Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Gresik mengirimkan kapal patroli KPLP KNP. 365 mengevakuasi kapal nelayan Ebi Putra dengan berat GT 30 milik Marli Lamongan yang tenggelam pada hari Senin (9/7) lalu.

Kepala KSOP Gresik, Agustinus Maun menjelaskan bahwa kapal berlayar dari Sungai Puting menuju Gresik membawa 14 Anak Buah Kapal (ABK) tenggelam di sekitar Pulau Bawean.

“Pada saat kejadian, cuaca buruk dan para korban ditolong oleh kapal Tug Bost TB. Prima 1627/ TK. Tama 3028 yang sedang melintas,” ujar Agustinus, pagi ini.

KSOP Gresik mendapatkan laporan musibah tenggelamnya kapal nelayan tersebut langsung mengirimkan kapal patroli KNP. 365 untuk mengevakuasi seluruh ABK yang langsung dibawa ke Kantor KSOP Kelas II Gresik dengan selamat.

“Mereka tiba pagi tadi (Selasa,10/7) pukul 07.30 WIB dan para ABK dikumpulkan di depan TUKS PT Maspion Gresik,” ungkapnya.

Agustinus berharap agar nakhoda kapal dapat lebih berhati-hati dalam melakukan pelayaran. Cek kondisi cuaca dan perairan dalam enam jam sekali dan laporkan ke Syahbandar terdekat.

“Bila ada kendala dengan kapalnya baik cuaca atau hal lainnya agar segera dilaporkan dan cari lokasi pulau terdekat yang dapat melindungi kapal dari cuaca buruk,” tutup Agustinus. (hub/***)