Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) terus berusaha mendorong peranan perusahaan jasa asuransi ikut terlibat pada seluruh aspek bisnis pelayaran nasional.

Bendahara Umum INSA Nova Y. Mugijanto mengungkapkan jal itu, saat memberikan sambutan di acara Marine Insurance Sharing Session yang diselenggarakan Willis Towers Watson di Mercantile Athletic Club, Jakarta, Rabu (11/04).

“Peran asuransi baik pada asuransi kapal, kargo maupun SDM merupakan bagian penting dalam menunjang industri pelayaran nasional. Peranan jasa asuransi sebagai penjamin dalam banyak aspek perusahaan pelayaran menjadikan shipowners dan ship management merasa lebih aman dalam menjalankan dan mengembangkan bisnisnya,” kata Nova.

Menurut Nova, jaminan jasa asuransi sedikitnya terdiri dari jaminan aset kapal dan SDM, keduanya merupakan kunci dalam kepastian jalannya bisnis pelayaran.

Dirut PT PAN Maritime ini memisalkan, patahnya pipa minyak milik PT Pertamina yang terjadi Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur, beberapa hari lalu merupakan kejadian yang tidak bisa diprediksi oleh siapapun, termasuk para shipowners, namun berdampak besar bagi kelangsungan bisnis, karena menimbulkan kerugian materil maupun inmaterial bagi perusahaan.

Untuk itu, ujarnya, peranan jasa asuransi pelayaran dalam pengembangan industri pelayaran menjadi sangat penting dalam rangka memberikan proteksi bagi kelangsungan bisnis industri pelayaran nasional.

Nova menuturkan penggunaan jasa asuransi sangat bergantung dari kebutuhan masing-masing shipowners bersama jajaran manajemen perusahaan. Pola kerjasama antara pelayaran nasional dan jasa asuransi harus memberikan dampak positif dalam kerangka kerja sama yang saling menguntungkan.

Pelayaran nasional mengharapkan Willis Tower Watson sebagai salah satu penyedia jasa asuransi ini akan memberikan fasilitas yang baik dalam melayani dan menangani proses klaim para pelaku usaha pelayaran jika kemudian hari terjadi, dan catatan apabila sesuai aturan perjanjian dan standar klaim yang berlaku dalam polis asuransi.

“Atas nama INSA, saya mengapresiasi Willis Tower Watson yang telah berupaya menggelar forum ini, dan kami juga berharap dari forum ini nantinya kita semua akan menambah wawasan dan pemahaman yang komperhensif terkait jasa asuransi pelayaran,” pungkasnya. (insa/***)