• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Thursday, August 11, 2022
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Gold Star Line Layani Rute Asia Tenggara Lewat IPC TPK

    Gold Star Line Layani Rute Asia Tenggara Lewat IPC TPK

    Pasar Petikemas Diperkirakan Normal di Paruh Kedua 2022

    Maersk Ungguli Cosco, Karena..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

  • Port
    Tanjung Pelepas Tangani 1 Juta TEUs per Bulan

    Tanjung Pelepas Tangani 1 Juta TEUs per Bulan

    Jokowi Resmikan Pelabuhan Kijing, Investasinya Rp 2,9 T

    Jokowi Resmikan Pelabuhan Kijing, Investasinya Rp 2,9 T

    Rugi Besar, Pelaku Usaha Pertanyakan Kapan KCN Operasi Lagi

    Rugi Besar, Pelaku Usaha Pertanyakan Kapan KCN Operasi Lagi

    6 Bulan 2022, ICTSI Tangani 5,8 Juta TEUs

    6 Bulan 2022, ICTSI Tangani 5,8 Juta TEUs

    Target Pelabuhan SCN Kabil Tak Muluk-muluk

    Target Pelabuhan SCN Kabil Tak Muluk-muluk

    Tak Mudah Kembangkan Batu Ampar, Sebab..

    Tak Mudah Kembangkan Batu Ampar, Sebab..

    Wajah Batu Ampar Semrawut & Kumuh, Bagaimana Tuh..

    Wajah Batu Ampar Semrawut & Kumuh, Bagaimana Tuh..

    Dalam 6 Bulan, 1,8 Juta TEUs Lewat Pelabuhan Barcelona

    Dalam 6 Bulan, 1,8 Juta TEUs Lewat Pelabuhan Barcelona

    SCN Group Akan Kembangkan Pelabuhannya, Kenapa?

    SCN Group Akan Kembangkan Pelabuhannya, Kenapa?

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    BICT

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Gold Star Line Layani Rute Asia Tenggara Lewat IPC TPK

    Gold Star Line Layani Rute Asia Tenggara Lewat IPC TPK

    Pasar Petikemas Diperkirakan Normal di Paruh Kedua 2022

    Maersk Ungguli Cosco, Karena..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

  • Port
    Tanjung Pelepas Tangani 1 Juta TEUs per Bulan

    Tanjung Pelepas Tangani 1 Juta TEUs per Bulan

    Jokowi Resmikan Pelabuhan Kijing, Investasinya Rp 2,9 T

    Jokowi Resmikan Pelabuhan Kijing, Investasinya Rp 2,9 T

    Rugi Besar, Pelaku Usaha Pertanyakan Kapan KCN Operasi Lagi

    Rugi Besar, Pelaku Usaha Pertanyakan Kapan KCN Operasi Lagi

    6 Bulan 2022, ICTSI Tangani 5,8 Juta TEUs

    6 Bulan 2022, ICTSI Tangani 5,8 Juta TEUs

    Target Pelabuhan SCN Kabil Tak Muluk-muluk

    Target Pelabuhan SCN Kabil Tak Muluk-muluk

    Tak Mudah Kembangkan Batu Ampar, Sebab..

    Tak Mudah Kembangkan Batu Ampar, Sebab..

    Wajah Batu Ampar Semrawut & Kumuh, Bagaimana Tuh..

    Wajah Batu Ampar Semrawut & Kumuh, Bagaimana Tuh..

    Dalam 6 Bulan, 1,8 Juta TEUs Lewat Pelabuhan Barcelona

    Dalam 6 Bulan, 1,8 Juta TEUs Lewat Pelabuhan Barcelona

    SCN Group Akan Kembangkan Pelabuhannya, Kenapa?

    SCN Group Akan Kembangkan Pelabuhannya, Kenapa?

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    BICT

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Shipping

Pelayaran RI Tambah Space 10 Ribu TEUs Antisipasi Pertumbuhan Kargo

oceanweek by oceanweek
December 30, 2021
in Shipping, Uncategorized
Pelayaran RI Tambah Space 10 Ribu TEUs Antisipasi Pertumbuhan Kargo
356
SHARES
2.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Kekhawatiran kalangan pebisnis dalam negeri mengenai isu kenaikan tarif (biaya) angkut barang (petikemas) rute domestik ke sejumlah daerah dinilai berlebihan, sebab beberapa pelayaran besar yang dihubungi menyatakan belum ada rencana menaikkan tarif di 2022.

Hal itu pun ditegaskan Ketua INSA Surabaya Steven Hendry Lesawengen kepada Ocean Week, per telpon Kamis (30/12) pagi. Bahkan, Steven mengaku isu tersebut sudah diklarifikasi juga kepada Menteri Perdagangan RI Muhamad Lutfi, dan Kementerian Perhubungan baru-baru ini.

“Kami sudah infokan ke kedua kementerian (Perdagangan dan Perhubungan) mengenai bagaimana kelangkaan kontainer yang di domestik yang sebenarnya tidak pernah ada karena sangat cukup, dan space kapal pun cukup tersedia, bukan seperti yang dialami untuk kelangkaan kontainer pada internasional,” kata Steven panjang lebar.

Mengenai kekhawatiran sebagian kalangan bisnis jika perusahaan pelayaran domestik memberlakukan sistem floating booking space (istilah ini tidak dikenal dalam dunia pelayaran, diperkenalkan oleh ketua umum ALFI), khusus untuk pengiriman kontainer mulai Januari 2022, yang berpotensi meningkatkan tarif angkutan kontainer karena tak ada jaminan space untuk kontainer, seperti yang diungkapkan ketua ALFI Yukki Nugrahawan Hanafi, beberapa pelayaran domestik pun menyatakan bahwa space masih mencukupi.

Justru menurut Ketua INSA Surabaya, untuk mengantisipasi pertumbuhan kargo pada tahun 2022, pelayaran nasional akan menambah space kapal 10 ribu TEUs. “Jadi tak ada yang perlu dikhawatirkan, lagi pula selama ini LOAD FACTOE kapal2 kami hanya tercapai 80 persen, itupun terjadi saat peak season (idul Fitri, natal dan tahun baru), dan kontainer juga sangat tersedia. Kalau pada saat itu ada kenaikan biaya saya rasa masih wajar, namun bukan tarif permanen lho,” ujar Steven.

Untuk diketahui berdasarkan data menyebutkan throughput petikemas tahun 2019 dari pelabuhan Jakarta tercatat 2.063.995 TEUs, dari pelabuhan di Surabaya 2.219.492 TEUs. Sedangkan tahun 2020 dari pelabuhan Jakarta hanya tercapai 1.946.051 TEUs, dan di Surabaya 2.103.952 TEUs. Jadi arus kontainer di waktu ini minus 6% (Jakarta) dan minus 5% (Surabaya).

Namun dari di tahun 2021 justru tumbuh signifikan. Throughput di pelabuhan Jakarta tercapai 2.207.191 TEUs (naik 13% dibandingkan 2021), dan di Surabaya tercatat 2.239.143 TEUs (naik 6%).

Steven juga mengatakan untuk space kapal, masih mencukupi, tidak ada gejolak. Hanya saja, karena banyak pabrik kontrak dengan EMKL (Forwarder) bukan dengan pelayaran langsung, sehingga pelayaran susah untuk kontrol.

“Kalau pelayaran sementara ini lancar-lancar saja, space cukup. Tapi tidak seperti dulu over supply. Saat ini masih cukup aman,” ucapnya.

Sekali lagi, kalau cargo kontrak setiap akhir tahun selalu direvisi penyesuaian. “Bukan ada Kenaikan yang signifikan. Mungkin EMKL (Forwarder) ke pabrik kami nggak ikut monitor sampai disana. Karena mereka hitung door to door”.

Sedangkan Hans, GM pelayaran Meratus menyatakan sampai saat ini untuk per Januari 2022, pihaknya belum ada rencana untuk kenaikan ongkos angkut tersebut.

Hans mengaku belum familiar dengan istilah floating booking space. Dia justru balik bertanya, saat ditanyai mengenai itu. “Kami di pelayaran domestik baru tau ada istilah itu (floating booking space),” ujarnya.

Sebelumnya Ketua Umum ALFI Yukki N. Hanafi berpendapat bahwa sistem floating booking space akan berpotensi naiknya tarif angkutan kontainer.

“Isunya kontainer tersedia tetapi ruang (space) di kapal tidak ada,” kata Yukki.

Menurut Yukki, hal itu akan berdampak pada sistem booking yang dilakukan secara langsung ke Pelayaran maupun melalui anggota ALFI.

Kata Yukki, sebenarnya kenaikan harga kontainer sudah terjadi dalam 5 bulan terakhir, terutama tujuan pengiriman ke kota-kota besar di wilayah Timur.

“Kenaikkan harga sebetulnya sudah terjadi terutama pada tujuan atau dari kota-kota besar di wilayah Timur seperti Makasar dalam 5 bulan terakhir ini,” ungkapnya.

Bahkan kenaikannya mencapai 20-80 persen untuk Indonesia Timur dan 30-60 persen untuk Pelabuhan Belawan Sumatera Utara.

“Sesuai perkiraan ALFI kondisi ini akan terjadi sampai dengan pertengahan tahun 2022,” ucapnya.

Oleh karena itu, para pemilik barang maupun perusahaan anggota ALFI akan menunggu transparansi kenaikkan ini dari perusahaan pelayaran. Sebab, pihaknya sudah menginformasikan kepada ketua umum daerah ALFI di 34 provinsi terkait persoalan penerapan Sistem booking space ini.

Saat ini, kata Yukki, beberapa perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman telah menyatakan akan menaikkan harga barangnya, dampak dari naiknya tarif pengiriman kontainer.

Di tempat terpisah, pengamat kemaritiman dari ITS Surabaya RO Saut Gurning mengatakan, sistem booking space umumnya diterapkan untuk pelayaran luar negeri. Akibat krisis kontainer dunia sejak Juni 2020, dimana sejak itu eksportir Indonesia kesulitan memperoleh kontainer.

Kemungkinan lainnya, terkait pelayaran lanjutan atau satu proses dengan angkutan ekspor atau impor barang dari dan ke Indonesia yang masih dikendalikan MLO (Main Line Operator).

“Untuk pelayaran antar pulau di dalam negeri, di tengah lemahnya permintaan, saya kira pola tersebut tidak diterapkan secara dominan,” katanya.

Namun Saut mengakui adanya fenomena kenaikan freight di akhir dan awal tahun ini sifatnya seasonal. Arus barang (demand) di akhir tahun biasanya cenderung meningkat karena trader meningkatkan stok guna mengantisipasi disrupsi akibat varian baru C19-Omicron, Nataru, dan bulan Ramadhan.

Kemungkinan lainnya, lanjut Saut, “book space” tersebut terkait pelayaran lanjutan atau satu proses dengan angkutan ekspor atau impor barang dari dan ke Indonesia yang masih dikendalikan MLO (Main Line Operator). (***)

Previous Post

TPK KOJA

Next Post

TPK MAKASSAR

Next Post

TPK MAKASSAR

Comments 1

  1. ridwan says:
    7 months ago

    floating booking space, ? seperti ada kecenderungan pada poisis yang tdak pasti atau mengarah ke-tidak pastian….hehehe mungkin menjadi istilah baru di dunia maritim….

    Reply

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3450 shares
    Share 1380 Tweet 863
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    1979 shares
    Share 792 Tweet 495
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1697 shares
    Share 679 Tweet 424
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1589 shares
    Share 636 Tweet 397
  • Mulai Agustus, Kapal Tak Ada AIS Kena Sangsi

    1283 shares
    Share 513 Tweet 321

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Dengan Tol Laut, Mendag Kirimkan 1,3 Juta Liter Minyak ke Indonesia Timur

Dengan Tol Laut, Mendag Kirimkan 1,3 Juta Liter Minyak ke Indonesia Timur

August 11, 2022
Kemenhub Serahkan Lahan Reklamasi ke Petro Kimia Gresik

Kemenhub Serahkan Lahan Reklamasi ke Petro Kimia Gresik

August 11, 2022

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In