Hyundai Merchant Marine (HMM) Korea telah mendapatkan kembali haknya untuk menjalankan dan mengoperasikan Pelabuhan Baru Busan, yang telah dijual karena kesulitan keuangan.

Perusahaan ini telah berusaha keras untuk mendapatkan daya saing globalnya sejalan dengan upaya pemerintah Korea untuk membangun kembali industri pelayaran.

Seperti dikutip dari Business Korea (16/5), disebutkan bahwa pada bulan April lalu, pemerintah membuat konsep dengan rencana lima tahun untuk merevitalisasi industri pelayaran dan menjadikan Korea sebagai pusat kekuatan maritim lagi.

Bahkan, Kementerian Kelautan dan Perikanan telah mengadakan upacara pada Selasa (15 Mei) kemarin menandai penandatanganan kesepakatan untuk operasi gabungan Dermaga 4 di Pelabuhan Baru Busan antara HMM dan PSA, operator pelabuhan yang berbasis di Singapura.

HMM dan PSA masing-masing akan memegang 50% saham di Busan New Port Pier 4 (Hyundai Pusan ​​New Port Terminal atau HPNT). HMM akan menunjuk CEO perusahaan patungan, sementara PSA akan menamai CFO.

HMM telah mendapatkan kembali sahamnya di HPNT dan hak operasi, sehingga mengurangi beban harus membayar biaya pelabuhan. Pada saat yang sama, dengan mengamankan terminal khusus, mereka akan mampu menyediakan layanan yang stabil dan kompetitif untuk pengirim dan akan mengurangi konsumsi bahan bakar minyak dan memastikan ketepatan waktu dengan mencegah menunggu kapal yang tidak perlu.

HPNT menyumbang sekitar 1,2 juta TEUs, sekitar 30% dari total volume transaksi HMM tahun 2017 lalu, yang mencapai sekitar 4 juta TEUs.

Selain itu, dengan menghilangkan ketentuan tentang operasi terminal, akuisisi, dan pembatasan pengembangan di daerah Busan, Gwangyang, dan Gyeongnam, HMM sekarang dapat mengejar keuntungan yang stabil dan tinggi melalui masuk ke bisnis terminal.

Dengan mengakumulasi pengalaman operasi terminal, perusahaan akan meningkatkan kemampuannya sebagai operator terminal, dan mengamankan peluang untuk memasuki bisnis terminal. Dengan menarik perusahaan pengiriman anggota aliansi ke pelabuhan Pusan ​​di masa depan, akan mengejar peningkatan transshipment di Pelabuhan Busan, termasuk keuntungan. (bk/**)