Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan pelabuhan Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) atau kawasan industri terpadu pertama di Indonesia di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, pada Jumat (9/3) besuk.

Dalam keterangan tertulisnya, Vice President Corporate Communication Pelindo III, Lia Indi Agustiana di Surabaya, Jawa Timur, mengatakan agenda Presiden Joko Widodo di JIIPE antara lain meluncurkan Kapal Latih Hubla, kemudian meresmikan keberadaan dermaga yang berada dibawah kewenangan Pelindo III.

“Agenda yang kami terima, rencana Presiden Jokowi untuk peresmian JIIPE adalah pukul 15.00 WIB, dan hanya berlangsung satu jam, kemudian dilanjutkan dengan agenda kerja lain di Jatim,” ujarnya.

JIIPE merupakan kawasan terintegrasi antara pelabuhan laut, industri dan perumahan menjadi satu paket, dan dikembangkan bersama oleh PT Usaha Era Pratama Nusantara, anak perusahaan PT AKR Corporindo Tbk, dan PT Berlian Jasa Terminal Indonesia, yang merupakab anak perusahaan PT Pelindo III (Persero).

Kawasan JIIPE tercatat seluas 2.691 Ha, dan akan berfungsi sebagai zona industri terpadu terbesar di Jawa Timur dengan dukungan penuh infrastruktur dan fasilitas penunjang lainnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga pernah meninjau perkembangan pembangunan JIIPE di Gresik pada Rabu 11 November 2015 lalu, bersamaan dengan peluncuran program penciptaan lapangan kerja melalui sinergi investasi dengan pondok pesantren dan kawasan industri. (ant/**)