Pembangunan pelabuhan niaga di Desa Kembang Kecamatan Pacitan Jawa Timur mangkrak. Pelabuhan Gelon yang dibangun sejak tahun 2011 lalu oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum ada kejelasan kelanjutannya.

Namun Wakil Bupati Pacitan, Yudi Sumbogo menyakini bahwa pelabuhan Gelon akan dilanjutkan, sebab pihaknya terus berupaya menjalin komunikasi dan negosiasi dengan Kemenhub mengenai kelangsungan pembangunan pelabuhan niaga yang sudah separuh berjalan itu.

“Kami terus berkomunikasi dengan pemerintah pusat menanyakan kepastian pembangunan pelabuhan tersebut, karena disini kementerian perhubungan (kemenhub) sebagai kuasa pengguna anggaran,” katanya kepada pers.

Menurut Sumbogo, pembangunan pelabuhan itu, selain telah mendapatkan dukungan dari Pemprov dan Pemkab Trenggalek, proyek tersebut masuk bagian program rencana strategis (renstra) pengembangan fasilitas pelabuhan laut Kemenhub tahun 2014-2019. ‘’Pembangunan pelabuhan barang dan niaga ini termasuk dalam rencana pembangunan 20 pelabuhan di Indonesia,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pacitan Budiyanto, mengatakan bahwa pembanguan pelabuhan Gelon dalam proses pengkajian Kementerian Perhubungan Laut.

“Hasil audiensi kami, akan diprogamkan oleh Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Laut. Dan untuk jalan menuju pelabuhan Gelon yang masih tersisa akan disondingkan dengan BBPJN melalui Dirjen Bina Marga, karena ini merupakan dua jenis anggaran yang berbeda,” ujar Budiyanto. (sjp/**)