PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP Indonesia Ferry) akan menambah jumlah rute pelayarannya pada tahun 2018 ini. Perseroan sedang menyiapkan 206 rute, dan 35 pelabuhan penyeberangan dengan 126 kapal. Rencananya Mei 2018 nanti sudah beroperasi.

“Rencananya, tahun ini saja kita akan membuka pelayaran baru dari Pelabuhan Paciran (di Surabaya) ke Pelabuhan Bahaur (di Kalimantan Tengah),” kata Yusuf Hadi, Commercial Director PT ASDP kepada wartawan di Pelabuhan Merak, Cilegon, Senin (9/4).

ASDP akan membuka rute Paciran-Bahaur, juga rute Pelabuhan Paciran menuju Pelabuhan Garongkong di Kabupaten Barru, Makassar, Sulawesi Selatan. Selain itu ASDP sudah menambah jalur Jakarta-Banjarmasin menjadi dua rute. “Sudah Minggu kedua kita melayani Jakarta-Banjarmasin lewat dua rute,” ujar Yusuf Hadi.

Untuk rute Jakarta-Banjarmasin akan diisi oleh kapal-kapal dengan kapasitas angkut penumpang yang lebih besar, karena menghubungkan dua tempat yang secara permintaan menyeberang juga banyak.

“Sementara rute seperti Paciran-Bahaur itu tidak terlalu besar, sekitar 500 penumpang sekali angkut,” ungkapnya.

Terkait kesiapan angkutan Lebaran 2018 mendatang, Yusuf menyatakan pihaknya sudah siap menghadapi kepadatan kendaraan (pemudik) serta 1,6 juta orang yang akan menyeberang lewat pelabuhan Merak Banten.

Kehadiran dermaga baru hingga pengaturan jadwal pelayaran bakal dimaksimalkan dengan sistem terintegrasi. Para pemudik saat ini bisa memanfaatkan fasilitas terminal bus dan stasiun kereta api yang terkoneksi dengan Pelabuhan Merak. (***)