General Manager PT Pelindo IV Cabang Kendari, Sulawesi Tenggara Muhammad Irfan mengatakan pembangunan dermaga Pelabuhan Kendari Newport tahap pertama saat ini sudah selesai, dan akan dilanjutkan tahap kedua, dan tahap ketiga.

Menurut Irfan, secara keseluruhan pembangunan Pelabuhan Kendari Newport akan menghabiskan anggaran sekitar Rp1 triliun, terdiri atas Rp300 miliar dana dari PT Pelindo dan selebihnya dari APBN.

“Dermaga pelabuhan dan trestel ini sudah tuntas dan pembangunan saat ini fokus pada tahap kedua,” katanya kepada wartawan di Kendari, Senin (28/5).

Pembangunan tahap dua, berupa reklamasi untuk terminal pelabuhan. Sedangkan tahap ketiga berupa bangunan perkantoran dan sarana pendukung lainnya. Nantinya, pelabuhan ini untuk mendukung ekspor langsung ke negara tujuan.

Sementara itu Kepala Disperindag Sultra Siti Saleha menyatakan, adanya pelabuhan ini akan mendorong peningkatan ekspor langsung dari wilayah ini. “Selama ini banyak produk dan komoditi yang diekspor tetapi tidak tercatat sebagai ekspor Sultra, karena proses dokumennya dilakukan di wilayah lain,” ungkapnya.

Menurut dia, dengan ekspor langsung, barang tak perlu diangkut melalui Surabaya atau Tanjung Priok Jakarta. (ant/***)