• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Wednesday, June 29, 2022
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Pasar Petikemas Diperkirakan Normal di Paruh Kedua 2022

    Maersk Ungguli Cosco, Karena..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

    Hyundai Tangguhkan Pengiriman Timur Jauh, Kenapa ?

    Hyundai Tangguhkan Pengiriman Timur Jauh, Kenapa ?

  • Port
    Pelindo Resmi Kelola Pelabuhan Garongkong

    Pelindo Resmi Kelola Pelabuhan Garongkong

    Tarif Jasa Kepelabuhanan di Banten Naik, Pengguna Jasa Kok Diam Saja..

    Tarif Jasa Kepelabuhanan di Banten Naik, Pengguna Jasa Kok Diam Saja..

    Laba Rp 3,2 Triliun, Pelindo Fokus Transformasi Operasional

    Laba Rp 3,2 Triliun, Pelindo Fokus Transformasi Operasional

    Evaluasi Inaportnet SPS dan Sosialisasi PM 8 di Pelabuhan Makassar, Kata Hermanta ..

    Evaluasi Inaportnet SPS dan Sosialisasi PM 8 di Pelabuhan Makassar, Kata Hermanta ..

    713 Kontainer Terdampak Banjir Tanjung Emas, Bagaimana Nasibnya..

    Tanjung Emas Kembali Banjir, INSA Nanyain Kapan Kondisi Ini Berakhir

    Dermaga Pangkal Balam Rusak Parah, Pelindo Tak Peduli..

    Dermaga Pangkal Balam Rusak Parah, Pelindo Tak Peduli..

    KBN Siapkan Rp 33 M, Marunda Nasibmu Kedepan Bagaimana?

    KBN Siapkan Rp 33 M, Marunda Nasibmu Kedepan Bagaimana?

    TBS Ramai Diomongin, Driver Truk & Cargo Owner Dipertanyakan Kesiapannya

    TBS Ramai Diomongin, Driver Truk & Cargo Owner Dipertanyakan Kesiapannya

    Kinerja Pelindo Regional 4 Meningkat Tajam

    Kinerja Pelindo Regional 4 Meningkat Tajam

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    BICT

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Pasar Petikemas Diperkirakan Normal di Paruh Kedua 2022

    Maersk Ungguli Cosco, Karena..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

    Hyundai Tangguhkan Pengiriman Timur Jauh, Kenapa ?

    Hyundai Tangguhkan Pengiriman Timur Jauh, Kenapa ?

  • Port
    Pelindo Resmi Kelola Pelabuhan Garongkong

    Pelindo Resmi Kelola Pelabuhan Garongkong

    Tarif Jasa Kepelabuhanan di Banten Naik, Pengguna Jasa Kok Diam Saja..

    Tarif Jasa Kepelabuhanan di Banten Naik, Pengguna Jasa Kok Diam Saja..

    Laba Rp 3,2 Triliun, Pelindo Fokus Transformasi Operasional

    Laba Rp 3,2 Triliun, Pelindo Fokus Transformasi Operasional

    Evaluasi Inaportnet SPS dan Sosialisasi PM 8 di Pelabuhan Makassar, Kata Hermanta ..

    Evaluasi Inaportnet SPS dan Sosialisasi PM 8 di Pelabuhan Makassar, Kata Hermanta ..

    713 Kontainer Terdampak Banjir Tanjung Emas, Bagaimana Nasibnya..

    Tanjung Emas Kembali Banjir, INSA Nanyain Kapan Kondisi Ini Berakhir

    Dermaga Pangkal Balam Rusak Parah, Pelindo Tak Peduli..

    Dermaga Pangkal Balam Rusak Parah, Pelindo Tak Peduli..

    KBN Siapkan Rp 33 M, Marunda Nasibmu Kedepan Bagaimana?

    KBN Siapkan Rp 33 M, Marunda Nasibmu Kedepan Bagaimana?

    TBS Ramai Diomongin, Driver Truk & Cargo Owner Dipertanyakan Kesiapannya

    TBS Ramai Diomongin, Driver Truk & Cargo Owner Dipertanyakan Kesiapannya

    Kinerja Pelindo Regional 4 Meningkat Tajam

    Kinerja Pelindo Regional 4 Meningkat Tajam

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    BICT

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Port

Kinerja Pelindo Regional 4 Meningkat Tajam

oceanweek by oceanweek
June 14, 2022
in Port
Kinerja Pelindo Regional 4 Meningkat Tajam
336
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

PT Pelabuhan Indonesia/Pelindo (Persero) Regional 4 mencatat kinerja ciamik dari sisi arus penumpang yang meningkat sebesar 153,57% selama Januari – Mei tahun ini yang mencapai 2.088.317 orang dibandingkan periode yang sama tahun lalu yakni sebanyak 1.359.869 orang.

Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis mengatakan, kondisi tersebut dipicu oleh aturan Pemerintah terkait mudik Lebaran yang mulai longgar, setelah 2 tahun lamanya masyarakat dilarang melakukan aktivitas mudik akibat pandemi Covid-19.

“Mulai longgarnya aturan Pemerintah terkait mudik Lebaran tahun ini setelah larangan mudik selama 2 tahun karena pandemi Covid-19, diduga menjadi pemicu melonjaknya arus penumpang di beberapa pelabuhan kelolaan Pelindo di Regional 4. Kondisi tersebut tentunya mendulang angka arus penumpang yang naik cukup signifikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” ujar Enriany dalam siaran persnya, Selasa (14/6/2022).

Bahkan dari target yang ditetapkan, jumlah penumpang tersebut tercatat meningkat sebesar 130,02%. “Target kami hingga Mei tahun ini hanya sebanyak 1.606.185 orang penumpang kapal. Alhamdulillah jumlah yang terealisasi melebihi target yang ditetapkan,” imbuhnya.

Sementara itu lanjut dia, Pelindo Regional 4 sepanjang Januari hingga Mei tahun ini berhasil merealisasikan jumlah arus peti kemas mencapai 874.013 TEUs atau Twenty Foot Equivalent Units (satuan terkecil dalam ukuran peti kemas), meskipun beberapa pelabuhan kelolaan sudah diserahoperasikan kepada subholding.

Enriany menuturkan, walaupun realisasi tersebut terlihat lebih rendah daripada realisasi arus peti kemas pada Januari hingga Mei 2021 di seluruh pelabuhan kelolaan Pelindo yang berada di Regional 4 yaitu sebanyak 897.732 TEUs, namun angka yang dicapai hingga Mei tahun ini adalah pencapaian yang terbilang baik apalagi pasca merger Pelindo per 1 Oktober 2021.

“Pasca merger, Manajemen Pelindo membentuk empat subholding dengan fokus bisnis masing-masing, yaitu peti kemas, penumpang, logistik dan marine service. Sehingga ada beberapa pelabuhan kelolaan Pelindo di Regional 4 yang kemudian diserahoperasikan kepada subholding masing-masing yang sesuai dengan fokus bisnisnya,” terangnya.

Sebelum merger sebut dia, di Regional 4 terdapat 26 cabang, 3 anak perusahaan, dan 1 cucu perusahaan. Setelah merger, anak dan cucu perusahaan langsung bergabung dengan subholding dan anak perusahaan di bawah holding. Sementara itu, beberapa cabang secara bertahap juga mulai diserahoperasikan kepada subhoding yang sesuai dengan fokus bisnisnya.

“Seperti PT Kaltim Kariangau Terminal (KKT) yang mulai pindah ke subholding sejak 1 Januari 2022. Begitu juga dengan segmen peti kemas di Terminal Petikemas Makassar (TPM), Makassar New Port (MNP), Terminal Petikemas Bitung (TPB), dan Pelabuhan Ambon yang juga sudah diserahoperasikan ke subholding peti kemas per 1 April 2022. Sementara untuk segmen barang di Pelindo Regional 4 Balikpapan dan Makassar, juga sudah diserahoperasikan ke subholding non peti kemas per 1 April tahun ini,” bebernya.

Adapun beberapa pelabuhan di Regional 4 yang menyumbang peningkatan tertinggi untuk arus penumpang yakni Pelindo Regional 4 Kendari, Parepare, Makassar, Manado dan Ambon yang masing-masing mengalami persentase sebesar 12,68%, 12,12%, 11,63%, 9,67% dan 8,83%.

Dari sisi arus peti kemas, penyumbang persentase tertinggi yakni Pelindo Regional 4 Terminal Petikemas Makassar sebesar 21,58%, Palaran/Samarinda 13,03%, Terminal Petikemas Bitung 12,00%, Makassar New Port 10,20% dan PT KKT 8,10%.

Sedangkan untuk arus barang, cabang yang menyumbang peningkatan tertinggi di Regional 4 yaitu Pelindo Regional 4 Balikpapan sebesar 68,09%, menyusul Pelindo Regional 4 Makassar 10,09%, lalu Pelindo Regional 4 Bitung, Biak dan Parepare masing masing 5,91%, 3,57% dan 2,88%.

“Di arus kapal, Pelindo Regional 4 Balikpapan berada pada persentase tertinggi yakni 17,08%. Kemudian Pelindo Regional 4 Samarinda, SBU Marine Service, Kendari dan Makassar, yakni masing-masing 11,54%, 11,02%, 9,20% dan 8,53%,” sebut Enriany.

“Kami berharap hingga akhir tahun nanti target yang ditetapkan Perseroan dapat tercapai. Tentunya kami selalu berupaya melakukan yang terbaik untuk pencapaian yang maksimal,” tukasnya. (***)

Previous Post

BICT

Next Post

Dampak Banjir Tanjung Emas, 713 Kontainer dan 9 Perusahaan Siapa Yang Ganti..

Next Post
Karena Banjir, Tanjung Emas Macet Parah

Dampak Banjir Tanjung Emas, 713 Kontainer dan 9 Perusahaan Siapa Yang Ganti..

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3426 shares
    Share 1370 Tweet 857
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    1965 shares
    Share 786 Tweet 491
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1677 shares
    Share 671 Tweet 419
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1573 shares
    Share 629 Tweet 393
  • Mulai Agustus, Kapal Tak Ada AIS Kena Sangsi

    1270 shares
    Share 508 Tweet 318

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

NPCT2, Kapan Selesai Dibangun Ya?

Akhirnya Alimudin Buka Suara, Jika Terpilih Akan..

June 29, 2022

PT MUSTIKA ALAM LESTARI

June 29, 2022

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In