• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Thursday, February 2, 2023
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Maersk : Tetapkan Tanggal Akhir Pengiriman Bahan Bakar Fosil

    Pelayaran Raksasa MSC Kalahkan Maersk..

    Atas Dukungan INSA, Kata PLN Stok Batubara di PLTU Aman

    Atas Dukungan INSA, Kata PLN Stok Batubara di PLTU Aman

    Guangzhou Port Investasi $ 1 Miliar Untuk Bangun Dermaga Baru

    Matinya Operator Kapal Kecil Jalur Perdagangan Dunia

    CMA CGM Beli 2 Terminal Peti Kemas AS

    CMA CGM Beli 2 Terminal Peti Kemas AS

    OOCL Pesan 7 Kapal Baru 24.000 TEU

    Angkutan Kontainer Beralih ke Kapal Besar, Karena..

    Kapal Pesiar Viking Mars Masuk Priok, Wisatawan Bisa ke TMII

    Kapal Pesiar Viking Mars Masuk Priok, Wisatawan Bisa ke TMII

    INSA Berharap KCN Dibuka Kembali

    Ancaman Resesi di 2023, Pebisnis Pelayaran Mesti Waspada

    Samudera Indonesia Akan Tambah 7 Kapal

    Samudera Indonesia Akan Tambah 7 Kapal

    Selama 9 Bulan, Laba Hapag Lloyd Capai US$ 13,8 M

    Selama 9 Bulan, Laba Hapag Lloyd Capai US$ 13,8 M

  • Port
    Patimban, Pelabuhan yang Bermimpi Saingi Priok

    Patimban, Pelabuhan yang Bermimpi Saingi Priok

    Kapal-kapal Besar Sudah Bisa Sandar di Terminal DABN

    Kapal-kapal Besar Sudah Bisa Sandar di Terminal DABN

    Perhubungan Pertanyakan Kenapa KCN Belum Buka Lagi Terminalnya

    Perhubungan Pertanyakan Kenapa KCN Belum Buka Lagi Terminalnya

    ADB Gelontorkan Dana Untuk Kembangkan Terminal Petikemas di India

    ADB Gelontorkan Dana Untuk Kembangkan Terminal Petikemas di India

    IPC TPK Torehkan Banyak Prestasi, Tangani 2,8 Juta TEUs Lebih

    IPC TPK Torehkan Banyak Prestasi, Tangani 2,8 Juta TEUs Lebih

    Tanjung Batu Gandeng Temas Port Kembangkan Pelabuhan

    Tanjung Batu Gandeng Temas Port Kembangkan Pelabuhan

    Pelabuhan Chabahar dan Masa Depannya..

    Pelabuhan Chabahar dan Masa Depannya..

    Throughput Pelabuhan Tianjin Lampaui 21 Juta TEUs

    Throughput Pelabuhan Tianjin Lampaui 21 Juta TEUs

    ICTSI Perluas Dermaga, Kapal 18.000 TEUs Bisa Dilayani

    ICTSI Perluas Dermaga, Kapal 18.000 TEUs Bisa Dilayani

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Galangan Yangzijiang Teken Kontrak Pembuatan 22 Kapal Baru

    Galangan Yangzijiang Teken Kontrak Pembuatan 22 Kapal Baru

    Walkot Restui Jika Pelni Bangun Galangan di Bau-bau

    Walkot Restui Jika Pelni Bangun Galangan di Bau-bau

    Industri Perkapalan Berperan Mewujudkan RI Sebagai Poros Maritim

    Industri Perkapalan Berperan Mewujudkan RI Sebagai Poros Maritim

    Kemampuan Membangun Kapal Selam Sangat Penting

    Kemampuan Membangun Kapal Selam Sangat Penting

    Kemenperin Siap Pasok SDM Dukung Industri Galangan Kapal

    Kemenperin Siap Pasok SDM Dukung Industri Galangan Kapal

    BKI-PAL MoU Untuk Kemajuan Industri Maritim Nasional

    BKI-PAL MoU Untuk Kemajuan Industri Maritim Nasional

    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT. MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT. PRIMA NUR PANURJWAN

    BICT

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Maersk : Tetapkan Tanggal Akhir Pengiriman Bahan Bakar Fosil

    Pelayaran Raksasa MSC Kalahkan Maersk..

    Atas Dukungan INSA, Kata PLN Stok Batubara di PLTU Aman

    Atas Dukungan INSA, Kata PLN Stok Batubara di PLTU Aman

    Guangzhou Port Investasi $ 1 Miliar Untuk Bangun Dermaga Baru

    Matinya Operator Kapal Kecil Jalur Perdagangan Dunia

    CMA CGM Beli 2 Terminal Peti Kemas AS

    CMA CGM Beli 2 Terminal Peti Kemas AS

    OOCL Pesan 7 Kapal Baru 24.000 TEU

    Angkutan Kontainer Beralih ke Kapal Besar, Karena..

    Kapal Pesiar Viking Mars Masuk Priok, Wisatawan Bisa ke TMII

    Kapal Pesiar Viking Mars Masuk Priok, Wisatawan Bisa ke TMII

    INSA Berharap KCN Dibuka Kembali

    Ancaman Resesi di 2023, Pebisnis Pelayaran Mesti Waspada

    Samudera Indonesia Akan Tambah 7 Kapal

    Samudera Indonesia Akan Tambah 7 Kapal

    Selama 9 Bulan, Laba Hapag Lloyd Capai US$ 13,8 M

    Selama 9 Bulan, Laba Hapag Lloyd Capai US$ 13,8 M

  • Port
    Patimban, Pelabuhan yang Bermimpi Saingi Priok

    Patimban, Pelabuhan yang Bermimpi Saingi Priok

    Kapal-kapal Besar Sudah Bisa Sandar di Terminal DABN

    Kapal-kapal Besar Sudah Bisa Sandar di Terminal DABN

    Perhubungan Pertanyakan Kenapa KCN Belum Buka Lagi Terminalnya

    Perhubungan Pertanyakan Kenapa KCN Belum Buka Lagi Terminalnya

    ADB Gelontorkan Dana Untuk Kembangkan Terminal Petikemas di India

    ADB Gelontorkan Dana Untuk Kembangkan Terminal Petikemas di India

    IPC TPK Torehkan Banyak Prestasi, Tangani 2,8 Juta TEUs Lebih

    IPC TPK Torehkan Banyak Prestasi, Tangani 2,8 Juta TEUs Lebih

    Tanjung Batu Gandeng Temas Port Kembangkan Pelabuhan

    Tanjung Batu Gandeng Temas Port Kembangkan Pelabuhan

    Pelabuhan Chabahar dan Masa Depannya..

    Pelabuhan Chabahar dan Masa Depannya..

    Throughput Pelabuhan Tianjin Lampaui 21 Juta TEUs

    Throughput Pelabuhan Tianjin Lampaui 21 Juta TEUs

    ICTSI Perluas Dermaga, Kapal 18.000 TEUs Bisa Dilayani

    ICTSI Perluas Dermaga, Kapal 18.000 TEUs Bisa Dilayani

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Galangan Yangzijiang Teken Kontrak Pembuatan 22 Kapal Baru

    Galangan Yangzijiang Teken Kontrak Pembuatan 22 Kapal Baru

    Walkot Restui Jika Pelni Bangun Galangan di Bau-bau

    Walkot Restui Jika Pelni Bangun Galangan di Bau-bau

    Industri Perkapalan Berperan Mewujudkan RI Sebagai Poros Maritim

    Industri Perkapalan Berperan Mewujudkan RI Sebagai Poros Maritim

    Kemampuan Membangun Kapal Selam Sangat Penting

    Kemampuan Membangun Kapal Selam Sangat Penting

    Kemenperin Siap Pasok SDM Dukung Industri Galangan Kapal

    Kemenperin Siap Pasok SDM Dukung Industri Galangan Kapal

    BKI-PAL MoU Untuk Kemajuan Industri Maritim Nasional

    BKI-PAL MoU Untuk Kemajuan Industri Maritim Nasional

    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT. MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT. PRIMA NUR PANURJWAN

    BICT

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Shipping

Ancaman Resesi di 2023, Pebisnis Pelayaran Mesti Waspada

oceanweek by oceanweek
November 24, 2022
in Shipping, Uncategorized
INSA Berharap KCN Dibuka Kembali
358
SHARES
2.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Pelaku usaha pelayaran nasional optimistis dan tetap waspada menghadapi ancaman resesi global di tahun 2023.

Hal itu diungkapkan Carmelita Hartoto, Ketua Umum DPP INSA kepada pers, di Jakarta, Kamis (24/11).

“Seperti banyak sektor lainnya, industri pelayaran nasional tengah dihadapkan pada situasi yang sulit. Di tengah pemulihan setelah diterjang badai Covid-19, kini pelayaran nasional harus siap menghadapi ancaman resesi global di 2023,” ujarnya.

Menurut owner PT Andhika Line ini, resesi begitu membayangi ekonomi beberapa negara. Penyebabnya cukup kompleks, mulai dari perang Rusia-Ukraina yang memicu krisis pangan, energi dan finansial. “Sejalan hal tersebut, pengetatan kebijakan moneter di banyak negara untuk menjaga laju inflasi juga telah membuat resesi semakin nyata,” ungkapnya.

Namun begitu Carmelita tetap optimistis ekonomi nasional akan kuat menghadapi kondisi global. Hal ini seiring dengan proyeksi banyak lembaga terhadap ketahanan Indonesia hadapi situasi ekonomi tahun depan.

Seperti diketahui bahwa International Monetary Fund (IMF) dan Bank Dunia memproyeksikan ekonomi nasional tumbuh positif 5 dan 5,1 persen pada 2023, sedangkan Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan memproyeksikan ekonomi nasional tumbuh berkisar 4,6 hingga 5,3 persen pada 2023.

“Banyak lembaga memproyeksikan ekonomi nasional masih di jalur pertumbuhan positif di tahun depan. Tapi tetap kita harus memastikan bahwa daya beli masyarakat di dalam negeri terjaga baik, sehingga ekonomi di dalam negeri tetap kuat,” katanya.

Untuk itu, Carmelita menilai sektor pelayaran nasional tidak akan terlalu terdampak dari sentimen negatif kondisi ekonomi 2023.

Mungkin saja, sambungnya, jika terjadi penurunan kegiatan ekspor di tahun depan maka akan berdampak pada kegiatan kapal angkutan ekspor impor dan kapal feeder.

Namun begitu, hingga Oktober lalu nilai ekspor Indonesia masih tetap tumbuh positif.

BPS mencatat nilai ekspor Indonesia sepanjang Januari–Oktober 2022 mencapai US$244,14 miliar atau naik 30,97 persen dibanding periode yang sama tahun 2021. Sementara ekspor nonmigas mencapai US$230,62 miliar atau naik 30,61 persen.

Pada sektor angkutan kontainer di domestik masih akan tumbuh positif mengikuti pertumbuhan ekonomi nasional di tahun depan.

Salah satu kegiatan pelayaran. (**)

Pada sektor curah kering batu bara, masih akan tumbuh positif meski tidak secemerlang sebelumnya, seiring dengan kebutuhan batu bara di dalam negeri, begitu juga dengan kebutuhan ekspor. Kementerian ESDM menyebutkan, kebutuhan batu bara PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) sekitar 161,15 juta ton batu bara pada 2023 mendatang, atau meningkat dari 2022 yang mencapai 130 juta ton.

Adapun produksi batu bara pada 2023 ditargetkan bisa mencapai 694 juta ton. Di sisi lain, kebijakan hilirisasi sumber daya alam (SDA) yang tengah digenjot pemerintah juga sedikit banyak akan memberikan dampak terhadap angkutan curah kering.

Kebijakan hilirisasi SDA akan memberikan nilai tambah bagi ekspor Indonesia di masa mendatang, dan dari sisi pelayaran nasional di domestik, hilirisasi SDA ini juga menjadi peluang adanya peningkatan muatan karena adanya angkutan raw materials ke smelter.

Sementara itu, perdagangan minyak dunia mengalami peningkatan signifikan sebagai akibat dari pemulihan ekonomi selepas Covid-19.

Volume diperkirakan meningkat 3 persen pada 2022, walaupun masih sedikit lebih kecil dibandingkan sebelum Covid-19 yang mencapai 5 persen.

Tetapi dampak perang Rusia-Ukraina menyebabkan permintaan  rute perdagangan yang lebih panjang, yaitu 5 persen bahkan untuk produk kilang peningkatan nya mencapai 8 persen.

Pada tahu  2023, volume perdagangan minyak diperkirakan akan meningkat sebesar 2 persen, dengan potensi peningkatan ton mile akibat perubahan pola dan rute pedagangan sebesar 6 persen.

Dari sisi suplai, penambahan tonase tidak terlalu signifikan yang masih mencerminkan sentimen permintaan rendah karena Covid-19, serta perubahan persyaratan teknologi dan tingginya harga pembangunan kapal baru.

Walaupun kapal tertahan untuk diskrap karena tingkat market freight yang melonjak, penambahan tonase tidak berubah sinifikan.

Melihat kondisi seperti itu, tanker market tahun 2023 menunjukan kondisi yang cukup menjanjikan.

Untuk pasar domestik, kondisi market menunjukan gejala yang serupa.

Penggunaan B30 atau B40 juga memicu terjadinya penaikan jenis kapal angkutan cair (tanker) di domestik.

Meski begitu, penggunaan bahan bakar tersebut juga menjadi tantangan karena adanya penambahan biaya maintenance mesin kapal.

Pada jenis kapal offshore, masih akan tetap tumbuh meski tidak akan signifikan pada 2023. Karena belum ada tanda-tanda peningkatan kebutuhan kapal penunjang offshore.

Menurut Carmelita, pelayaran nasional juga lebih percaya diri dalam menghadapi sentimen global tahun depan, mengingat pelayaran telah banyak mengambil pelajaran dan berhasil melewati badai Covid-19.

Namun begitu, mewaspadai adanya penaikan biaya perawatan kapal karena fluktuasi nilai tukar rupiah, mengingat 70 persen komponen kapal masih impor.

“Jadi ancaman resesi pada 2023 mungkin akan berdampak bagi pelayaran nasional, tapi selama konsumsi domestik kita masih tumbuh, maka dampaknya tidak signifikan. Kita meski optimis, tapi harus bersikap waspada atas situasi ekonomi tahun depan,” ujar Carmelita. (***)

Previous Post

Per 23 Nov, Serapan Anggaran Kemenhub Capai 75,63%

Next Post

Sail Tidore 2022, Kapal Tatamailau Jadi Hotel Terapung

Next Post
Sail Tidore 2022, Kapal Tatamailau Jadi Hotel Terapung

Sail Tidore 2022, Kapal Tatamailau Jadi Hotel Terapung

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3609 shares
    Share 1444 Tweet 902
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    2020 shares
    Share 808 Tweet 505
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1764 shares
    Share 706 Tweet 441
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1643 shares
    Share 657 Tweet 411
  • Imbas BBM Naik, Ongkos Truk Angkut Kontainer Naik 25%

    1380 shares
    Share 552 Tweet 345

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Pengurus APBMI Marunda ke DPW, Diminta Lengkapi Kepengurusan

Pengurus APBMI Marunda ke DPW, Diminta Lengkapi Kepengurusan

February 2, 2023

BICT

February 2, 2023

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In