DPP INSA menjamu tamu kerhormatan dari perwakilan  Baltic and International Maritime Council (BIMCO) pada akhir pekan lalu. Jamuan tersebut merupakan tindak lanjut dari workshop yang digelar sebelumnya dengan tema Peran BIMCO di Pasar Maritim Internasional dan Tantangan yang Dihadapi Asosiasi Pelayaran.

Sekretaris Umum DPP INSA Budhi Halim mengatakan, pertemuan kali ini membahas tentang banyak hal menyangkut industri pelayaran dan juga peran BIMCO dalam industri maritim internasional.

Selain itu, sekaligus mensosialisasikan keanggotaan BIMCO bagi pelayaran Indonesia. Dan INSA menyambut baik peran maupun program BIMCO dalam industri maritim dunia. Beberapa keuntungan didapatkan perusahaan pelayaran dengan menjadi anggota BIMCO.

Menurut Budhi, keuntungan bagi pelayaran nasional yang menjadi anggota BIMCO antara lain, mendapatkan informasi terkini terkait industri pelayaran dunia setiap bulannya, mendapatkan bantuan konsultasi dari BIMCO jika mengalami kesalahpahaman kontrak dengan pihak ketiga.

“BIMCO bisa membantu jika terjadi dispute terkait dengan tagihan-tagihan yang tidak dibayarkan ataupun terjadi perbedaan perhitungan dengan pihak ketiga. Tentunya, konsultasi dari BIMCO disesuaikan dengan peraturan yang berlaku,” kata Budhi dalam keterangan tertulisnya yang diterima Ocean Week, Senin malam (20/11).

Budhi menambahkan, BIMCO merupakan organisasi internasional, memiliki reputasi terbaik untuk industri maritim, berdiri sejak 1905. Organisasi ini memberikan manfaat terkait industri pelayaran. BIMCO mempunyai standar kesepakatan bisnis yang bisa dipakai perusahaan pelayaran dalam melakukan kerja sama, seperti time charter party dan bareboat contract.

Adapun agreement lainnya yang menyangkut industri maritim, seperti bunker supply, floating acomodaiton barge, Ballast Water Management dan Greenhouse Gas (GHG). Ada juga agenda member meeting setiap tahunnya, salah satu agendanya adalah pemilihan ketua BIMCO. Saat ini dipimpin oleh salah satu pelayaran dari Yunani.

BIMCO juga memungkinkan pelatihan singkat selama tiga hari bagi anggota INSA yang juga menjadi member BIMCO dengan tema yang sesuai kebutuhan pelayaran nasional, ataupun mengikuti program dari BIMCO dengan pembiayaan yang ditanggung para peserta pelatihan.

“Untuk menjadi anggota BIMCO, perusahaan pelayaran nasional dapat langsung mendaftarkan diri menjadi member ke BIMCO, maupun melalui INSA yang kemudian mensosialisasikan kepada para anggotanya untuk menjadi anggota BIMCO,” ucap Budhi Halim.

Sementara itu, Regional Manager BIMCO Asia, Wei Zhuang mengapresiasi terhadap DPP INSA yang telah bersedia melakukan pertemuan dan telah membantu koordinasikan program workshop yang digelar sebelumnya.

Wei juga mengaku telah mencatat dan akan menginformasikan terkait pertemuan ini kepada BIMCO, yang salah satunya menyangkut  prosedur menjadi anggota BIMCO dan besaran iuran anggota INSA yang akan menjadi member BIMCO plus termasuk memberi potongan harga bagi perusahaan pelayaran anggota INSA.

Hadir pada kesempatan tersebut, mewakili BIMCO Wei Zhuang sebagai Regional Manager, Asia. Sementara dari DPP INSA hadir Sekretaris Umum DPP INSA Budhi Halim, Wakil Ketua Umum IV Soeharyo Sangat, Wakil Ketua Umum I Capt. Witono Soeprapto serta Ketua Bidang Angkutan Cair, Nick Djatmika. (ril/**)