• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Friday, September 29, 2023
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    Volume Menurun, 2M Memutuskan Tokyo Dari Layanan TP8

    Akhir Juli, Maersk Berencana Naikkan Tarif 49%

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

  • Port
    Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

    Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    SPTP Prioritaskan Transformasi Operasional, Hasilnya Top

    Pelabuhan di Tiongkok Sudah Tangani Petikemas 176,2 juta TEU

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    BICT

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    Volume Menurun, 2M Memutuskan Tokyo Dari Layanan TP8

    Akhir Juli, Maersk Berencana Naikkan Tarif 49%

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

  • Port
    Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

    Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    SPTP Prioritaskan Transformasi Operasional, Hasilnya Top

    Pelabuhan di Tiongkok Sudah Tangani Petikemas 176,2 juta TEU

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    BICT

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Menunggu Kapal 'Raksasa' ke Priok

ocean_M.admin by ocean_M.admin
April 15, 2017
in Berita Lain
336
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Kapal berkapasitas 10.000 TEUs bakal masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, setelah pada Minggu (9/4) lalu kapal CMA CGM Titus berkapasitas 8.500 TEUs datang sekaligus uji coba di dermaga JICT.
Rencananya, inagurasi bersandarnya kapal raksasa tersebut akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 23 April mendatang.
Pastinya hajat ini akan sangat menyita tenaga, pikiran, maupun konsekuensi bagi pihak-pihak yang terlibat, khususnya terminal yang akan disandari kapal raksasa milik CMA CGM tersebut.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada waktu peresmian tol akses Tanjung Priok (15/4) mengatakan, kedatangan kapal dengan kapasitas angkut 10.000 TEUs tersebut adalah awal dari peningkatan daya saing produk-produk Indonesia.
Kata Jokowi, kapal tersebut adalah kapal besar pertama yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, dan sekaligus menjadi awal kebangkitan persaingan komoditas Indonesia.
“Itulah awal dari daya saing produk prosuk Indonesia karena tentu saja biaya costnya akan jauh dan jauh lebih murah karena peningkatan pelayanan dari kapal yang hadir di Tanjung Priok,” kata Presiden Jokowi.

Menhub Budi Karya Sumadi, Dirut Pelindo II Elvyn G. Masassya, dan kapten kapal CMA CGM Titus berfoto bersama di dermaga JICT. (ist)
Menhub Budi Karya Sumadi, Dirut Pelindo II Elvyn G. Masassya, dan kapten kapal CMA CGM Titus berfoto bersama di dermaga JICT. (ist)

Kapal berkapasitas 10.000 TEUs yang akan bersandarkan pekan depan merupakan miliki perusahaan asal Prancis, CMA-CGM. Dengan kedatangan kapal muatan besar itu, terdapat dua keuntungan yang didapat, antaranya menekan biaya logistik. “Kedua, untuk mempercepat proses pengiriman atau kedatangan barang dari dan ke Indonesia,” tegas Jokowi.
Kedatangan kapal dengan kapasitas muatan 10.000 TEUs tersebut, juga menunjukkan kemampuan Pelabuhan Tanjung Priok sebagai Hub Internasional. Sehingga kapal angkutan barang yang masuk ke Indonesia dapat langsung bersandar di Tanjung Priok, tanpa harus transit di Singapura. Dengan demikian, beban biaya angkut juga akan terkurangi.
“Dengan kedatangan kapal itu artinya, barang dari sini cepat masuk ke kapal. Barang dari kapal keluar dari Tanjung Priok yang semua kontainer nanti tidak usah transhipmnet di Singapura. Semua langsung ke pelabuhan yang dituju,” ungkapnya.
KEMAJUAN
Sementara itu Direktur Utama Pelindo II, Elvyn G Masassya mengatakan, hadirnya kapal besar itu dapat menjadikan pemicu kapal-kapal raksasa lainnya singgah di Pelabuhan Tanjung Priok.
“Hal ini membuktikan bahwa IPC yang telah melakukan banyak kemajuan baik dari sistem, fasilitas maupun infrastruktur, serta tarif pelayanan yang mampu berkompetisi dengan pelabuhan besar lainnya,” katanya.
Kapal dengan nama CMA-CGM Titus ini sedang melakukan proses bongkar muat. Tahap awal, kapal ini mengangkut 1.700 boks peti kemas dengan rute Pelabuhan Tanjung Priok ke West Coast, Los Angeles, Amerika dengan jangka waktu seminggu sekali.
Kapal ini dioperasikan oleh pelayanan service Java South East Asia Express Services atau Java SEA Express Services atau disingkat “JAX Service”.
Adanya Kapal besar masuk ke Indonesia (Tanjung Priok) dapat menjadikan kegiatan ekspor dan impor lewat laut dapat terpusat di Pelabuhan Tanjung Priok.
Tidak hanya itu, kargo-kargo dari pelabuhan lain yang akan di ekspor juga dapat ditampung di Pelabuhan Tanjung Priok. Sehingga, terjadinya konsolidasi kargo.
“Artinya, para eksportir dan importir tidak perlu mengumpulkan barangnya di negara lain seperti, Singapura untuk melakukan pengiriman ke negara tujuan. Selama ini, pengumpulan barang ekspor dan impor terpusat di Singapura,” ujarnya.
Dengan adanya konsolidasi kargo di Tanjung Priok, maka kegiatan ekspor-impor dari berbagai daerah tidak perlu melalui Singapura lagi. Cukup kumpulkan barang ekspor dan impornya di Pelabuhan Tanjung priok. Karena telah ada kapal raksasa yang masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok secara terjadwal.
Menurut Pelindo II, para eksportir dan importi bisa hemat hingga Rp 1,2 juta per boks dengan tujuan Asia Timur seperti, Jepang, Cina, dan Korea Selatan, jika mengirimkan barangnya lewat Pelabuhan Tanjung Priok.
“Cost logistik lebih murah, tergantung dari mana asalnya, tetapi kita rata-rata untuk Asia Timur bisa hemat Rp 1 juta –  Rp 1,2 juta per boks,” jelas Elvyn.
Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sedang mencari cara untuk menyandarkan kapal-kapal raksasa di pelabuhan-pelabuhan Indonesia. Salah satunya, dengan memberikan Insentif atau diskon.
Namun, bentuk insentif ini masih belum dipastikan. Sebab, Kemenhub dan Pelindo II masih menghitung insentif yang diberikan.
Akan tetapi, insentif yang diberikan nantinya bersifat progresif. Artinya, insentif diberikan sesuai dengan kapasitas kapal dan kapasitas kargo yang diangkut. ‎
Jika kapasitas mengangkut kargo lebih banyak, maka insentif yang diberikan lebih besar. Adapun, insentif yang diberikan seperti, biaya sandar,‎ biaya labuh, biaya bongkar muat.
“Pasti ada, pola progresif, semakin banyak barang yang dibawa, semakin besar kapalnya, semakin murah biaya logistiknya,” imbuh Elvyn.
Cuma, sejumlah pengguna jasa di Priok mempertanyakan, apakah dengan diberikan insentif tidak akan memberikan kecemburuan terhadap pelayaran lain yang berkegiatan juga di Tanjung Priok. “Dan itu sebenarnya kerugian bagi Negara. Karena kalau tariff jasa labuh, tambat, pandu maupun tariff bongkar muat di diskon, bagaiama dengan kapal-kapal direct yang lain meski ukurannya lebih kecil,” ungkap pebisnis di pelabuhan Priok yang minta tak disebut jati dirinya itu. (***)

Previous Post

Jokowi Resmikan Tol Akses Priok, Sebulan Masih Gratis

Next Post

Pungli Rp 2 Triliun, Koperasi TKBM Khawatir

Next Post

Pungli Rp 2 Triliun, Koperasi TKBM Khawatir

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3351 shares
    Share 1340 Tweet 838
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2411 shares
    Share 964 Tweet 603
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    1636 shares
    Share 654 Tweet 409
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1488 shares
    Share 595 Tweet 372
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1473 shares
    Share 589 Tweet 368

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

September 29, 2023
Pelindo Resmi Luncurkan PTOS-M, Untuk Non Petikemas

Pelindo Resmi Luncurkan PTOS-M, Untuk Non Petikemas

September 29, 2023

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In