Indonesia Maritime Pilots’ Association (INAMPA)segera mengirimkan para pandu profesionalnya ke berbagai negara luar, seperti Papua New Guinea (PNG), Port of Dakar–Senegal, Dubai dan negara lainnya.

“INAMPA akan mengirimkan para tenaga pandu kita ke negara-negara luar negeri atas undangan mereka,” kata Herman Pasoroan Harianja, President INAMPA saat Media Gathering di Medan, Rabu (16/5).

Menurut Herman, dari acara Kongres Ke–24 International Maritime Pilots’ Association (IMPA) yang dihadiri INAMPA pada tanggal 22–27 April 2018 di Kota Dakar Senegal di Afrika Barat itulah, kemudian para negara itu mengenal pandu Indonesia.

Kata Herman, konggres tersebut (IMPA) merupakan yang pertama dilaksanakan di Benua Afrika sejak organisasi internasional ini berdiri beerapa tahun silam. “Dan ini menjadi yang pertama diikuti oleh Indonesia (INAMPA),” ujar mantan Direktur Pelindo I itu.

Herman menyatakan, bahwa keikutsertaan Indonesia tersebut merupakan terobosan yang dilakukan oleh Pengurus INAMPA di forum International, sebagai upaya mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Dia juga menyatakan rasa terimakasihnya kepada Dubes R.I untuk Senegal Mansyur Pangeran yang telah secara aktif membantu delegasi Indonesia selama kegiatan konggres IMPA berlangsung.

Kongres ke-24 IMPA, ungkap Herman, telah membawa INAMPA ‘Go International’. Lebih kurang 10 orang Maritime Pilots Professional Indonesia dikirim ke Negara Papua New Guinea (PNG) dan Port of Dakar – Senegal. “Maritime Pilots Indonesia sangat diminati oleh pengelola Pelabuhan di luar negeri karena profesionalismenya dan etos kerjanya yang tinggi disamping pengalaman yang luas dan kompetitif dalam bekerja,” tegas Herman.

Dia juga menceritakan, bahwa Kongres telah menyetujui Indonesia akan menjadi tuan rumah Kongres Ke-27 IMPA di Bali tahun 2024, setelah Mexico tahun 2020, dan Belanda 2022.

“Penunjukan ini setelah melalui negosiasi alot dari berbagai negara karena setiap negara ingin jasi host, namun berkat lobi delegasi Indonesia dan pengalaman pelaksanaan “The 1st Asia Pacific Maritime Pilots’ Forum pada 2017 lalu di Bali, peserta antusias menerima Indonesia sebagai the next host for IMPA Congress,” kata Herman senang.

Moment ini, tambah Herman, akan menjadi penting bagi Indonesia untuk mewujudkan kemajuan pengembangan maritime yang telah dilaksanakan, potensi ekonomi, potensi pariwisata, potensi budaya, potensi perdagangan, potensi kerja sama bilateral, multilateral dan turunannya memantapkan posisi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. (rat/ow/**)