Perluasan Dermaga 8 Terminal Peti Kemas Internasional Manila (MICT) dinilai akan meningkatkan kapasitas terminal dari 3,3 juta TEU menjadi 3,5 juta TEU, dan memungkinkan kapal-kapal besar berlabuh di terminal ini.
Catherine Esto, manajer Port Management Office (PMO) National Capital Region (NCR) South, mengatakan International Container Terminal Services Inc (ICTSI) terus memperluas MICT di atas komitmen kontraktualnya dengan Otoritas Pelabuhan Filipina (PPA).
“Salah satu proyek ICTSI adalah perluasan Dermaga 8 MICT dengan kedalaman desain 15 meter dan pembangunan area cadangan seluas 12 hektar. Proyek perluasan ini membawa tambahan kapasitas 200.000 TEU dan akan memungkinkan pelabuhan dapat disandari kapal 18.000 TEUs . Fase satu dari Berth 8, yang melibatkan pembangunan area cadangan, sudah selesai. Saat ini, perluasan fase 2 sedang menjalani pekerjaan persiapan,” kata Ms Esto.
Berth 8 akan menambah total 400 meter dermaga dan hingga 12 hektar area pekarangan secara bertahap. Bersamaan dengan peralatan pelabuhan, perluasan diperkirakan menelan biaya PHP15 miliar (US$273 juta) dengan kedalaman 13,5 meter hingga kedalaman 15 meter.
Sementara itu, Wakil presiden ICTSI Christian Gonzalez mengatakan hal ini memungkinkan MICT untuk tetap terdepan dalam memenuhi permintaan dan mengatasi volume yang terus meningkat. “Berth 8 akan menjadi pengubah permainan karena akan meningkatkan kemampuan pelabuhan Manila ke tingkat yang sama sekali baru dengan kemampuan untuk menangani kapal yang lebih besar dan volume tambahan yang menyertainya,” katanya.
“ICTSI tidak secara khusus diwajibkan berdasarkan kontraknya dengan PPA untuk membangun Berth 8. Kami melakukannya untuk menjadi lebih kompetitif dalam menghadapi peningkatan perdagangan global. Membangun tempat berlabuh lain untuk meningkatkan kemampuan terminal kami adalah salah satu cara untuk menghormati komitmen tersebut,” kata Mr. Gonzalez.
Pembangunan penuh, termasuk Dermaga 6 dan 7, dan digabungkan dengan Dermaga 1 hingga 5 sepanjang 1.300 meter, akan memberi MICT total panjang dermaga 2.300 meter dan memperluas dermaga MICT dan kapasitas total masing-masing sebesar 21 dan 25 persen.
Dermaga 6 dan 7 dapat menampung kapal neopanamax dengan kapasitas maksimum hingga 15.500 TEU. Dua tempat berlabuh saat ini dilengkapi dengan lima derek dermaga tetapi dirancang untuk beroperasi dengan enam derek. Quay crane keenam dijadwalkan untuk dikirim pada Juli 2023, bersama dengan dua quay crane lainnya untuk Berth 4. Setelah selesai, Berth 8 akan dilengkapi dengan setidaknya empat quay crane, dua di antaranya akan dikirimkan pada tahun 2025. (**/scn)