• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Sunday, March 26, 2023
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Laba OOCL Naik 40%, Jadi US$ 10 M

    Laba OOCL Naik 40%, Jadi US$ 10 M

    46 Kontainer MSC Hilang, Kok Bisa Ya..

    46 Kontainer MSC Hilang, Kok Bisa Ya..

    Hapag Lloyd, Ingatkan Prospek Industri Petikemas

    Hapag Lloyd, Ingatkan Prospek Industri Petikemas

    Laba Samudera Shipping Naik Sekitar 150%

    Laba Samudera Shipping Naik Sekitar 150%

    Auto Collection di Panjang & Priok Dikeluhkan Keagenan Kapal, Kenapa..

    Auto Collection di Panjang & Priok Dikeluhkan Keagenan Kapal, Kenapa..

    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

  • Port
    TPK Koja Investasi Alat, Untuk Tingkatkan..

    TPK Koja Investasi Alat, Untuk Tingkatkan..

    Februari, Throughput Pelabuhan Long Beach & LA Turun

    Februari, Throughput Pelabuhan Long Beach & LA Turun

    Di Teluk Lamong, David Akan Fokus Dua Hal..

    Di Teluk Lamong, David Akan Fokus Dua Hal..

    Nilam Dimata Saut Gurning & Meratus, Seperti Apa..

    Nilam Dimata Saut Gurning & Meratus, Seperti Apa..

    TPK Nilam Kian Moncer, Ini Sebabnya..

    TPK Nilam Kian Moncer, Ini Sebabnya..

    Gubernur Kalbar Akan Tolak Jika Kijing Dilengkapi Crane Bekas

    Gubernur Kalbar Akan Tolak Jika Kijing Dilengkapi Crane Bekas

    Hadapi Persaingan, TPK Koja Siapkan Rp 803 M Untuk Beli Alat Baru

    Hadapi Persaingan, TPK Koja Siapkan Rp 803 M Untuk Beli Alat Baru

    ICTSI Filipina Bukukan Laba US$618,46 Juta

    ICTSI Filipina Bukukan Laba US$618,46 Juta

    Luncurkan TBS, Ekspor Impor di JICT Bisa Efisien

    Luncurkan TBS, Ekspor Impor di JICT Bisa Efisien

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    BICT

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPS SURABAYA

    TPK KOJA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Laba OOCL Naik 40%, Jadi US$ 10 M

    Laba OOCL Naik 40%, Jadi US$ 10 M

    46 Kontainer MSC Hilang, Kok Bisa Ya..

    46 Kontainer MSC Hilang, Kok Bisa Ya..

    Hapag Lloyd, Ingatkan Prospek Industri Petikemas

    Hapag Lloyd, Ingatkan Prospek Industri Petikemas

    Laba Samudera Shipping Naik Sekitar 150%

    Laba Samudera Shipping Naik Sekitar 150%

    Auto Collection di Panjang & Priok Dikeluhkan Keagenan Kapal, Kenapa..

    Auto Collection di Panjang & Priok Dikeluhkan Keagenan Kapal, Kenapa..

    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

  • Port
    TPK Koja Investasi Alat, Untuk Tingkatkan..

    TPK Koja Investasi Alat, Untuk Tingkatkan..

    Februari, Throughput Pelabuhan Long Beach & LA Turun

    Februari, Throughput Pelabuhan Long Beach & LA Turun

    Di Teluk Lamong, David Akan Fokus Dua Hal..

    Di Teluk Lamong, David Akan Fokus Dua Hal..

    Nilam Dimata Saut Gurning & Meratus, Seperti Apa..

    Nilam Dimata Saut Gurning & Meratus, Seperti Apa..

    TPK Nilam Kian Moncer, Ini Sebabnya..

    TPK Nilam Kian Moncer, Ini Sebabnya..

    Gubernur Kalbar Akan Tolak Jika Kijing Dilengkapi Crane Bekas

    Gubernur Kalbar Akan Tolak Jika Kijing Dilengkapi Crane Bekas

    Hadapi Persaingan, TPK Koja Siapkan Rp 803 M Untuk Beli Alat Baru

    Hadapi Persaingan, TPK Koja Siapkan Rp 803 M Untuk Beli Alat Baru

    ICTSI Filipina Bukukan Laba US$618,46 Juta

    ICTSI Filipina Bukukan Laba US$618,46 Juta

    Luncurkan TBS, Ekspor Impor di JICT Bisa Efisien

    Luncurkan TBS, Ekspor Impor di JICT Bisa Efisien

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    BICT

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPS SURABAYA

    TPK KOJA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

GINSI Protes, PTP Kenakan Denda SPPB Tak Logis

oceanweek by oceanweek
March 17, 2023
in Berita Lain, Uncategorized
GINSI Protes, PTP Kenakan Denda SPPB Tak Logis
342
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

GINSI melayangkan protes dan keberatannya kepada PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) atas denda penumpukan di PBM Batuta yang nilainya hingga puluhan juta rupiah.

Karena itu, GINSI mengirim surat kepada Dirut PT PTP, tertanggal 17 Maret 2023 yang ditandatangani oleh Capt. Subandi, Ketua Umum GINSI.

“Kami Ginsi meminta agar kebijakan yang sangat merugikan dan menimbulkan biaya logistik yang tinggi harus di hapuskan dan jangan diberi ruang dipelabuhan Tanjung Priok khususnya dan pelabuhan-pelabuhan seluruh Indonesia,” ujar Capt. Subandi, kepada Ocean Week, Jumat (17/3), di Jakarta.

Capt. Subandi menceritakan bahwa kejadian dan kronologisnya berawal pada waktu MV.Sheng Ping Hai Voy.103651 sandar di dermaga 201 dan akan Bongkar Muat Cargo nya ditangani oleh PBM Batuta.

Kata Subandi, pemilik barang telah mengantongi SPPB tanggal 02 Maret 2023.

Informasi dari Agen dan PBM yang akan menangani kapal akan disandarkan tanggal 02 Maret 2023 sore.

Karena informasinya kapal tersebut sandar tanggal yang sama dengan SPPB, maka pemilik barang menyiapkan armada truck untuk mengangkut dari pelabuhan ke gudang miliknya.

Ternyata, ungkapnya, kapal tidak jadi di sandarkan dan baru sandar di dermaga 201 tanggal 05 Maret 2023.

Ternyata cargo yang dimaksud baru di bongkar tanggal 8 Maret 2023 sekitar jam 21.30 wib.

“Seharusnya pemilik barang mendapat insentif ataupun fasilitas karena Pelindo/PBM tidak bisa memenuhi rencananya sebagaimana yang sering diperoleh penumpang pesawat saat delay. Namun ironinya, bukanya Pelindo/PBM memberi semacam insentif malah sebaliknya mendenda pemilik barang dikarenakan Penumpukan melewati tanggal diterbitkannya SPPB oleh Bea Cukai,” katanya.

Menurut Subandi, dendanya tidak tanggung tanggung, sebesar Rp. 70.267.500. (sesuai performa invoice yang dikeluarkan PBM). Denda tersebut mengacu pada Keputusan Direksi No.HK.56 2011 Tentang pedoman pelayanan jasa barang di lingkungan pelabuhan Tanjung Priok.

Adanya kebijakan tersebut, jelas Subandi, diiyakan oleh Direksi PTP. “Ini kebijakan yang tidak logis dan sangat aneh mengingat penyandaran dan pembongkaran cargo di terminal non petikemas sangat tergantung cuaca hujan dan kecepatan bongkar muat. Untuk itu kami berharap Bea Cukai Tg.Priok, Otoritas Pelabuhan, Stranas PK, Ombudsmen dan KPPU ikut menyoroti praktik seperti ini,” katanya panjang lebar.

Subandi menyampaikan bahwa jangan sampai percepatan layanan pengurusan dokumen kepabeanan untuk kelancaran arus barang justru dimanfaatkan oleh Pelindo jadi hukuman (Penalty).

Sekali lagi Ginsi meminta agar kebijakan yang sangat merugikan dan menimbulkan biaya logistik tinggi dihapuskan dari pelabuhan Priok, serta pelabuhan di Indonesia. (**)

Previous Post

BICT

Next Post

Kapal di Priok Diuji Kelaikannya, Persiapan Angkutan Lebaran

Next Post
Kapal di Priok Diuji Kelaikannya, Persiapan Angkutan Lebaran

Kapal di Priok Diuji Kelaikannya, Persiapan Angkutan Lebaran

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3252 shares
    Share 1301 Tweet 813
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    1617 shares
    Share 647 Tweet 404
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1443 shares
    Share 577 Tweet 361
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1430 shares
    Share 572 Tweet 358
  • Mulai Agustus, Kapal Tak Ada AIS Kena Sangsi

    1231 shares
    Share 492 Tweet 308

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Humpuss Beli Tug Boat Rp 84 Miliar

Humpuss Beli Tug Boat Rp 84 Miliar

March 25, 2023
TPK Koja Investasi Alat, Untuk Tingkatkan..

TPK Koja Investasi Alat, Untuk Tingkatkan..

March 25, 2023

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In