalasia Infrastructure Fund Kerjasama Bangun Pelabuhan Bengkulu

    Pemprov Bengkulu-PT Globalasia Infrastructure Fund Kerjasama Bangun Pelabuhan Bengkulu

    PSA Singapura-Hainan Harbour Teken MoU Perkuat Konektivitas Antar Pelabuhan

    PSA Singapura-Hainan Harbour Teken MoU Perkuat Konektivitas Antar Pelabuhan

    Pengerukan Terus Dilakukan, Target 15 Kapal di Baai Bisa Keluar Awal Juli

    Pengerukan Terus Dilakukan, Target 15 Kapal di Baai Bisa Keluar Awal Juli

    Service Langsung Palembang-Singapura, Perkuat Layanan Logistik

    Service Langsung Palembang-Singapura, Perkuat Layanan Logistik

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Pelayaran Sebabkan Dwelling Time

ocean_M.admin by ocean_M.admin
October 23, 2016
in Berita Lain
336
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
pelabuhan tanjung priok terlihat dari jauh. (foto ist)
pelabuhan tanjung priok terlihat dari jauh. (foto ist)

Dwelling time di pelabuhan masih terus menjadi bahan pembicaraan. Dan benarkah di 4 pelabuhan utama sudah mulai membaik dibandingkan sebelumnya. Menhub Budi Karya Sumadi mengklaim di Pelabuhan Makasar, dwelling time pada Agustus 2016 adalah 4,69 hari. Namun pada Oktober 2016, dwelling time di pelabuhan tersebut menjadi 2,95 hari. Untuk Pelabuhan Tanjung Priok, pada Oktober 2016, dwelling time turun menjadi 3,29 hari.

Namun capaian dwelling time itu banyak diragukan kalangan usaha kepelabuhanan, karena saat ini kegiatan ekspor impor sedang sepi. Jika kondisi perekonomian kembali normal, sanggupkah dwelling time yang sudah turun itu dapat dipertahankan.

Salah satu ketua Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) DKI Jakarta H. Kadar menengarai  dan menuding bahwa sebenarnya pihak perusahaan pelayaran memberi andil cukup besar dalam dwelling time ini melalui pengurusan dokumen delivery order (DO). “Mekanisme pengurusan DO di pelayaran cukup makan waktu, bahkan terkadang bisa dua hari,” katanya kepada Ocean Week di Kantor ALFI Jakarta.

Menurut Kadar, DO itu baru bisa diurus setelah kapal sandar diterminal. “Meski sebelumnya kapal sudah ada, tetap saja pelayaran nggak mau menerima, padahal urusan ke bea cukai, karantina sudah selesai,” ujarnya.

Dalam praktiknya, ungkap Kadar mencontohkan, perusahaan jasa forwarder misalnya ditunjuk mengurus container yang dimuat di salah satu kapal, dokumen manifest umumnya sudah diterima jauh hari, namun ketika forwarder tadi ke pelayaran untuk tebus DO kalau kapal belum sandar tidak akan dilayani.

“Begitu kapal sandar, kemudian forwarder ke perusahaan pelayaran bersangkutan, pertama mereka (pelayaran-red) akan menghitung lebih dulu berapa besaran biayanya, kemudian setelah diketahui nilai besarannya barulah dibayar ke bank, lalu setelah itu bank yang akan memberitahu kepada perusahaan pelayaran tadi kalau DO sudah dibayar. Itu kalau urusan lancar, tapi jika kapal sandar sudah jam tiga sore misalnya, ketika mau urus DO ke pelayaran, mereka sudah tutup, apalagi jika jarak antara perusahaan forwarder dengan perusahaan pel ayaran jauh, pasti baru keesokan harinya bisa diurus,” ungkapnya panjang lebar.

Hari berikutnya, tutur Kadar, belum tentu rampung, sebab bank juga punya andil. Kalau bank cepat menginformasikan kepada pelayaran bahwa DO sudah dibayar akan cepat, tapi jika bank lambat karena banyaknya DO yang dibayar kemudian lupa memberitahu, urusannya  bisa molor. “Makanya ini yang perlu mendapat perhatian, bagaimana caranya pelayaran memberi kemudahan, jangan malah menghambat, Menhub (Budi Karya Sumadi-red) mesti tahu masalah ini jika dwelling time ingin cepat,” kata Kadar.

Dia juga menceritakan, kalau operator terminal sangat cepat bongkar muatnya, karena setiap kapal yang sandar langsung dibongkar muat kontainernya, meski dokumennya belum selesai. Sebab kontainernya juga tidak dapat dibawa keluar, hanya ditumpuk dulu di lapangan penumpukan (CY). “Kontainer baru dapat dikeluarkan kalau sudah ada SPPB (surat perintah pengeliuaran barang dari Bea Cukai dan terminal,” ujar Kadar. (***)

Previous Post

Empat BUMN Garap Tol Laut Logistik Natuna

Next Post

Khoiri Soetomo Ketum Gapasdap Baru

Next Post

Khoiri Soetomo Ketum Gapasdap Baru

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal  Penegakan Peraturan di Laut

    KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5246 shares
    Share 2098 Tweet 1312
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4405 shares
    Share 1762 Tweet 1101
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2694 shares
    Share 1078 Tweet 674
  • Kapalnya Ditangkap Bakamla, Lukman Ladjoni Akan Pra Peradilankan

    2529 shares
    Share 1012 Tweet 632
  • Bakamla Tangkap Kapal FRD 5 di Patimban, Bisa Ya..

    2086 shares
    Share 834 Tweet 522

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

PT MUSTIKA ALAM LESTARI

July 8, 2025

TPK SEMARANG

July 8, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In