Kegiatan keluar masuk kapal dan bongkar muat barang (petikemas) di pelabuhan Indonesia berjalan normal, meski hari Minggu yang umumnya menjadi hari libur bagi kebanyakan orang maupun perusahaan.

Namun demikian, libur di hari Minggu ini tidak berlaku di pelabuhan. Bahkan di pelabuhan Jakarta, kesibukan tetap seperti biasa. Misalnya di JICT, di terminal 1 ada kegiatan bongkar muat kapal Swordfish CMA CGM yang sudah sandar dari taggal 26/1, dan rencananya akan keluar pada Minggu malam (28/1).

Hari Minggu ini pula masuk kapal CMA CGM New Jersey, yang menurut jadwal akan keluar pada Senin (29/1). Selain itu, ada pula kapal APL Columbus yang datang di hari ini. Sementara kapal Johan Fortune yang berkegiatan di terminal 1 JICT pun direncana keluar hari ini.

Seperti diketahui bahwa CMA CGM sejak tahun lalu, konsisten mendatangkan kapal-kapalnya ke Jakarta untuk mengangkut kontainer ke Eropa maupun Amerika.

Sementara itu di TPK Koja, hari Minggu ini ada datang kapal CPO Jaksonville. Lalu Hyundai Supreme, dan hari berikutnya (29/1) masuk kapal G Ace dan Eleni T.

Sedangkan di dermaga MAL, kapal MV Leo Perdana, rencananya akan keluar hari ini setelah selesai bongkar muat petikemas. Menyusul sandar kapal Meratus Tomini, dan Senin (29/1) esuk keluar.

Untuk kegiatan kapal di TPK Semarang, hari ini ada kapal Meratus Katingan, Lousd Island, dan Chiloe Island.

Di BICT, kapal yang sedang melakukan kegiatan pada hari ini yakni MSC Pylos, dan Wan Hai. Keduanya akan keluar malam hari ini. Menyusul sandar pada Senin, dua kapal adalah Meratus Medan 5 dan CTP Delta.

Sementara di TPK Makassar, hari ini (28/1) direncana sandar kapal Meratus Karimata, dan akan berangkat malam ini juga kapal Freedom dan Luzon.

Karena itu, meski hari libur, namun aktivitas di pelabuan tetap saja berjalan seperti hari-hari kerja biasa. (***)