• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Friday, June 20, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

  • Port
    Pelabuhan Priok & Rencana Pengembangannya Seperti Apa ?

    Pelabuhan Priok & Rencana Pengembangannya Seperti Apa ?

    Layanan Pelabuhan Panjang Baik, Tapi Ada Yang..

    Layanan Pelabuhan Panjang Baik, Tapi Ada Yang..

    Pelindo-INSA & Perusahaan Pelayaran Sepakati Tarif Handling Petikemas Pelabuhan Manokwari

    Pelindo-INSA & Perusahaan Pelayaran Sepakati Tarif Handling Petikemas Pelabuhan Manokwari

    Juni, Terminal Kijing Sudah Bisa Layani Petikemas

    Juni, Terminal Kijing Sudah Bisa Layani Petikemas

    INSA Sambut Positif Transhipment Petikemas Internasional di Batam

    INSA Sambut Positif Transhipment Petikemas Internasional di Batam

    TPK Batu Ampar Mulai Layani Transhipment Internasional

    TPK Batu Ampar Mulai Layani Transhipment Internasional

    Tak Lama Lagi Kapal Sudah Bisa Keluar Masuk Baai

    Tak Lama Lagi Kapal Sudah Bisa Keluar Masuk Baai

    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

  • Port
    Pelabuhan Priok & Rencana Pengembangannya Seperti Apa ?

    Pelabuhan Priok & Rencana Pengembangannya Seperti Apa ?

    Layanan Pelabuhan Panjang Baik, Tapi Ada Yang..

    Layanan Pelabuhan Panjang Baik, Tapi Ada Yang..

    Pelindo-INSA & Perusahaan Pelayaran Sepakati Tarif Handling Petikemas Pelabuhan Manokwari

    Pelindo-INSA & Perusahaan Pelayaran Sepakati Tarif Handling Petikemas Pelabuhan Manokwari

    Juni, Terminal Kijing Sudah Bisa Layani Petikemas

    Juni, Terminal Kijing Sudah Bisa Layani Petikemas

    INSA Sambut Positif Transhipment Petikemas Internasional di Batam

    INSA Sambut Positif Transhipment Petikemas Internasional di Batam

    TPK Batu Ampar Mulai Layani Transhipment Internasional

    TPK Batu Ampar Mulai Layani Transhipment Internasional

    Tak Lama Lagi Kapal Sudah Bisa Keluar Masuk Baai

    Tak Lama Lagi Kapal Sudah Bisa Keluar Masuk Baai

    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Juknis Wajib Gunakan Kapal Nasional Masih Disiapkan

oceanweek by oceanweek
April 22, 2019
in Berita Lain
IPC Terus Berupaya Wujudkan Transhipment Tanjung Priok
342
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Kementerian Perdagangan (Kemendag) menegaskan implementasi wajib asuransi nasional untuk ekspor batubara masih sesuai jadwal. Meski sebetulnya sudah dimplementasikan sejak Februari 2019, namun kebijakan ini masih diberi tenggat waktu transisi hingga 31 Mei 2019.

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Oke Nurwan mengungkapkan, masa transisi itu dimaksudkan supaya pelaku usaha batubara bisa memiliki waktu untuk bernegosiasi dengan pembeli atau importir batubara di luar negeri. Sehingga, per 1 Juni 2019, kebijakan tersebut mulai berlaku penuh.

“Tidak ada perubahan jadwal wajib asuransi. Implementasi sejak Februari, masa transisi sampai 31 Mei, dan akan berlaku penuh 1 Juni 2019,” kata Oke, dikutip Kontan.co.id, Senin (22/4).

Apabila dengan tenggat waktu tersebut perusahaan masih belum memenuhi ketentuan, maka perusahaan akan terkena sanksi dan tidak bisa melakukan ekspor. “Apabila ekspor batubara tidak menggunakan asuransi nasional, tidak LS (Laporan Surveyor) tidak akan keluar,” ungkapnya.

Sebagai informasi, saat ini ada 18 asuransi, terdiri dari 15 perusahaan dan tiga konsorsium, yang sudah terdaftar dan mendapatkan persetujuan untuk digunakan dalam kebijakan ini.

Kepala Subdirektorat Sistem Pembiayaan dan Pembayaran Rumaksono menyampaikan, jumlah asuransi tersebut masih bisa bertambah meski periode transisi kebijakan ini sudah selesai. “Kalau perusahaan asuransi tidak ditutup, terus dibuka selama memenuhi syarat akan diberikan persetujuan,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk wajib angkutan laut nasional dalam ekspor batubara, Oke mengatakan bahwa jadwal implementasi peraturan tersebut masih tetap sama. Yakni pada Mei 2020. Ia bilang, saat ini pihaknya tengah melakukan diskusi dengan stakeholder terkait untuk menyusun petunjuk teknis (juknis).

Diskusi tersebut dilakukan dengan melibatkan sejumlah kalangan, seperti Direktorat Minerba Kementerian ESDM, Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Perekonomian, Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, dan Indonesia National Shipowner’s Association (INSA).

“Sedang disusun Juknis dalam bentuk Perdirjen (Peraturan Direktorat Jenderal), dan masih dalam tahap diskusi untuk menerima masukan,” kata Oke.

Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) Hendra Sinadia mengapresiasi peran aktif Kemendag yang telah turut mensosialisasikan kebijakan ini kepada buyers di negara importir batubara Indonesia.

Menurut Hendra, hingga saat ini, secara umum kebijakan wajib asuransi nasional bisa dipahami oleh sebagian buyers. Hanya saja, untuk kebijakan wajib angkutan laut nasional, paa buyers masih menunggu detail kebijakan yang tengah disusun pemerintah.

“Kalau soal asuransi nggak jadi masalah buat beberapa. Kalau untuk kapal, masih menunggu detailnya seperti apa,” kata Hendra kepada Kontan.co.id, Senin (22/4).

Kendati demikian, Hendra mengingatkan bahwa setiap buyers dan negara merespons kebijakan ini secara berbeda. Untuk Vietnam misalnya, kebijakan wajib kapal nasional dapat menghambat proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang sudah terskema menggunakan batubara asal Indonesia.

Pasalnya, dalam skema bisnis PLTU tersebut, pengangkutan batubara menggunakan angkutan laut dari mitra. “Mereka kan buat perjanjian proyeknya sebelum kebijakan ini dikeluarkan, skemanya memakai angkutan mereka sendiri, jadi itu Kemendag akan bertemu lagi untuk membicarakan lebih lanjut” ungkapnya. (kntn/**)

Previous Post

Peringati Hari Kartini, IPC Kenalkan Museum Maritim ke Ratusan Pelajar

Next Post

Incar Pendapatan Rp 4 T, Transcoal akan Tambah Kapal

Next Post
Incar Pendapatan Rp 4 T, Transcoal akan Tambah Kapal

Incar Pendapatan Rp 4 T, Transcoal akan Tambah Kapal

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal  Penegakan Peraturan di Laut

    KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5237 shares
    Share 2095 Tweet 1309
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4402 shares
    Share 1761 Tweet 1101
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2691 shares
    Share 1076 Tweet 673
  • Kapalnya Ditangkap Bakamla, Lukman Ladjoni Akan Pra Peradilankan

    2526 shares
    Share 1010 Tweet 632
  • Bakamla Tangkap Kapal FRD 5 di Patimban, Bisa Ya..

    2083 shares
    Share 833 Tweet 521

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

PT MUSTIKA ALAM LESTARI

June 20, 2025

TPK SEMARANG

June 20, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In