PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) kembali menambah armada kapalnya. Bertempat di PSA Keppel Terminal, Singapore, Jumat (9/3) telah diadakan syukuran sekaligus peresmian pengoperasian perdana kapal baru yang diberi nama Sinar Penida.

Kapal berjenis pengangkut peti kemas (container carrier) dengan kapasitas sebesar 609 TEUs ini merupakan kapal kedua yang diterima Samudera Indonesia di kuartal I tahun 2018.

“Sebelumnya kami telah menerima satu kapal yakni Sinar Palopo, dan telah diresmikan terlebih dahulu pengoperasiannya pada awal Februari lalu” kata Bani M. Mulia, Direktur Pengelola SMDR, dalam keterangan resminya yang diterima Ocean Week, Sabtu pagi (10/3).

Menurut Bani, kapal Sinar Penida dan Sinar Palopo akan melengkapi armada Samudera Indonesia yang direncanakan untuk melayani rute domestik antarpulau di Indonesia dan merupakan seri pertama dari program pengembangan dan peremajaan armada Samudera Indonesia di tahun 2018.

Kedua kapal ini dibangun di Nanyang Jingjiang Shipbuilding, China dengan nilai investasi sebesar US$ 17 juta.

Untuk pelayaran perdana, Sinar Penida akan dioperasikan ke rute Internasional, yaitu Singapura, Malaysia dan India.

“Setelah proses pendaftaran dan penggantian bendera ke bendera Indonesia, Sinar Penida akan melayani rute domestik antarpulau di Indonesia,” tegas Bani.

Peresmian kapal dilakukan oleh Ibu Chandraleika Masli Mulia, selaku Komisaris PT Ngrumat Bondo Utomo (holding company Samudera Indonesia). (***)