PT Pelindo II Cabang Banten merencanakan investasi pengembangan pelabuhan Banten senilai Rp 1,32 triliun untuk integrasi 4 pelabuhan (Ciwandan, Cigading, Merak Mas, dan Bojonegara), pengembangan terminal multipurpose (dermaga 001), reklamasi belakang dermaga 001, dan pengembangan pembangunan terminal/dermaga batubara sepanjang 350 meter dan conveyor sepanjang 754 meter.

Pengembangan ini direncanakan karena adanya potensi bisnis yang besar di wilayah ini. Misalnya dengan diintegrasikannya 4 pelabuhan tadi, potensi pendapatan bisa mencapai Rp 1,35 triliun per tahun.

“Ada juga potensi pendapatan sekitar Rp 33,56 miliar per tahun dengan pengoperasian dermaga multipurpose sepanjang 400 meter, serta pemanfaatan lahan hasil reklamasi seluas 6,5 hektar untuk pendukung dermaga multipurpose di Ciwandan itu,” kata Armen Amir, General Manager PT Pelindo II Cabang Banten, kepada Ocean Week, di Ciwandan.

Armen Amir, General Manager PT Pelindo Ciwandan Banten. (ow)

Armen Amir, General Manager PT Pelindo Ciwandan Banten. (ow)

Selain itu, ujar Armen, terdapat potensi bisnis sekitar Rp 8,64 miliar dari pengembangan pembangunan terminal batubara di pelabuhan Ciwandan.

Mantan Dirut PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT) ini optimis, target capaian itu dapat teraih, mengingat potensi industri hinterland di wilayah Banten sangat besar. “Ada puluhan industri di sekitar Banten yang kegiatannya menggunakan pelabuhan. Makanya, kami optimis,” ucapnya.

Sebagai gambaran, bahwa total throughput dari industri kepelabuhanan di Banten tahun 2017 di 4 pelabuhan mencapai 32.123.000 MT, dengan rincian melalui pelabuhan Ciwandan sebesar 8 juta MT, Cigading ada 17,1 juta MT, Merak Mas 2,9 juta MT dan 15.540 TEUs, serta Bojonegara 2.520.000 M3 dan 1.293.000 MT.

“Dengan potensi sebesar itu, Pelindo Banten dapat memperoleh pendapatan sekitar Rp 1,3 Triliun  per tahun dengan laba Rp 333,1 miliar per tahun,” ungkap Armen.

Oleh sebab itu, kata Armen, pihaknya sedang dan terus berupaya untuk dapat mencapai target tersebut. “Tentunya kami juga terus berusaha memberikan layanan terbaik dan profesional kepada semua pelanggan dan pengguna jasa, dengan perubahan-perubahan yang akan kami lakukan itu,” ungkapnya. (***)