Distrik Navigasi Teluk Bayur secara resmi mengoperasikan Kapal Perambuan Kelas I KN. Sibaru Baru hari ini (8/11) di Padang SumBar.

Adapun Direktur Kenavigasian, I nyoman Sukayadnya meresmikan pengoperasian Kapal Perambuan Kelas I KN. Sibaru Baru.

Kapal Induk Perambuan ini memiliki peran yang sangat penting dalam melaksanakan tugas pemasangan dan pengangkutan Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) serta mengantar giliran tugas penjaga menara suar dan distribusi perbekalan.

“Kapal-kapal Negara yang telah kita bangun harus dijaga dan dirawat dengan baik agar kondisi teknisnya terus terjaga sehingga dapat diandalkan ketika menjalankan tugas kenavigasian,” jelas Direktur Kenavigasian dalam sambutannya.

“Dengan dioperasikan kapal tersebut, diharapkan dapat semakin memperkuat armada kapal Negara kenavigasian milik Direktorat Jenderal Perhubungan Laut serta dapat meningkatkan keandalan Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) demi mendukung terciptanya keselamatan dan keamanan pelayaran di perairan Indonesia,” lanjut Nyoman.

Sementara itu, Kepala Kantor Distrik Navigasi Kelas II Teluk Bayur, Gino suyadi hutabarat menyampaikan terima kasih atas dukungan Pusat dalam mendukung tugas rutin Distrik Navigasi Teluk Bayur yang salah satunya dengan ditempatkannya kapal Sibaru Baru di Disnav Teluk Bayur.

Sebagai informasi, Pembangunan KN. Sibaru-baru menggunakan anggaran APBN senilai 246,2 Miliar Rupiah dan memiliki spesifikasi panjang 62 meter, lebar 12 meter, tinggi 4,7 meter, kecepatan 12 Knot, dan jarak jelajah kapal 4000 Nautical Mile. (hub/**)