Sebanyak 1.000 anak yatim SD sampai SMP dari berbagai Yayasan di Jakarta menerima santunan dari INSA sebagai wujud syukur asosiasi pelayaran nasional yang sudah menginjak usia 50 tahun.

Kegiatan INSA Berbagi ini dilaksanakan di terminal penumpang pelabuhan Tanjung Priok, Minggu (11/3). Hadir pada acara ini, antara lain Direktur Komersial Pelindo II Saptono RI, GM Pelindo Cabang Tanjung Priok Mulyadi, Kepala Syahbandar Tanjung Priok Capt. Sudiono, penasihat INSA Sunarto, pimpinan Chandra Motik Center, dan para pengurus asosiasi pelayaran ini.

Sebelum memulai acara, para anak tersebut diajak keliling ke pelabuhan untuk diperkenalkan sekaligus melihat langsung kegiatan bongkar muat barang dari kapal di pelabuhan Tanjung Priok.

Beberapa anak yang ditanya mengaku senang dengan bisa melihat langsung kapal dan pelabuhan.

Ketua umum DPP INSA Carmelita Hartoto didampingi Sekum Budhi Halim, dalam keterangan pers menyatakan, kegiatan sosial ini bukan yang pertama kali dilakukan.

“Biasanya dilakukan pada gala dinner, tapi kali ini sekaligus untuk pengenalan wawasan dan penanaman budaya maritim sejak dini kepada mereka (anak-anak) itu,” katanya, di pelabuhan Tanjung Priok, Minggu (11/3).

Menurut Carmelita, salah satu tujuan dari acara ini yakni mendorong anak-anak bercita-cita bekerja di industri maritim dan kelautan terutama yang berkaitan dengan INSA, yaitu menjadi pelaut yang berkualitas atau menjadi wirausaha di bidang pelayaran.

Sementara itu Saptono mengatakan, bahwa dengan acara INSA Berbagi, menunjukkan kepeduliannya dengan maritim. “Seharusnya memang sejak dini anak-anak diperkenalkan dengan sektor maritim, dan ini INSA sudah lakukan,” ujarnya.

Saptono berharap, INSA terus berkontribusi untuk dunia kemaritiman nasional, sehingga cita-cita mewujudkan Indonesia poros maritim dunia dapat terwujud.

“Sekali lagi kami atas nama manajemen PT Pelindo II mengucapkan terimakasih atas kegiatan INSA Berbagi ini, dan selamat pada ulang tahun INSA di usia 50 tahun ini,” ungkap Saptono.

Sebanyak 10 sepeda juga dibagikan kepada anak-anak yang bisa menjawab pertanyaan dari panitia. (***)