Bus transjakarta yang terintegrasi dengan terminal penumpang pelabuhan Tanjung Priok masih jalan dan tetap melayani penumpang dari dan ke terminal penumpang tersebut, sepanjang ada kapal Pelni yang datang.

Plt Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, LLolan P, menyatakan bahwa bus transjakarta tetap melayani penumpang kapal yang turun dari terminal penumpang pelabuhan Priok ke luar pelabuhan. “Namun bus transjakarta itu menyesuaikan dengan kedatangan kapal penumpang (Pelni). Kalau nggak ada kapal bus tidak masuk,” katanya kepada Ocean Week, kemarin di Priok, sebelum acara pelepasan ekspor langsung oleh Presiden Jokowi.

Sementara itu, Kabid Lala OP Priok Hotman menambahkan, biasanya data kedatangan kapal sudah diinfokan ke pihak Transjakarta untuk menyiapkan armadanya. “Itu sesuai dengan hasil kesepakatan pihak terkait,” ujarnya saat dikonfirmasi per telpon.

Pada hari Selasa (15/5), Ocean Week yang melihat ke terminal penumpang Priok, suasananya tampak sepi. Mobil yang parkir di lapangan parkir pun hanya beberapa saja, di lokasi penghentian dan naik penumpang bus transjakarta pun kosong tak ada petugas, karena memang tak ada bus masuk.

“Biasanya kalau ada kapal Pelni datang, bus transjakarta ada, sepuluh menit sebelum kapal tiba bus sudah ada,” ujar salah satu petugas kebersihan di kawasan parkir terminal penumpang saat ditanyai cean Week.

Pastinya, bus transjakarta yang terintegrasi ke pelabuhan ini sangat membantu para penumpang kapal yang mau keluar pelabuhan untuk menuju ke tempat masing-masing, dan ini sudah berjalan dari tahun 2017 lalu. (***)