Ketua Posko Mudik Lebaran 2018 Kemenhub Junaidi menyatakan sebanyak 615.500 orang mudik ke kampung halamannya untuk merayakan Idul Fitri 1439 H dari H-15 sampai H-3 Lebaran.

“Kemenhub mencatat ada sebanyak 615.500 orang mudik ke kampungnya selama periode H-15 sampai H-3,” katanya kepada wartawan di Jakarta, kemarin.

Dari pelabuhan Tanjung Priok, sebanyak 27.700 penumpang mudik juga sudah diberangkatkan dari 31 Mei sampai Selasa (12 Juni) ke berbagai daerah menggunakan kapal reguler maupun kapal gratis mudik Lebaran.

“Jumlah itu termasuk target 15.200 penumpang peserta mudik gratis sepeda motor rute Priok-Tanjung Emas Semarang,” ujar Plt OP Priok Lollan Panjaitan kepada Antara, kemarin.

Baik Junaide maupun Lollan memperkirakan puncak mudik dengan kapal laut akan terjadi pada hari Rabu (13/6) ini.

Sementara itu, sekitar 1.287 pemudik kapal laut telah tiba di pelabuhan Soekarno Hatta Makassar. Mereka berasal dari Maumere dan Lewoleba menggunakan kapal KM Bukit Siguntang.

“Mereka tiba Selasa malam (12/6) dan akan melanjutkan ke kampung halaman masing-masing untuk berlebaran,” kata Anna Maryani, HUas Pelindo IV Makassar kepada pers, di Makassar.

Sedangkan GM Pelindo III Cabang Tanjung Emas, Ardhy Wahyu Basuki, menyatakan puncak arus kedatangan kapal pengangkut sepeda motor pemudik di Pelabuhan Tanjung Emas asal Tanjung Priok terjadi pada Rabu (13/6) ini.

“Ada sekitar 5.555 pemudik sepeda motor yang mendaftar dan akan tiba di Tanjung Emas yang diangkut dengan 9 kapal,” katanya. (***)