• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Wednesday, June 29, 2022
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Pasar Petikemas Diperkirakan Normal di Paruh Kedua 2022

    Maersk Ungguli Cosco, Karena..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

    Hyundai Tangguhkan Pengiriman Timur Jauh, Kenapa ?

    Hyundai Tangguhkan Pengiriman Timur Jauh, Kenapa ?

  • Port
    Pelindo Resmi Kelola Pelabuhan Garongkong

    Pelindo Resmi Kelola Pelabuhan Garongkong

    Tarif Jasa Kepelabuhanan di Banten Naik, Pengguna Jasa Kok Diam Saja..

    Tarif Jasa Kepelabuhanan di Banten Naik, Pengguna Jasa Kok Diam Saja..

    Laba Rp 3,2 Triliun, Pelindo Fokus Transformasi Operasional

    Laba Rp 3,2 Triliun, Pelindo Fokus Transformasi Operasional

    Evaluasi Inaportnet SPS dan Sosialisasi PM 8 di Pelabuhan Makassar, Kata Hermanta ..

    Evaluasi Inaportnet SPS dan Sosialisasi PM 8 di Pelabuhan Makassar, Kata Hermanta ..

    713 Kontainer Terdampak Banjir Tanjung Emas, Bagaimana Nasibnya..

    Tanjung Emas Kembali Banjir, INSA Nanyain Kapan Kondisi Ini Berakhir

    Dermaga Pangkal Balam Rusak Parah, Pelindo Tak Peduli..

    Dermaga Pangkal Balam Rusak Parah, Pelindo Tak Peduli..

    KBN Siapkan Rp 33 M, Marunda Nasibmu Kedepan Bagaimana?

    KBN Siapkan Rp 33 M, Marunda Nasibmu Kedepan Bagaimana?

    TBS Ramai Diomongin, Driver Truk & Cargo Owner Dipertanyakan Kesiapannya

    TBS Ramai Diomongin, Driver Truk & Cargo Owner Dipertanyakan Kesiapannya

    Kinerja Pelindo Regional 4 Meningkat Tajam

    Kinerja Pelindo Regional 4 Meningkat Tajam

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    BICT

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Pasar Petikemas Diperkirakan Normal di Paruh Kedua 2022

    Maersk Ungguli Cosco, Karena..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

    Hyundai Tangguhkan Pengiriman Timur Jauh, Kenapa ?

    Hyundai Tangguhkan Pengiriman Timur Jauh, Kenapa ?

  • Port
    Pelindo Resmi Kelola Pelabuhan Garongkong

    Pelindo Resmi Kelola Pelabuhan Garongkong

    Tarif Jasa Kepelabuhanan di Banten Naik, Pengguna Jasa Kok Diam Saja..

    Tarif Jasa Kepelabuhanan di Banten Naik, Pengguna Jasa Kok Diam Saja..

    Laba Rp 3,2 Triliun, Pelindo Fokus Transformasi Operasional

    Laba Rp 3,2 Triliun, Pelindo Fokus Transformasi Operasional

    Evaluasi Inaportnet SPS dan Sosialisasi PM 8 di Pelabuhan Makassar, Kata Hermanta ..

    Evaluasi Inaportnet SPS dan Sosialisasi PM 8 di Pelabuhan Makassar, Kata Hermanta ..

    713 Kontainer Terdampak Banjir Tanjung Emas, Bagaimana Nasibnya..

    Tanjung Emas Kembali Banjir, INSA Nanyain Kapan Kondisi Ini Berakhir

    Dermaga Pangkal Balam Rusak Parah, Pelindo Tak Peduli..

    Dermaga Pangkal Balam Rusak Parah, Pelindo Tak Peduli..

    KBN Siapkan Rp 33 M, Marunda Nasibmu Kedepan Bagaimana?

    KBN Siapkan Rp 33 M, Marunda Nasibmu Kedepan Bagaimana?

    TBS Ramai Diomongin, Driver Truk & Cargo Owner Dipertanyakan Kesiapannya

    TBS Ramai Diomongin, Driver Truk & Cargo Owner Dipertanyakan Kesiapannya

    Kinerja Pelindo Regional 4 Meningkat Tajam

    Kinerja Pelindo Regional 4 Meningkat Tajam

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    BICT

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Kontainer

Dunia Kenal RI Lewat JICT, Makanya Harus..

oceanweek by oceanweek
June 22, 2022
in Kontainer, Uncategorized
Meme: Batubara Yang Memenuhi 100% DMO Boleh Ekspor Lagi
379
SHARES
2.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Ketua Umum DPP INSA Carmelita Hartoto mengapresiasi positif terhadap kinerja PT Jakarta International Container Terminal (JICT) yang terus bertumbuh.

Bahkan tahun 2021 lalu, terminal yang pada Rabu (22/6) kemarin resmi mengoperasikan 2 Quay Container Crane (QCC) mampu mencatatkan throughput 2 juta lebih.

“Ini merupakan pertumbuhan positif bagi sebuah terminal internasional di tengah kondisi tekanan ekonomi dunia akibat covid dan kondisi politik dan keamanan dunia. Karena itu patut kita apresiasi, bahwa JICT juga telah mampu melayani banyak kapal besar internasional, seperti kapal milik CMA-CGM, hingga yang terbaru ada kapal milik Alibaba Group yang juga sandar di dermaga JICT,” kata Carmelita Hartoto kepada Ocean Week, Rabu malam.

Menurut Meme (panggilan akrabnya), berdasarkan fakta tersebut, dia menilai jika JICT merupakan wajah Indonesia di mata dunia.

“Sebagai terminal internasional yang beroperasi di pelabuhan Tanjung Priok, JICT menjadi tempat pertama dunia mengenal Indonesia. Dunia akan melihat Indonesia melalui JICT. Maka tidak berlebihan jika JICT sangat disorot, karena memang kita semua memiliki harapan yang tinggi terhadap JICT,” ungkapnya memuji.

Untuk itu, kata Ketua INSA ini, dengan bertambahnya Crane baru (2 QCC) yang sudah mulai dioperasikan menjadi salah satu usaha nyata untuk meningkatkan produktivitas bongkar muat JICT.

“Dunia telah berubah. Perkembangan teknologi telah mengubah pola konsumsi masyarakat, sehingga mau tidak mau perusahaan mengubah cara kerjanya ke era digital. Terlebih di era pandemi  seperti sekarang, digitalisasi semakin cepat terjadi. Kita tidak menutup mata, bahwa JICT telah banyak mengubah layanannya untuk mengikuti kebutuhan pengguna jasa dengan system digital,” ucapnya.

Kata Meme, dalam beberapa tahun belakangan ini, JICT telah menerapkan system digital pelabuhan seperti e-billing, autogate, dan yang terbaru adalah JICT menerapkan sistem yang memudahkan trucking untuk melakukan booking sebelum berangkat ke terminal (JASforT), sehingga tidak terjadi kepadatan di terminal dan efisiensi bagi trucking.

Berfoto bersama usai peresmian QCC di JICT. (**)

“Sekali lagi, kita patut apresiasi segala usaha JICT dalam menerapkan inovasi digital di terminalnya demi menyederhanakan dan mempercepat proses keluar masuk peti kemas dengan lebih cepat dan andal,” jelasnya.

Namun, kata Carmelita, selain kecepatan pelayanan dan meningkatkan produktivitas, perlu juga menempatkan keamanan dan keselamatan kerja sebagai skala prioritas.

“Kita sering membaca atau mendengar adanya beberapa accident terjadi pada beberapa crane di terminal mancanegara karena tersenggol kapal yang sedang sandar. Semoga tidak terjadi di negara kita,” katanya.

Meme juga mengatakan wajar jika keselamatan dan keamanan menjadi sangat perlu mendapatkan perhatian karena tidak hanya menghambat pelayanan, tapi juga berdampak terhadap naiknya biaya logistic.

“Saya kira, selain meningkatkan hard infrastructure (seperti crane dan dermaga), kita semua selaku stakeholder perlu membangun soft infrastructure yakni peningkatan kapasitas manusia yang berorientasi pada pelayanan yang prima. Dengan begitu, keandalan infrastruktur di terminal diimbangi dengan kapasitas manusia yang mumpuni dan berintegritas. Sehingga akan ada peningkatan level pelayanan terminal bagi pengguna jasa,” katanya panjang lebar.

Ketua INSA ini berharap kedepan JICT bersama Pelindo bisa terus berkolaborasi dan bersinergi bersama INSA dan stakeholder kemaritiman lainnya untuk pemulihan perekonomian nasional. Karena di era ketidakpastian saat ini, tidak bisa lagi berjalan sendiri-sendiri dan mengedepankan ego, tapi mesti saling  bergandengan dan sering-sering duduk bersama untuk memecahkan permasalahan.

“INSA selalu siap kalau diajak mendiskusikan problematika yang terjadi di pelabuhan untuk kemudian dicari solusinya,” ujar Carmelita Hartoto.

Pada kesempatan peresmian operasional QCC, PT JICT juga memberikan apresiasi kepada sejumlah pelayaran pengguna jasanya. Mereka antara lain, CMA CGM, Cosco, KMTC Line, Sinokor, wan Han Line, Heung A line, Hyunday, SITC, Yang Ming Line, ONE, OOCL, Gold Star, Ben Line, Meratus, Tresnamuda Sejati, Caraka Tirta Perkasa line, IFL, Tanto, Samudera Indonesia, SPIL, dan LKA. (***)

Previous Post

Proyek Pengembangan Patimban Ditawarkan Saat Menhub ke Jepang

Next Post

DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

Next Post

DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3426 shares
    Share 1370 Tweet 857
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    1965 shares
    Share 786 Tweet 491
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1677 shares
    Share 671 Tweet 419
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1573 shares
    Share 629 Tweet 393
  • Mulai Agustus, Kapal Tak Ada AIS Kena Sangsi

    1270 shares
    Share 508 Tweet 318

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

NPCT2, Kapan Selesai Dibangun Ya?

Akhirnya Alimudin Buka Suara, Jika Terpilih Akan..

June 29, 2022

PT MUSTIKA ALAM LESTARI

June 29, 2022

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In