Menjelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 mendatang, kegiatan keluar masuk kapal di terminal pelabuhan Tanjung Priok tetap dilayani dengan baik. Di JICT misalnya, pada hari Senin (18/12) ini, kapal-kapal yang sudah selesai bongkar muat dan rencana keluar adalah Najade, CMA CGM Alcazar, menyusul masuk dua kapal yakni Intan Daya 3 dan Intan Daya 8 yang ditargetkan meninggalkan terminal hari Selasa (19/12).

Lima kapal dijadwalkan masuk, Selasa (19/12) Meratus Kupang, Wan Hai 281, Johan Fortune, Hongkong Bridge, dan JML Abadi. Hari Rabu (20/12), direncana masuk adalah kapal MSC Lucia, Sinar Sumba, Cape Moreton, dan Star River.

Sementara di TPK Koja, tiga kapal sedang beraktivitas yakni APL Phoenix, MSC Desiree, dan Phonix 032. Kemudian pada Selasa (19/12) dijadwal masuk kapal OOCL Nagoya, Navios Tempo, OOCL Busan dan TG. Athena.

Sedangkan di dermaga MAL, Horai Bridge direncana meninggalkan terminal karena selesai membongkar muat, kemudian masuk kapal Sinar Sangir yang terjadwal akan sandar tanggal 20/12.

Untuk TPK Panjang, rencana masuk kapal TG. Athena pada tanggal 20/12, lalu TMS Glory tanggal 21/12, dan Kota Restu pada tanggal 22/12.

Di TPK Semarang, sedang ada kegiatan kapal Rubina Schulte yang rencananya hari ini sudah akan meninggalkan terminal.

Kapal Segara Mas, pada hari Senin ini sedang sandar dan bongkar muat petikemas di dermaga domestik TPS Surabaya, menyusul kapal Muara Mas yang rencana datang tanggal 22/12.

Untuk dermaga internasional TPS Surabaya, ada kegiatan kapal AS Constantina, CSCL Manzanillo, Ballenita, Najade, Princes of Luck, dan Sinar Sabang. Sedangkan kapal Uru Bhum, Alidra, Seaspan Vancouver, Selatan Damai, dan MSC Gianna, dijadwal masuk tanggal 19/12.

Aktivitas kapal juga cukup ramai di BICT Sumatera Utara, setelah kapal MSC Pylos berangkat tanggal 17/12, direncana sandar adalah Meratus Medan 5, menyusul Wan Hai 275, dan MV YM Harmony.

Sementara itu di TPK Makassar pun padat dengan kegiatan, kapal Meratus Kalabahi, Bali Kutha, Hai Lian, ARmada Sejati, Meratus Kendari, dan Tanto Permai sedang beraktivitas di terminal ini.

Di Terminal Kariangau sedang ada kegiatan kapal Tanto Luas, dan Umbul Mas. Sedangkan untuk TPK Palaran juga sedang ada kegiatan kapal Pulau Hoki yang hari ini direncana sudah keluar. Rencana masuk yakni kapal Umbul Mas dan Jales Mas.

Jadwal kapal di terminal seperti Teluk Lamong, BJTI, TPK Teluk Bayur, TPK Pontianak, TPK Palembang, dan lainnya belum diperoleh Ocean Week dari para pengelola terminal tersebut. (***)