• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Friday, August 19, 2022
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Gold Star Line Layani Rute Asia Tenggara Lewat IPC TPK

    Gold Star Line Layani Rute Asia Tenggara Lewat IPC TPK

    Pasar Petikemas Diperkirakan Normal di Paruh Kedua 2022

    Maersk Ungguli Cosco, Karena..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

  • Port
    Pelabuhan King Abdulaziz Inginkan Perubahan

    Pelabuhan King Abdulaziz Inginkan Perubahan

    Selama 7 Bulan, Yantian Tangani 8 Juta TEUs Lebih

    Selama 7 Bulan, Yantian Tangani 8 Juta TEUs Lebih

    Tanjung Pelepas Tangani 1 Juta TEUs per Bulan

    Tanjung Pelepas Tangani 1 Juta TEUs per Bulan

    Jokowi Resmikan Pelabuhan Kijing, Investasinya Rp 2,9 T

    Jokowi Resmikan Pelabuhan Kijing, Investasinya Rp 2,9 T

    Rugi Besar, Pelaku Usaha Pertanyakan Kapan KCN Operasi Lagi

    Rugi Besar, Pelaku Usaha Pertanyakan Kapan KCN Operasi Lagi

    6 Bulan 2022, ICTSI Tangani 5,8 Juta TEUs

    6 Bulan 2022, ICTSI Tangani 5,8 Juta TEUs

    Target Pelabuhan SCN Kabil Tak Muluk-muluk

    Target Pelabuhan SCN Kabil Tak Muluk-muluk

    Tak Mudah Kembangkan Batu Ampar, Sebab..

    Tak Mudah Kembangkan Batu Ampar, Sebab..

    Wajah Batu Ampar Semrawut & Kumuh, Bagaimana Tuh..

    Wajah Batu Ampar Semrawut & Kumuh, Bagaimana Tuh..

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Gold Star Line Layani Rute Asia Tenggara Lewat IPC TPK

    Gold Star Line Layani Rute Asia Tenggara Lewat IPC TPK

    Pasar Petikemas Diperkirakan Normal di Paruh Kedua 2022

    Maersk Ungguli Cosco, Karena..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

  • Port
    Pelabuhan King Abdulaziz Inginkan Perubahan

    Pelabuhan King Abdulaziz Inginkan Perubahan

    Selama 7 Bulan, Yantian Tangani 8 Juta TEUs Lebih

    Selama 7 Bulan, Yantian Tangani 8 Juta TEUs Lebih

    Tanjung Pelepas Tangani 1 Juta TEUs per Bulan

    Tanjung Pelepas Tangani 1 Juta TEUs per Bulan

    Jokowi Resmikan Pelabuhan Kijing, Investasinya Rp 2,9 T

    Jokowi Resmikan Pelabuhan Kijing, Investasinya Rp 2,9 T

    Rugi Besar, Pelaku Usaha Pertanyakan Kapan KCN Operasi Lagi

    Rugi Besar, Pelaku Usaha Pertanyakan Kapan KCN Operasi Lagi

    6 Bulan 2022, ICTSI Tangani 5,8 Juta TEUs

    6 Bulan 2022, ICTSI Tangani 5,8 Juta TEUs

    Target Pelabuhan SCN Kabil Tak Muluk-muluk

    Target Pelabuhan SCN Kabil Tak Muluk-muluk

    Tak Mudah Kembangkan Batu Ampar, Sebab..

    Tak Mudah Kembangkan Batu Ampar, Sebab..

    Wajah Batu Ampar Semrawut & Kumuh, Bagaimana Tuh..

    Wajah Batu Ampar Semrawut & Kumuh, Bagaimana Tuh..

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Medan

INAMPA Akan Terus Warnai Kemaritiman RI

oceanweek by oceanweek
November 6, 2021
in Medan, Uncategorized
INAMPA Akan Terus Warnai Kemaritiman RI
349
SHARES
2.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Saat ini ada 155 (seratus lima puluh lima) wilayah Perairan Pandu di Indonesia, terdiri dari 32 (tiga puluh dua) Wilayah Perairan Wajib Pandu Kelas I, lalu 31 (tiga puluh satu) wilayah perairan wajib pandu kelas II, dan 30 (tiga puluh) wilayah Perairan Wajib Pandu Kelas III.

Selain itu, ada 62 (enam puluh dua) wilayah perairan Pandu Luar Biasa. Ke depan wilayah perairan wajib Pandu dan Perairan Pandu Luar Biasa dipastikan akan bertambah sejalan dengan obsesi Pemerintah menjadikan Indonesia Poros Maritim Dunia.

Untuk mendukung jalannya wilayah perairan wajib pandu maupun perairan pandu luar biasa, data mencatat hingga  akhir Oktober 2021 total Perwira Pandu sejak tahun 1971 tercatat sebanyak 1.744 orang yang semuanya telah menyelesaikan Pendidikan, dan sebanyak 1.061 Perwira Pandu sertifikatnya masih aktif.

Hal itu disampaikan Pasoroan Herman Harianja, President INAMPA (Indonesian Maritime Pilots’ Association) dalam Media & Press Gathering di Medan, Sabtu (6/11/2021).

Para perwira pandu. (**)

“Pertumbuhan bisnis kemaritiman di Indonesia baik itu di Indonesia Bagian Barat, Indonesia Bagian Tengah dan Indonesia Bagian Timur pada khususnya berkembang semakin pesat,” ujarnya.

Menurut Herman, dengan pertumbuhan dan perkembangan bisnis kemaritiman di tanah air, tentunya akan semakin menuntut keselamatan dan keamanan maritime yang handal, terpercaya, dan kompetitif guna mewujudkan zero accident pada saat bernavigasi.

Herman menyatakan untuk terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas Perwira Pandu Maritim Indonesia, saat ini sedang berlangsung Pendidikan Calon Perwira Pandu Maritim sebanyak 25 (dua puluh lima) orang Pasis dari berbagai daerah dan ada saat ini ada Seorang Perwira Siswa (Pasis) Wanita yang juga akan menambah kesetaraan gender dalam kegiatan pelayanan jasa pemanduan kapal di Indonesia.

“Diharapkan Diklat akan selesai Februari 2022 di Pendidikan Maritim & Logistik Indonesia (PMLI) Ciawi – Bogor – Jawa Barat,” ucapnya.

Herman pun bercerita, bahwa dalam konteks mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia, maka INAMPA terus melakukan kordinasi dan kolaborasi serta sinergi kerja dengan berbagai Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah termasuk dengan Instansi TNI, POLRI, BUP dan Kawasan Industri serta Badan/Instansi terkait lainnya dengan tujuan untuk:

a. Kordinasi kelancaran tugas – tugas kemaritiman dilapangan agar lebih lancar, efektif dan efisien serta produktif.
b. Saling berbagi ilmu pengetahuan, pengalaman dan expertise dengan berbagai pemangku kepentingan kemaritiman baik yang ada di laut, di darat/pelabuhan, termasuk dunia pendidikan baik Pendidikan Tinggi maupun Badan Pengelola Pendidikan lainnya.
c. Membantu Pemerintah Pusat, Daerah (Provinsi, Kabupaten dan Kota serta Badan Pengelola Pelabuhan dan Kawasan Industri atau Kawasan Pelabuhan Bebas) untuk mengelola, mengembangkan, memasarkan dan membuat jaringan bisnis ke berbagai Instansi / Korporasi yang ada di dalam maupun diluar negeri seperti kegiatan untuk :
1. Pemanduan dan Penundaaan Kapal.
2. Kegiatan STS (Ship ti Ship) Transfer Operation.
3. Laid – up.
4. Jasa Banker.
5. Jasa Ship Chandler.

6. Jasa Keselamatan Maritim.
7. Jasa Pencegahan dan Penanggulangan Tumpahan Minyak di Laut.
8. Jasa Logistik Kapal.
9. Jasa Perbaikan, Asuransi, dll.
10. Jasa Pertahanan Awak Kapal.
11. Jasa Maritime Tourism/Cruise/Kapal Pesiar,

Selain itu, kata mantan direktur PT Pelindo ini, INAMPA juga aktif secara terus menerus ikut serta baik secara mandiri maupun kolaborasi dengan berbagai Instansi / Mitra Kerja melaksanakan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia melalui berbagai program / aktifitas yakni, Training, Seminar, Webinar, Workshop, Forum / Focus Group (FGD), maupun Sharing Session, dengan berbagai topik bahasan baik itu hard skill (pengetahuan teknis) Kemaritiman maupun soft skill (pengetahuan non teknis yang bersifat Human Relation) baik untuk dalam maupun luar negeri.

Keterangan pers. (**)

Herman pun mengakui jika transformasi di tubuh INAMPA terus dilakukan dan sedang berlangsung untuk menjadikan organisasi profesi ini menjadi World Class Maritime Pilots’ Association.

“Sejak tahun 2017 s/d tahun 2021, INAMPA telah menjadi Anggota Resmi International Maritime Pilots’ Association (IMPA) yang berpusat di London – Inggris, dan sebagaimana diketahui bahwa IMPA adalah mitra strategis dari International Maritime Organization (IMO) yang juga berpusat di London – Inggris sebagai Badan PBB yang mengawasi masalah kemaritiman dunia dengan anggota 187 negara,” ungkapnya.

President INAMPA menambahkan bahwa keberadaan INAMPA harus memberikan nilai tambah kepada seluruh stakeholders kemaritiman baik itu pada tatanan lokal, Nasional, Regional dan Internasional dalam perspektif maritime safety, maritime security, maritime environmental protection dan maritime sustainability.

Herman juga menegaskan bahwa INAMPA akan terus berkolaborasi dan bersinergi dengan Instansi Pemerintah lainnya seperti Kemenhub yang sudah berjalan baik selama ini, termasuk penjajakan kerjasama dengan Polisi Perairan, Kementerian Kelautan & Perikanan, Kementerian Energi & Pertambangan, Bakamla, Dunia Bisnis, dan Asosiasi Kemaritiman lainnya baik yang ada didalam maupun luar negeri.

Menurut Herman sudah bukan jamannya lagi sekarang kerja sendirian dengan ego sektoral yang tinggi, ini momentum sinergi dan berkolaborasi untuk mewujudkan visi dan misi bersama, yaitu Menjadikan Indonesia Poros Maritim Dunia, dimana Samudera, Laut, Selat dan Teluk adalah masa depan peradaban Indonesia yang harus memberikan nilai tambah dalam perspektif ekonomi, keselamatan, keamanan, perlindungan maritime, social, politik, pertahanan dan tentunya kesempatan kerja serta keberlanjutan kemaritiman itu sendiri yang harus terus dilestarikan untuk anak cucu.

Saat kerjasama dengan TNI. (**)

Untuk diketahui, selama kepemimpinan Herman, INAMPA telah banyak melakukan lobi keberbagai institusi, antara lain, dengan Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, pada tanggal 5 Oktober 2021 di Kantor Gubernur membicarakan pengembangan dan kolaborasi pembangunan jasa kemaritiman di perairan Kepri.

Lalu dengan Walikota Tanjung Pinang Kepri tanggal 21 Oktober 2021 untuk hal yang sama. Bupati Bintan – Kepri, tanggal 22 Oktober 2021 untuk hal yang sama. Dengan KSOP Tanjung Pinang Kepri tanggal 21 Oktober 2021, lalu  KSOP Tanjung Uban tanggal 6 Oktober 2021, dengan Bintan Industrial Estate di Loban Bintan, 6 Oktober 2021, dengan Direktur BUP BP Batam 7 Oktober 2021, dengan Pankogabwilhan I di Tanjung Pinang pada tanggal 21 Oktober 2021, dengan Bupati Karimun, Danguskamla Koarmada I di Batam, Danlantamal Batam, dan Asosiasi dan Industri / Korporasi lainnya yang ada di Batam dan sekitarnya, dan dengan Walikota Sibolga untuk kembangkan Cruise Ship Wisata Bahari.

“Tujuan utamanya adalah bersinergi untuk memberikan pelayanan jasa kemaritiman yang berdaya saing tinggi dan konpetitif kepada seluruh pengguna jasa baik di dalam maupun luar negeri,” jelasnya. (***)

Previous Post

Kapal Sabuk Nusantara 76, Dorong Perekonomian Gorontalo-Ternate

Next Post

Layanan Satu Pintu KIP, Pengguna Jasa Lebih Hemat Biaya dan Efisien

Next Post
Layanan Satu Pintu KIP, Pengguna Jasa Lebih Hemat Biaya dan Efisien

Layanan Satu Pintu KIP, Pengguna Jasa Lebih Hemat Biaya dan Efisien

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3452 shares
    Share 1381 Tweet 863
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    1981 shares
    Share 792 Tweet 495
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1699 shares
    Share 680 Tweet 425
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1592 shares
    Share 637 Tweet 398
  • Mulai Agustus, Kapal Tak Ada AIS Kena Sangsi

    1284 shares
    Share 514 Tweet 321

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Ijin Pembangunan Pelabuhan Kawasan Industri Kaltara, Lancar

Ijin Pembangunan Pelabuhan Kawasan Industri Kaltara, Lancar

August 19, 2022
Implementasikan RWP di Lingkungan Kerja, Kenapa ?

Implementasikan RWP di Lingkungan Kerja, Kenapa ?

August 19, 2022

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In