• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Friday, August 19, 2022
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Gold Star Line Layani Rute Asia Tenggara Lewat IPC TPK

    Gold Star Line Layani Rute Asia Tenggara Lewat IPC TPK

    Pasar Petikemas Diperkirakan Normal di Paruh Kedua 2022

    Maersk Ungguli Cosco, Karena..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

  • Port
    Pelabuhan King Abdulaziz Inginkan Perubahan

    Pelabuhan King Abdulaziz Inginkan Perubahan

    Selama 7 Bulan, Yantian Tangani 8 Juta TEUs Lebih

    Selama 7 Bulan, Yantian Tangani 8 Juta TEUs Lebih

    Tanjung Pelepas Tangani 1 Juta TEUs per Bulan

    Tanjung Pelepas Tangani 1 Juta TEUs per Bulan

    Jokowi Resmikan Pelabuhan Kijing, Investasinya Rp 2,9 T

    Jokowi Resmikan Pelabuhan Kijing, Investasinya Rp 2,9 T

    Rugi Besar, Pelaku Usaha Pertanyakan Kapan KCN Operasi Lagi

    Rugi Besar, Pelaku Usaha Pertanyakan Kapan KCN Operasi Lagi

    6 Bulan 2022, ICTSI Tangani 5,8 Juta TEUs

    6 Bulan 2022, ICTSI Tangani 5,8 Juta TEUs

    Target Pelabuhan SCN Kabil Tak Muluk-muluk

    Target Pelabuhan SCN Kabil Tak Muluk-muluk

    Tak Mudah Kembangkan Batu Ampar, Sebab..

    Tak Mudah Kembangkan Batu Ampar, Sebab..

    Wajah Batu Ampar Semrawut & Kumuh, Bagaimana Tuh..

    Wajah Batu Ampar Semrawut & Kumuh, Bagaimana Tuh..

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Gold Star Line Layani Rute Asia Tenggara Lewat IPC TPK

    Gold Star Line Layani Rute Asia Tenggara Lewat IPC TPK

    Pasar Petikemas Diperkirakan Normal di Paruh Kedua 2022

    Maersk Ungguli Cosco, Karena..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

  • Port
    Pelabuhan King Abdulaziz Inginkan Perubahan

    Pelabuhan King Abdulaziz Inginkan Perubahan

    Selama 7 Bulan, Yantian Tangani 8 Juta TEUs Lebih

    Selama 7 Bulan, Yantian Tangani 8 Juta TEUs Lebih

    Tanjung Pelepas Tangani 1 Juta TEUs per Bulan

    Tanjung Pelepas Tangani 1 Juta TEUs per Bulan

    Jokowi Resmikan Pelabuhan Kijing, Investasinya Rp 2,9 T

    Jokowi Resmikan Pelabuhan Kijing, Investasinya Rp 2,9 T

    Rugi Besar, Pelaku Usaha Pertanyakan Kapan KCN Operasi Lagi

    Rugi Besar, Pelaku Usaha Pertanyakan Kapan KCN Operasi Lagi

    6 Bulan 2022, ICTSI Tangani 5,8 Juta TEUs

    6 Bulan 2022, ICTSI Tangani 5,8 Juta TEUs

    Target Pelabuhan SCN Kabil Tak Muluk-muluk

    Target Pelabuhan SCN Kabil Tak Muluk-muluk

    Tak Mudah Kembangkan Batu Ampar, Sebab..

    Tak Mudah Kembangkan Batu Ampar, Sebab..

    Wajah Batu Ampar Semrawut & Kumuh, Bagaimana Tuh..

    Wajah Batu Ampar Semrawut & Kumuh, Bagaimana Tuh..

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Ada 4 Sektor di Pelabuhan Berpotensi Kebocoran, Apa Saja Ya..

oceanweek by oceanweek
November 17, 2021
in Berita Lain, Uncategorized
Ada 4 Sektor di Pelabuhan Berpotensi Kebocoran, Apa Saja Ya..
354
SHARES
2.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Banyak masalah di pelabuhan Tanjung Priok, pada Rabu (17/11) dibahas dalam acara coffee morning, bertempat di Museum Maritim, Jakarta Utara.

Hadir pada kesempatan ini, antara lain Kepala Syaubandar Tanjung Priok Andi Hartono, Kepala Bea Cukai Dwi Tri Wibowo, GM Pelindo Priok Silo Santoso, Kepala OP Priok Capt. Wisnu Handoko, Ketua ALFI Jakarta Adil Karim, ketua INSA Jaya Capt. Alimudin, ketua Aptrindo Jakarta Sudirman, serta pihak terminal petikemas, dan yang terkait.

Masalah yang diinformasikan antara lain mengenai belum berjalannya Single TID, masalah pengelolaan limbah B3, kemacetan, kekarantinaan, dan inaportnet.

Acara coffee morning kali mengangkat tema Peningkatan Sinergitas dan Kolaborasi Menuju Kawasan WBK-WBBM Pelabuhan Tanjung Priok.

Kepala OP Tanjung Priok Capt. Wisnu mengatakan bahwa menurut KPK ada 4 sektor di pelabuhan yang berpotensi kebocoran dan Tindak Korupsi yakni, pertama, masih ditemukan adanya OP/KSOP yang tidak menggunakan sistem aplikasi Inaportnet, Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor PM 157 Tahun 2015 tentang Penerapan Inaportnet untuk Pelayanan Kapal dan Barang di Pelabuhan. Dalam pemberian pelayanan kepelabuhanan, saat ini Inaportnet belum sepenuhnya terintegrasi dengan layanan BUP, dalam rangka fungsi monitoring dan evaluasi. Resiko mengakibatkan hilangnya potensi penerimaan negara.

Kedua, layanan jasa pelabuhan yang tidak direkam dalam sistem. Praktek seperti ini rawan memunculkan niat–niat pihak tidak bertanggung jawab untuk bermain mata. Dengan kata lain, masih dilakukan secara manual. Dan tentu juga tidak sesuai dengan apa yang harus dibayarkan oleh pengguna jasa. Dan inilah kerawanan terjadinya praktek – praktek korupsi.

Capt. Wisnu Handoko. (**)

Ketiga, masih ditemukannya ketidak sesuaian kebutuhan, kualifikasi kelembagaan, dan proses implementasi kerja pada proses bongkar muat di pelabuhan. Hal ini tidak hanya merugikan pengguna jasa, tetapi juga merugikan tenaga kerja bongkar-muat itu sendiri sebagai akibat dari panjangnya birokrasi dalam pemberian layanan bongkar-muat.

Keempat, masalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang terbatas. Masih ditemukan layanan jasa pelabuhan yang belum terintegrasi satu sama lain. Seperti layanan karantina, dan belum tersedianya berbagai layanan pelabuhan di instansi pemerintah, sebagai akibat dari keterbatasan sumber daya manusia.

Kesempatan ini banyak juga dari para pihak yang mendukung dilaksanakannya Single Truck Identification Data (STID) di pelabuhan Tanjung Priok.

Ketua ALFI Jakarta Adil Karim mendukung pelaksanaan STID secepatnya. Sebab, sistem tersebut dinilai bisa mengurangi kemacetan di pelabuhan.

Hal yang sama pun disampaikan oleh Ketua Aptrindo Jakarta Sudirman dan dari Logindo Antoni.

“Dalam pelaksanaan nya perlu ada pengawasan,” ujar Antoni Tampubolon, wakil ketua Logindo.

Sedangkan ketua INSA Jaya Capt. Alimudin mensoroti mengenai mahalnya biaya logistik di pelabuhan. “Kalau dari sisi pelayaran sebenarnya kami hanya bagaimana memasukkan kapal sandar, cuma kami kok sering harus kena pinalti, padahal bukan kami yang terlambat. Kalau pelayaran yang terlambat kami siap bayar pinalti biaya tambat, tapi kalau bukan kami ya mesti yang membuat lambat yang menanggung biaya,” ujar Alimudin.

Namun Capt. Wisnu Handoko belum bisa memutuskan untuk keluhan yang disampaikan Alimudin. “Ini kan bisnis to bisnis, paling yang menanggung akhirnya ya pemilik barang,” ungkapnya.

Capt. Wisnu meminta supaya para asosiasi mensosialisasikan kepada para anggotanya mengenai program STID ini.

GM Pelindo Priok Silo Santoso mengapresiasi terhadap apa yang disampaikan dan dikwluhkan oleh para asosiasi. “Dengan adanya informasi dari para pelaku usaha di Priok, kami jadi tau dan nantinya bisa mengambil keputusan dengan tepat,” ucapnya.

Mengenai STID ini, dari JICT sudah melakukan banyak hal. Misalnya, pendaftaran untuk para sopir, sehingga diharapkan per Januari 2022 STID sudah bisa dilaksanakan.

Deni dari TPK Koja juga mengemukakan hal sama dengan yang disampaikan dari JICT.

Capt Wisnu kembali menghimbau kepada semua pihak, terutama para sopir dan pengusaha truk segera mendaftarkan karena tidak dipungut biaya. “Silahkan datang ke terminal penumpang pelabuhan Priok untuk daftar, tak dipungut biaya,” ujarnya lagi.

Soal STID, dari NPCT1 maupun operator terminal lain sepakat akan berkoordinasi dengan GM Pelindo Tanjung Priok. (***)

Previous Post

TPK MAKASSAR

Next Post

JICT

Next Post

JICT

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3452 shares
    Share 1381 Tweet 863
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    1981 shares
    Share 792 Tweet 495
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1699 shares
    Share 680 Tweet 425
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1592 shares
    Share 637 Tweet 398
  • Mulai Agustus, Kapal Tak Ada AIS Kena Sangsi

    1284 shares
    Share 514 Tweet 321

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Ijin Pembangunan Pelabuhan Kawasan Industri Kaltara, Lancar

Ijin Pembangunan Pelabuhan Kawasan Industri Kaltara, Lancar

August 19, 2022
Implementasikan RWP di Lingkungan Kerja, Kenapa ?

Implementasikan RWP di Lingkungan Kerja, Kenapa ?

August 19, 2022

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In