Dunia usaha sektor angkutan laut dan kepelabuhanan mengapresiasi positif diangkatnya Agus Purnomo sebagai Dirjen Laut menggantikan Tonny Budiono. Mereka sangat berharap Dirjenla Agus Purnomo, dapat membawa sektor ini menjadi lebih maju lagi.

Ketika Ocean Week mengkonfirmasi kepada Dirjenla Agus Purnomo mengenai prioritas apa yang akan dilakukan untuk sektor transportasi laut dan kepelabuhanan kedepan, Agus Purnomo hanya mengucapkan terimakasih atas kepercayaan dari pemerintah, serta dukungan dari kalangan usaha pelayaran dan pelabuhan.

Namun, Agus minta waktu agar diberi kesempatan menginventarisasi berbagai hal di sektor tersebut. “Mohon lain kesempatan ya mas,” jawab Agus Purnomo kepada Ocean Week.

Sementara itu, Asmari Herry, Ketua Komite Tetap Perhubungan Kadin Indonesia mengatakan, Kami berharap bliau (Agus Purnomo Dirjenla) dapat bekerjasama positif dengan kalangan bisnis di kepelabuhanan dan pelayaran. “Kalau melihat sosok Dirjenla baru yang bijaksana, berpengalaman, dan mengayomi, mestinya bisa,” ujarnya kepada Ocean Week, di Jakarta.

Hal yang sama juga terlontar dari Capt Arwinas Dirgahayu (pengamat maritim), dan Bambang Subekti (pengamat kepelabuhanan). “Kami percaya Pak Agus Purnomo bisa menciptakan harmonisasi dengan para mitra kerjanya,” ujarnya.

Menurut Asmari, bahwa diangkatnya Agus Purnomo merupakan pilihan yang tepat, karena Agus dinilainya telah memiliki rapor bagus ketika menjadi pimpinan pada salah satu BUMN. “Pak Agus pasti memiliki pengalaman bukan saja di birokrasi, tetapi juga menjadi pelaku bisnis. Misalnya dengan berhasilnya BUMN yang dipimpinnya mengekspor kereta api ke negara luar,” kata Asmari.

Sementara Bambang Subekti menyatakan yakin dengan leadership yang dipunyai Agus Purnomo, sektor maritim akan menemukan dinamikanya yang baru yang sesuai dengan harapan yang diinginkan oleh kalangan usaha sektor maritim,” ucapnya.

Sedangkan Arwinas menyatakan, wajar jika kalangan maritim berharap banyak kepada Agus Purnomo agar dapat secara cepat memahami berbagai persoalan di sektor angkutan laut yang selama ini kurang terarah.

Sebelumnya Ketua DPP INSA Carmelita Hartoto juga menyatakan bahwa INSA sudah pasti akan bermitra dan bekerjasama dengan Agus Purnomo (Dirjenla baru) untuk kepentingan bersama, demi kemajuan pelayaran nasional. (***)