Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, pada jumat malam (13/4) datang ke terminal kendaraan di pelabuhan Priok untuk memantau langsung dua gerbong LRT yang diangkut menggunakan kapal Wallenius Wilhelmsen dari Korea Selatan, yang telah sandar pada Jumat siang.

Orang nomor dua di Ibu Kota itu melakukan peninjauan bersama Direktur Jakarta Propertindo Satya Heragandhi, dan diterima Dirut PT IKT Chiefy Adi K.

Usai melihat dua gerbong LRT, Sandiaga Uno mengatakan, Indonesia dan Jakarta hari ini bersyukur, karena akan memulai lembaran baru peta transportasi dan pola masyarakat bertransportasi.

“Insya Allah kita akan memulai hari ini dengan kedatangan rangkaian gerbong dan kereta LRT. Kita berdoa agar proses tiga bulan ke depan bisa mempersiapkan agar bisa beroperasi, saat Asian Games bisa lancar dan mulus,” ungkap Sandi.

Sebagaimana diketahui, kapal Wallenius Wilhelmsen berangkat dari pelabuhan Massan, Korea Selatan sejak 24 Maret 2018 lalu, membawa dua gerbong light rail transit (LRT) dan tiba di pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, pada Jumat (13/4).

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Satya Heragandi mengatakan, rencananya kereta akan diangkut langsung menuju Kelapa Gading pada malamnya atau selambat-lambatnya besok malam. Pihaknya dan aparat terkait telah menyiapkan rekayasa lalu lintas dengan mengalihkan ruas Jalan Boulevard Raya Kelapa Gading mulai Sabtu, 14 April 2018 jam 22.00 WIB sampai Minggu, 15 April 2018 jam 08.00 WIB.

“Jadi ada dua keputusan yang menentukan apakah kita bawa malam ini, pertama adalah dokumen dan kedua adalah possible traffic atau lalu lintas,” katanya.

Adapun kereta LRT Jakarta yang diangkut nanti akan dibawa oleh truk multi-axle ke lokasi lintasan di Kelapa Gading. Dua gerbong yang tiba akan langsung ditempatkan di atas rel lintasan layang yang sudah terpasang lantaran belum rampungnya depo LRT di Kelapa Gading.

“Kereta akan dimasukkan langsung ke line. Langsung ke mainline atau ke rel. Tidak masuk ke depo dulu,” ungkap Satya. (***)