Hyundai Merchant Marine (HMM), salah satu perusahaan pelayaran terbesar Korea yang baru-baru ini menjalani restrukturisasi, berencana untuk membeli kembali sahamnya di Busan New Port yang pernah dijual ke perusahaan ekuitas swasta IMM Investment dan PSA Singapore.

Demikian sebuah sumber mengatakan sebagaimana dilansir oleh The Investor, kemarin. Dikatakan bahwa perusahaan yang saat ini memiliki 10 persen saham tersebut, bertujuan untuk menaikkannya menjadi 40 persen dengan menginvestasikan sekitar 200 miliar won (US $ 179 juta) dan 300 miliar won dalam upaya untuk mendapatkan kembali kendali pelabuhan tersebut.

Waktu itu, HMM menjual 90 persen sahamnya pada Maret 2016 sebagai bagian dari restrukturisasi untuk mengatasi kesulitan keuangan.

Pemegang saham terbesar IMM dan PSA memegang 50 persen dikurangi satu saham dan 40 persen ditambah satu saham.

Sumber juga mengatakan bahwa HMM berencana mengakuisisi beberapa terminal global untuk mendapatkan kembali daya saingnya setelah restrukturisasi.

Seperti diketahui, HMM menjadi perusahaan pelayaran terbesar di Korea dan satu-satunya yang memiliki operasi pengiriman jarak jauh. HMM, juga menghadapi persaingan global yang sengit dan tingkat suku bunga yang rendah secara historis, perseroan berhasil terhindar dari kebangkrutan pada bulan Juni 2016 setelah para kreditur menyetujui kesepakatan pertukaran debt-for-equity. (hsn/**)