Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pelaksanaan mudik gratis kapal laut rute Tanjung Priok Jakarta-Tanjung Emas Semarang. Sekitar 27 ribu pemudik diberangkatkan menggunakan puluhan kapal untuk menekan angka pemudik yang menggunakan motor melalui jalan raya.

“Alhamdulillah, setiap kapal rata-rata tingkat okupansinya mencapai 90 persen dari 30 ribu kuota yang disediakan,” kata Menhub Budi Karya kepada pers, di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 13 Juni 2018.

Sekitar pukul 09.30 WIB, sebuah kapal perintis Sabuk Nusantara 80 berlabuh dan menurunkan ratusan penumpang. Kapal itu berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok Selasa (12/6) sekitar pukul 09.00 WIB.

Budi mengakui masih beberapa kekurangan dari mudik gratis menggunakan kapal laut ini. Salah satunya okupansi kapal yang belum mencapai 100 persen dan waktu tunggu di pelabuhan yang cukup lama. “Waktu saya tawarkan apakah tahun depan mau ikut lagi, ternyata masih mau,” ungkap Menhub.

Seperti diketahui bahwa mudik gratis sepeda motor kapal laut sudah diberangkatkan dari Priok ke Semarang mulai taggal 9 Juni dan sampai tanggal 13 Juni 2018, sebaliknya kepulangannya terakhir dari Semarang pada tanggal 22 Juni 2018. (***)