• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Thursday, February 2, 2023
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Maersk : Tetapkan Tanggal Akhir Pengiriman Bahan Bakar Fosil

    Pelayaran Raksasa MSC Kalahkan Maersk..

    Atas Dukungan INSA, Kata PLN Stok Batubara di PLTU Aman

    Atas Dukungan INSA, Kata PLN Stok Batubara di PLTU Aman

    Guangzhou Port Investasi $ 1 Miliar Untuk Bangun Dermaga Baru

    Matinya Operator Kapal Kecil Jalur Perdagangan Dunia

    CMA CGM Beli 2 Terminal Peti Kemas AS

    CMA CGM Beli 2 Terminal Peti Kemas AS

    OOCL Pesan 7 Kapal Baru 24.000 TEU

    Angkutan Kontainer Beralih ke Kapal Besar, Karena..

    Kapal Pesiar Viking Mars Masuk Priok, Wisatawan Bisa ke TMII

    Kapal Pesiar Viking Mars Masuk Priok, Wisatawan Bisa ke TMII

    INSA Berharap KCN Dibuka Kembali

    Ancaman Resesi di 2023, Pebisnis Pelayaran Mesti Waspada

    Samudera Indonesia Akan Tambah 7 Kapal

    Samudera Indonesia Akan Tambah 7 Kapal

    Selama 9 Bulan, Laba Hapag Lloyd Capai US$ 13,8 M

    Selama 9 Bulan, Laba Hapag Lloyd Capai US$ 13,8 M

  • Port
    Patimban, Pelabuhan yang Bermimpi Saingi Priok

    Patimban, Pelabuhan yang Bermimpi Saingi Priok

    Kapal-kapal Besar Sudah Bisa Sandar di Terminal DABN

    Kapal-kapal Besar Sudah Bisa Sandar di Terminal DABN

    Perhubungan Pertanyakan Kenapa KCN Belum Buka Lagi Terminalnya

    Perhubungan Pertanyakan Kenapa KCN Belum Buka Lagi Terminalnya

    ADB Gelontorkan Dana Untuk Kembangkan Terminal Petikemas di India

    ADB Gelontorkan Dana Untuk Kembangkan Terminal Petikemas di India

    IPC TPK Torehkan Banyak Prestasi, Tangani 2,8 Juta TEUs Lebih

    IPC TPK Torehkan Banyak Prestasi, Tangani 2,8 Juta TEUs Lebih

    Tanjung Batu Gandeng Temas Port Kembangkan Pelabuhan

    Tanjung Batu Gandeng Temas Port Kembangkan Pelabuhan

    Pelabuhan Chabahar dan Masa Depannya..

    Pelabuhan Chabahar dan Masa Depannya..

    Throughput Pelabuhan Tianjin Lampaui 21 Juta TEUs

    Throughput Pelabuhan Tianjin Lampaui 21 Juta TEUs

    ICTSI Perluas Dermaga, Kapal 18.000 TEUs Bisa Dilayani

    ICTSI Perluas Dermaga, Kapal 18.000 TEUs Bisa Dilayani

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Galangan Yangzijiang Teken Kontrak Pembuatan 22 Kapal Baru

    Galangan Yangzijiang Teken Kontrak Pembuatan 22 Kapal Baru

    Walkot Restui Jika Pelni Bangun Galangan di Bau-bau

    Walkot Restui Jika Pelni Bangun Galangan di Bau-bau

    Industri Perkapalan Berperan Mewujudkan RI Sebagai Poros Maritim

    Industri Perkapalan Berperan Mewujudkan RI Sebagai Poros Maritim

    Kemampuan Membangun Kapal Selam Sangat Penting

    Kemampuan Membangun Kapal Selam Sangat Penting

    Kemenperin Siap Pasok SDM Dukung Industri Galangan Kapal

    Kemenperin Siap Pasok SDM Dukung Industri Galangan Kapal

    BKI-PAL MoU Untuk Kemajuan Industri Maritim Nasional

    BKI-PAL MoU Untuk Kemajuan Industri Maritim Nasional

    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT. MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT. PRIMA NUR PANURJWAN

    BICT

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Maersk : Tetapkan Tanggal Akhir Pengiriman Bahan Bakar Fosil

    Pelayaran Raksasa MSC Kalahkan Maersk..

    Atas Dukungan INSA, Kata PLN Stok Batubara di PLTU Aman

    Atas Dukungan INSA, Kata PLN Stok Batubara di PLTU Aman

    Guangzhou Port Investasi $ 1 Miliar Untuk Bangun Dermaga Baru

    Matinya Operator Kapal Kecil Jalur Perdagangan Dunia

    CMA CGM Beli 2 Terminal Peti Kemas AS

    CMA CGM Beli 2 Terminal Peti Kemas AS

    OOCL Pesan 7 Kapal Baru 24.000 TEU

    Angkutan Kontainer Beralih ke Kapal Besar, Karena..

    Kapal Pesiar Viking Mars Masuk Priok, Wisatawan Bisa ke TMII

    Kapal Pesiar Viking Mars Masuk Priok, Wisatawan Bisa ke TMII

    INSA Berharap KCN Dibuka Kembali

    Ancaman Resesi di 2023, Pebisnis Pelayaran Mesti Waspada

    Samudera Indonesia Akan Tambah 7 Kapal

    Samudera Indonesia Akan Tambah 7 Kapal

    Selama 9 Bulan, Laba Hapag Lloyd Capai US$ 13,8 M

    Selama 9 Bulan, Laba Hapag Lloyd Capai US$ 13,8 M

  • Port
    Patimban, Pelabuhan yang Bermimpi Saingi Priok

    Patimban, Pelabuhan yang Bermimpi Saingi Priok

    Kapal-kapal Besar Sudah Bisa Sandar di Terminal DABN

    Kapal-kapal Besar Sudah Bisa Sandar di Terminal DABN

    Perhubungan Pertanyakan Kenapa KCN Belum Buka Lagi Terminalnya

    Perhubungan Pertanyakan Kenapa KCN Belum Buka Lagi Terminalnya

    ADB Gelontorkan Dana Untuk Kembangkan Terminal Petikemas di India

    ADB Gelontorkan Dana Untuk Kembangkan Terminal Petikemas di India

    IPC TPK Torehkan Banyak Prestasi, Tangani 2,8 Juta TEUs Lebih

    IPC TPK Torehkan Banyak Prestasi, Tangani 2,8 Juta TEUs Lebih

    Tanjung Batu Gandeng Temas Port Kembangkan Pelabuhan

    Tanjung Batu Gandeng Temas Port Kembangkan Pelabuhan

    Pelabuhan Chabahar dan Masa Depannya..

    Pelabuhan Chabahar dan Masa Depannya..

    Throughput Pelabuhan Tianjin Lampaui 21 Juta TEUs

    Throughput Pelabuhan Tianjin Lampaui 21 Juta TEUs

    ICTSI Perluas Dermaga, Kapal 18.000 TEUs Bisa Dilayani

    ICTSI Perluas Dermaga, Kapal 18.000 TEUs Bisa Dilayani

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Galangan Yangzijiang Teken Kontrak Pembuatan 22 Kapal Baru

    Galangan Yangzijiang Teken Kontrak Pembuatan 22 Kapal Baru

    Walkot Restui Jika Pelni Bangun Galangan di Bau-bau

    Walkot Restui Jika Pelni Bangun Galangan di Bau-bau

    Industri Perkapalan Berperan Mewujudkan RI Sebagai Poros Maritim

    Industri Perkapalan Berperan Mewujudkan RI Sebagai Poros Maritim

    Kemampuan Membangun Kapal Selam Sangat Penting

    Kemampuan Membangun Kapal Selam Sangat Penting

    Kemenperin Siap Pasok SDM Dukung Industri Galangan Kapal

    Kemenperin Siap Pasok SDM Dukung Industri Galangan Kapal

    BKI-PAL MoU Untuk Kemajuan Industri Maritim Nasional

    BKI-PAL MoU Untuk Kemajuan Industri Maritim Nasional

    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT. MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT. PRIMA NUR PANURJWAN

    BICT

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Gapasdap, Perlu Evaluasi Macet di Merak Saat Lebaran Karena…

oceanweek by oceanweek
May 18, 2022
in Berita Lain, Uncategorized
Gapasdap, Perlu Evaluasi Macet di Merak Saat Lebaran Karena…
347
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Gabungan perusahaan angkutan sungai danau dan penyeberangan (Gapasdap) menyatakan permintaan maaf kepada masyarakat pengguna jasa kapal penyeberangan dari pulau Jawa ke Sumatera, khususnya Merak-Bakauheni dan sebaliknya, saat arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2022 lalu.

“Kami mohon maaf atas ketidak nyamanan yang dialami oleh masyarakat yang hendak menyeberang dari Merak-Bakauheni saat angkutan lebaran tahun 2022 di pelabuhan yang macet parah dari H-5 s/d H-1,” kata Aminudin Rifai, Sekjen Gapasdap kepada Ocean Week, Rabu siang (18/5).

Menurut Aminudin, selama kurun waktu itu, rata-rata waktu tunggu pengguna jasa sekitar 10 jam-an. “Nah, disitu pasti ada yang tidak sesuai sistem nya sehingga terjadi kemacetan,” ungkapnya.

Indikator terjadinya kemacetan, kata Aminudin, disebabkan Aplikasi tiket on line ferizy sulit di akses oleh pengguna jasa, dan kontribusi muatan yang tidak seimbang. Hal ini dapat terlihat dari padat nya muatan kapal di dermaga eksekutif/dermaga kapal ekspress.

“Bisa jadi sosialisasi dari sistem tiket on line ini belum bisa secara umum tersampaikan ke pengguna jasa atau adanya kondisi usaha yang tidak sehat sehingga penumpukan terjadi hanya disisi dermaga eksekutif saja,” ungkapnya lagi.

Selain itu, ucapnya, karena adanya pemberlakuan dermaga eksekutif dimana lay out dermaga eksekutif di pelabuhan Merak bisa menghambat alur muatan yang akan ke dermaga reguler.

“Itu juga karena adanya pembatasan kapasitas muatan penumpang kapal oleh BPTD berdasarkan Surat Keselamatan Kapal Penumpang ( SKKP ) sehingga operator kapal merasa khawatir terhadap over load muatan karena tidak sesuai dengan SKKP,” katanya.

Untuk itu, Gapasdap berharap PT. ASDP harus merombak total sistem on line tiket ferizy tersebut, pembayaran nya harus praktis dengan cara e- money atau dibuka lagi loket-loket tiket di pelabuhan.

“Apabila pengelola pelabuhan tidak bisa merubah, maka Gapasdap segera membuat sistem tiket tersendiri dengan konsekuensi tidak memberikan kewenangan pengelola pelabuhan untuk melaksanakan tiket terpadu,” ujarnya.

Gapasdap juga meminta pemerintah (Kemenhub) mengevaluasi ulang keberadaan dermaga eksekutif dan kapal eksekutif, karena tidak ada keseimbangan pemberlakuan regulasi terhadap kapal-kapal swasta yang ada di dermaga reguler.

“Harus ditingkatkan koordinasi antar instansi ( regulator ) pada saat ada momentum peningkatan arus penumpang di lintas penyeberangan,” ucapnya menjelaskan panjang lebar.

Pengamatan Ocean Week bahwa kemacetan lalu lintas di Merak, karena selain akses jalan yang akan masuk ke pelabuhan Merak agak sempit, juga karena kendaraan yang hendak masuk ke dermaga eksekutif jika padat, akan mengganggu lalu lintas jalan. Apalagi kalau kapal belum merapat ke dermaga, antrean bisa sampai ke jalan raya. (***)

Previous Post

BICT

Next Post

Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

Next Post
Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3609 shares
    Share 1444 Tweet 902
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    2020 shares
    Share 808 Tweet 505
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1764 shares
    Share 706 Tweet 441
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1643 shares
    Share 657 Tweet 411
  • Imbas BBM Naik, Ongkos Truk Angkut Kontainer Naik 25%

    1380 shares
    Share 552 Tweet 345

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Pengurus APBMI Marunda ke DPW, Diminta Lengkapi Kepengurusan

Pengurus APBMI Marunda ke DPW, Diminta Lengkapi Kepengurusan

February 2, 2023

BICT

February 2, 2023

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In