Manager Usaha Pelabuhan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Rudy Mahmudi membenarkan, Kapal Motor Penumpang (KMP) Suki 2 milik pelayaran Bukit Merapin Nusantara Line (BMNL) telah menabrak side ramp dermaga satu pelabuhan Merak pada Selasa (20/2) lalu.

“KMP Suki 2 saat olah gerak keluar dari dermaga haluan, nyenggol side ramp dermaga sehingga mengakibatkan kerusakan pada side ramp yang tidak bisa dioperasikan, estimasi waktu perbaikannya itu lebih kurang satu bulan dan itu menjadi tanggung jawab BMNL,” ungkapnya kepada wartawan di kantornya.

Menurut Rudy, akibat insiden itu sejumlah fasilitas penunjang seperti hidrolik, lidah dan jembatan di dermaga satu mengalami kerusakan cukup serius sehingga tak dapat berfungsi. Usai berkoordinasi dengan PT BMNL, lanjut Rudi, perbaikan fasilitas di dermaga satu itu baru akan dimulai pada Jumat besuk (23/2).

“Saat kejadian tidak ada kendala dari segi mesin di Suki 2. Kalau saya perhatikan karena salah teknis mengambil alur keluar kapal. Informasi yang saya dapat kejadian itu akibat angin kencang, tapi kondisi di lapangan sendiri saat itu cuaca normal. Jumlah kerusakannya bisa ratusan juta, tapi biaya perbaikannya menjadi tanggung jawab BMNL,” ujarnya. (bn/**)