• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Friday, August 19, 2022
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Gold Star Line Layani Rute Asia Tenggara Lewat IPC TPK

    Gold Star Line Layani Rute Asia Tenggara Lewat IPC TPK

    Pasar Petikemas Diperkirakan Normal di Paruh Kedua 2022

    Maersk Ungguli Cosco, Karena..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

  • Port
    Pelabuhan King Abdulaziz Inginkan Perubahan

    Pelabuhan King Abdulaziz Inginkan Perubahan

    Selama 7 Bulan, Yantian Tangani 8 Juta TEUs Lebih

    Selama 7 Bulan, Yantian Tangani 8 Juta TEUs Lebih

    Tanjung Pelepas Tangani 1 Juta TEUs per Bulan

    Tanjung Pelepas Tangani 1 Juta TEUs per Bulan

    Jokowi Resmikan Pelabuhan Kijing, Investasinya Rp 2,9 T

    Jokowi Resmikan Pelabuhan Kijing, Investasinya Rp 2,9 T

    Rugi Besar, Pelaku Usaha Pertanyakan Kapan KCN Operasi Lagi

    Rugi Besar, Pelaku Usaha Pertanyakan Kapan KCN Operasi Lagi

    6 Bulan 2022, ICTSI Tangani 5,8 Juta TEUs

    6 Bulan 2022, ICTSI Tangani 5,8 Juta TEUs

    Target Pelabuhan SCN Kabil Tak Muluk-muluk

    Target Pelabuhan SCN Kabil Tak Muluk-muluk

    Tak Mudah Kembangkan Batu Ampar, Sebab..

    Tak Mudah Kembangkan Batu Ampar, Sebab..

    Wajah Batu Ampar Semrawut & Kumuh, Bagaimana Tuh..

    Wajah Batu Ampar Semrawut & Kumuh, Bagaimana Tuh..

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Gold Star Line Layani Rute Asia Tenggara Lewat IPC TPK

    Gold Star Line Layani Rute Asia Tenggara Lewat IPC TPK

    Pasar Petikemas Diperkirakan Normal di Paruh Kedua 2022

    Maersk Ungguli Cosco, Karena..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

  • Port
    Pelabuhan King Abdulaziz Inginkan Perubahan

    Pelabuhan King Abdulaziz Inginkan Perubahan

    Selama 7 Bulan, Yantian Tangani 8 Juta TEUs Lebih

    Selama 7 Bulan, Yantian Tangani 8 Juta TEUs Lebih

    Tanjung Pelepas Tangani 1 Juta TEUs per Bulan

    Tanjung Pelepas Tangani 1 Juta TEUs per Bulan

    Jokowi Resmikan Pelabuhan Kijing, Investasinya Rp 2,9 T

    Jokowi Resmikan Pelabuhan Kijing, Investasinya Rp 2,9 T

    Rugi Besar, Pelaku Usaha Pertanyakan Kapan KCN Operasi Lagi

    Rugi Besar, Pelaku Usaha Pertanyakan Kapan KCN Operasi Lagi

    6 Bulan 2022, ICTSI Tangani 5,8 Juta TEUs

    6 Bulan 2022, ICTSI Tangani 5,8 Juta TEUs

    Target Pelabuhan SCN Kabil Tak Muluk-muluk

    Target Pelabuhan SCN Kabil Tak Muluk-muluk

    Tak Mudah Kembangkan Batu Ampar, Sebab..

    Tak Mudah Kembangkan Batu Ampar, Sebab..

    Wajah Batu Ampar Semrawut & Kumuh, Bagaimana Tuh..

    Wajah Batu Ampar Semrawut & Kumuh, Bagaimana Tuh..

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Kadin Jakut, Penerapan STID Jika Belum Siap Ditunda Saja

oceanweek by oceanweek
December 1, 2021
in Berita Lain
Kadin Jakut, Penerapan STID Jika Belum Siap Ditunda Saja
352
SHARES
2.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Kadin Jakarta Utara mengingatkan jika penerapan single Truck Identification Data (STID) yang rencana dilaksanakan mulai 1 Januari 2022, masih belum bisa karena banyak truk yang tak memiliki kartu tunggal tersebut, sebaiknya Otoritas Pelabuhan (OP) memperpanjang waktunya supaya tak menimbulkan kegaduhan.

“Sebaiknya penerapan STID di pelabuhan Priok pada Januari 2022, kalau belum siap bener, diperpanjang saja, tapi perpanjangan waktu juga nggak boleh berlama-lama. Paling tidak sebelum Lebaran 2022 sudah wajib diterapkan, mengingat semua sudah diberi toleransi waktu,” kata DR. Sungkono Ali, Ketua Kadin Jakarta Utara saat dimintai komentar mengenai STID tersebut, di Kantornya, Jakarta Utara, Rabu (1/12).

Sungkono khawatir kalau penerapan STID tersebut dipaksakan, sementara masih banyak truk dan sopir yang belum siap dan belum memperoleh STID, bakal berdampak pada kegiatan di pelabuhan.

Tapi, ujarnya, jika sudah diberikan toleransi waktu pengurusan STID masih juga belum, silahkan OP memberikan sanksi kepada mereka.

“Kalau perlu diumumkan ke publik supaya diketahui perusahaan mana saja dan truk yang mana saja yang tak bisa digunakan berkegiatan di pelabuhan Priok karena tak memenuhi syarat,” ungkap Sungkono.

Sementara itu, sosialisasi STID yang dilakukan kantor OP dan Pelindo, ternyata banyak pelaku usaha truk yang belum mengetahuinya.

Pada Rabu (1/12), Ocean Week bertemu dengan salah satu pengusaha truk dan menanyakan mengenai akan diberlakukannya STID per Januari mendatang, dijawab bahwa dirinya belum tau. Namun, begitu informasi tersebut diketahuinya, pengusaha tersebut menyatakan akan segera mengurus untuk itu. “Saya belum tau, syaratnya apa saja ya. Nanti saya nanya ke tim STID lah dimana itu,” ujarnya tak bersedia disebut namanya.

Sebelumnya, Aptrindo dan GINSI mengapresiasi serta mendukung penuh terhadap rencana penerapan Single Truck Identification Data (STID) yang diberlakukan di seluruh terminal petikemas pelabuhan Tanjung Priok mulai 1 Januari 2022 mendatang.

Ketua Umum Aptrindo Gemilang Tarigan mengungkapkan bahwa rencana penerapan STID ini sekaligus menjadi penertiban bagi usaha trucking yang selama ini kurang taat mengikuti aturan.

“Banyak usaha truk yang kantornya di awang-awang, ini perlu ditertibkan, dan Aptrindo sangat mendukung yang dilakukan oleh Pak Wisnu (Kepala OP Tanjung Priok Wisnu Handoko),” kata Tarigan kepada Ocean Week di Kantornya, Selasa siang.

Dukunga yang sama pun datang dari Ketua Umum GINSI Capt. Subandi. “Kami senang jika Tanjung Priok menjadi bener. Truk-truk yang beroperasi di pelabuhan taat aturan,” ungkap Capt. Subandi saat dimintai komentar Ocean Week, Selasa sore.

Usai sosialisasi STID berfoto bersama. (**)

Cuma, pesan Subandi, pihak OP juga mesti hati-hati dalam hal ini. Sebab, jika sampai batas waktu yang ditentukan per tanggal 31 Desember 2021, dan mulai penerapan tanggal 1 Januari 2022 masih banyak truk yang belum memiliki STID dan kemudian menimbulkan dampak terhadap arus barang (petikemas) di terminal petikemas, siapa yang bertanggung jawab.

Misalnya, ucap Subandi, sebelum penerapan STID, truk dengan TID bebas keluar masuk membawa petikemas (ekspor impor) ke terminal, namun dengan STID otomatis truk yang belum memiliki tak akan bisa berkegiatan disitu. “Terus kalau truk nya kurang, apakah tak akan memunculkan masalah baru, dan jika ada truk muat petikemas ekspor, tapi karena truk belum STID dan nggak bisa masuk terminal sehingga barangnya tak termuat kapal, begitu pula dengan petikemas impor, kalau ga bisa keluar karena kekurangan truk dan harus terkena biaya penumpukan, siapa yang harus bertanggung jawab,” jelas Subandi panjang lebar.

Karena itu, baik Subandi maupun Tarigan berharap supaya penerapan STID ini dipersiapkan dengan hati-hati, cermat dengan penuh perhitungan. Sehingga pada saat penerapan sudah tidak ada masalah yang muncul.

Subandi mempertanyakan berapa pergerakan truk keluar masuk ke pelabuhan Tanjung Priok setiap hari. “Kalau setiap hari sekitar 3.000 lebih truk keluar masuk membawa petikemas dan karena penerapan STID, truk hanya baru ada 1.500 unit, kan bisa mengganggu kegiatan karena kekurangan truk. Akibatnya berdampak kemana-mana, ya pelayaran, ya industri, termasuk barang impor,” katanya khawatir.

Sementara itu, Kepala OP Tanjung Priok Capt. Wisnu Handoko menyatakan mulai tanggal 6 Desember sampai 30 Desember, pihaknya akan melakukan pemanggilan setiap hari kepada pelaku usaha truk untuk mengurus STID.

“Syaratnya membawa STNK dan lolos uji KIR, itu sudah bisa. Masih ada waktu satu bulan,” ujarnya.

Tarigan menambahkan, mestinya pihak OP tak perlu repot, karena sepanjang ada lolos uji KIR, dipastikan truk tersebut suratnya ada. “Atau data TID lama tinggal diganti saja ke STID, nah semua datanya ada di Aptrindo,” ucapnya.

Untuk diketahui bahwa sampai tanggal 30 November 2021 baru 58 perusahaan truk yang mengajukan STID, namun baru sekitar 20 an perusahaan yang disetujui, dan sekitar 722 truk yang disetujui memiliki STID serta kartunya.

Ocean Week yang menanyakan soal STID ini ke terminal petikemas Koja, dikatakan jika sampai akhir Desember masih banyak truk yang belum siap, pihaknya akan minta kepada regulator untuk mempertimbangkan penerapannya di Januari 2022. “Kami nggak mau ambil risiko,” ungkap salah satu sumber dari TPK Koja yang tak mau disebut namanya. (***)

Previous Post

Pelabuhan Babang dan Saketa Bakal Disinggahi Kapal Tol Laut

Next Post

Pembangunan Infrastruktur di 5 Destinasi Pariwisata Dikebut

Next Post
Pembangunan Infrastruktur di 5 Destinasi Pariwisata Dikebut

Pembangunan Infrastruktur di 5 Destinasi Pariwisata Dikebut

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3452 shares
    Share 1381 Tweet 863
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    1981 shares
    Share 792 Tweet 495
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1699 shares
    Share 680 Tweet 425
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1592 shares
    Share 637 Tweet 398
  • Mulai Agustus, Kapal Tak Ada AIS Kena Sangsi

    1284 shares
    Share 514 Tweet 321

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Ijin Pembangunan Pelabuhan Kawasan Industri Kaltara, Lancar

Ijin Pembangunan Pelabuhan Kawasan Industri Kaltara, Lancar

August 19, 2022
Implementasikan RWP di Lingkungan Kerja, Kenapa ?

Implementasikan RWP di Lingkungan Kerja, Kenapa ?

August 19, 2022

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In