Direktur Teknik dan Manajemen Risiko Pelindo II Dani Rusli menyatakan, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II berencana mengintegrasikan proyek Pelabuhan Sorong Seget, Pelabuhan Arar, dan Pelabuhan Sorong Kota (Papua Barat) yang sekarang sudah beroperasi dan dikelola PT Pelindo IV.

“Pelindo IV sudah mendapatkan penyertaan modal negara (PMN) untuk mengembangkan Pelabuhan Sorong Kota. Karena itu, agar PMN itu termanfaatkan dengan baik, maka rencana pembangunan Pelabuhan Sorong Seget harus diintegrasikan dengan Pelabuhan Sorong Kota. Selain dengan Pelabuhan Sorong Kota, pembangunan Pelabuhan Sorong Seget juga akan diintegrasikan dengan Pelabuhan Arar yang juga berada di sekitar Sorong,” kata Dani menjawab pers, akhir pekan lalu, di Jakarta.

Menurut mantan Dirut JICT itu, setiap pelabuhan memiliki keunggulannya masing-masing sehingga diharapkan dengan pembagian peran yang jelas fungsinya dapat teroptimalisasi.

Saat ditanya pelabuhan Kijing, Dani juga mengatakan bahwa pembangunan pelabuhan Kijing di Mempawah, Kalimantan Barat terus dilakukan. “Nanti kita bawa kesana ya (menawarkan ke wartawan untuk melihat langsung Kijing-red) biar lihat langsung bagaimana perkembangannya,” ucap Dani Rusli. (***)