Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut meluncurkan kembali meluncurkan kapal perintis dalam rangka penguatan tol laut. Kapal yang dibangun di galangan kapal PT Staedfas Marine Pontianak diberi nama KM Sabuk Nusantara 76.

Peluncuran KM Sabuk Nusantara 76 yang merupakan kapal perintis type 2000 GT ini dilakukan secara resmi oleh Direktur Perkapalan dan Kepelautan, Ir. Junaidi didampingi Direksi PT Steadfast Marine, KSOP Pontianak, Capt. Bintang dan perwakilan PT Biro Klasifikasi Indonesia (PT BKI).

Junaidi mengatakan pembangunan kapal dilakukan guna memperlancar arus penumpang, barang dan jasa ke seluruh penjuru Tanah Air.

Selain itu, manfaat lain yang akan diperoleh dengan pembangunan kapal ini adalah memperlancar distribusi logistik sehingga akan meningkatkan roda perekonomian secara nasional serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

“Pemerintah berharap melalui pembangunan Kapal perintis seperti KM Sabuk Nusantara 76 ini akan lebih meningkatkan konektivitas antar pulau di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, juga akan meningkatkan roda perekonomian secara nasional serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia,” kata Junaidi dalam keterangannya, Kamis (12/4).

Junaidi mengatakan bahwa proses peluncuran kapal ke perairan merupakan salah satu proses pembangunan suatu kapal yang menandai selesainya pembangunan konstruksi kapal, sehingga masih perlu dilanjutkan dengan tahapan-tahapan penyelesaian lainnya. Targetnya, seluruh kapal-kapal perintis pesanan Kemenhub selesai pada tahun 2018 ini

“Terkait dengan hal ini, saya minta kepada pihak galangan pembangun dalam hal ini Galangan Kapal Steadfast untuk menyelesaikan pembangunan semua kapal yang dibangun di galangan ini sesuai dengan spesifikasi teknis yang berlaku dan sesuai dengan kontrak yang telah disepakati bersama dengan tetap memperhatikan faktor-faktor keamanan dan keselamatan,” ungkapnya.

Data Kapal Perintis tipe 2000 GT :

Panjang Seluruh (LOA): 68.50 M
Panjang Antara Garis Tegak (LBP): 63.00 M
Lebar : 14.00 M
Tinggi: 6.20 M
Sarat air: 2.90 M
Kecepatan Percobaan: 12 Knot (Pada 85% MCR)
Kapasitas Penumpang: 472 penumpang ekonomi tidur, 26 penumpang Kelas
Jumlah awak kapal: 36 (tiga puluh enam) orang
Tamu: 8 orang
Tenaga Medis: 2 orang
Barang: 100.00 ton. (hub/**)