Perusahaan Pengiriman Mediterania (MSC) mengatakan tidak dapat lagi meyakinkan pengirim bahwa kontainer dapat dibuang di pelabuhan yang ditunjuk karena pembatasan Covid di Shanghai.
Sementara itu CMA CGM mengatakan bahwa faktor-faktor tersebut memiliki dampak besar pada kargo impor saat waktu pengambilan karena lebih lambat secara drastis. “Untuk mencegah situasi potensial di mana pada menit terakhir pengiriman reefer Anda ditolak karena kapasitas colokan terbatas, sangat disarankan agar pemilik kargo mengantisipasi potensi masalah dan mengidentifikasi opsi rute ulang,” kata pihak CMA CGM.
MSC mengatakan memahami bahwa kargo mungkin sensitif terhadap waktu dan bahwa penundaan pelepasan dapat menyebabkan kerusakan pada kargo.
Karena Covid di Shanghai, pelabuhan mengalami banyak kemacetan, yang mengakibatkan rendahnya atau, terkadang, tidak tersedianya colokan untuk kontainer reefer.
MSC tidak dapat membuang kontainer reefer di pelabuhan yang ditunjuk jika tidak ada sumber listrik yang tersedia.
“Jika Anda ingin menyarankan Change of Destination (COD), kami mengundang Anda untuk mengkomunikasikannya sesegera mungkin. Biaya COD akan berlaku selain biaya operasional yang dikeluarkan,” demikian pernyataan MSC.
“Jika Anda gagal memberi tahu kami tentang COD dalam tujuh hari ke depan, MSC tidak akan memiliki pilihan selain menerapkan klausul 19 dari Syarat dan Ketentuan Bill of Lading dan Sea Waybill kami,” katanya.

Berdasarkan klausul 19 peti kemas reefer Anda dapat dibongkar di pelabuhan perantara atau alternatif dan ditahan di sana sampai memungkinkan untuk meneruskannya ke pelabuhan pembongkaran yang ditunjuk. Atau, jika situasinya tidak membaik, mungkin perlu ditinggalkan perjalanan dan memberi tahu Anda dari mana kontainer Anda dapat dikumpulkan,” lanjut MSC.
“Harap dicatat bahwa dalam kedua kasus tersebut MSC berhak untuk membebankan biaya tambahan kepada pedagang dan biaya termasuk namun tidak terbatas pada transshipment tambahan, penyimpanan, demurrage dan plugging.
Setelah kami mengeluarkan peti kemas di pelabuhan alternatif, MSC akan menerapkan US$150/ biaya penyimpanan hari mulai dari hari keenam setelah pembongkaran hingga pengambilan atau pengangkutan,” kata MSC.
Namun CMA CGM akan membebaskan biaya administrasi perubahan tujuan (COD) bagi pelanggan yang memutuskan untuk COD reefer inbound dari Shanghai ke pelabuhan alternatif lainnya.
CMA CGM berkata:, Saat kami mencoba yang terbaik untuk melindungi kargo Anda, harap perhatikan bahwa jika pengiriman impor reefer Anda gagal untuk dibongkar saat tiba di Shanghai, kami dapat mengalihkan kargo ke pelabuhan transshipment alternatif untuk penyimpanan sementara sebelum pengiriman kembali ke Shanghai ketika situasi memungkinkan.
Dalam kasus seperti itu, mungkin ada biaya tambahan yang dikeluarkan pada rekening penerima dan dibayarkan pada saat pengiriman. (**/scn)