Rutinitas kapal CMA CGM sandar di JICT bisa menjadi panduan bahwa ekspor-impor dari dan ke Amerika sudah rutin setiap minggu. Kali ini CMA CGM mendatangkan kapal Figaro yang sandar Minggu (14/5) dan pergi Senin (15/5).

Namun sebelumnya, ada dua kapal yang dijadwal pada Sabtu (13/5) selesai bongkar muat yakni Irenes Respect dan Sinar Padang. Hari ini juga masuk APL Los Angeles, dan Palembang CIN III-37 yang keduanya direncanakan keluar pada Minggu (14/5), termasuk Cai Yun He.

Tiga kapal dijadwal masuk Minggu, selain CMA CGM Figaro adalah Cosco FOS, dan Northern Volition.

Untuk TPK Koja, hari Sabtu ini keluar dan masuk yaitu kapal Otto, Perth Bridge, Hongkong Bridge, dan Meratus Kahayan. Hari Minggu (14/5) masuk kapal Leda Trader dan Ermuda 003N.

Sedangkan di dermaga MAL, hari ini berkegiatan dua kapal Ever Peace dan Wellington Strait. Keduanya dijadwal keluar Minggu, menyusul masuk SITC Surabaya.

Di TPK Panjang, dua kapal sudah meninggalkan terminal pada Jumat (12/5) yakni Kota Hadiah dan Otto.

Sementara di TPS Surabaya, setelah CSCL Santiago, Kanal Mas, Cougar, dan Ayer Mas selesai bongkar muat dan pergi, masuk Sabtu ini kapal Bahamian Express, GH Zonda, Segara Mas, Kedung Mas, dan Seaspan Fraser.

Pada hari minggu (14/5) diestimasi masuk kapal Irenes Reliance, Anna S, dan Cosco Haifa.

TPK Semarang, pada Sabtu ini dijadwal masuk Hayling Island dan direncana keluar Minggu (14/5). Masuk dan keluar pada Minggu itu juga Kanway Galaxy yang sudah sandar sejak tanggal 12/5, lalu ada CSCL Santiago, AS Ssvonia, dan Chittagong.

Sedangkan di TPK Banjarmasin, jadwal kapal untuk Sabtu ini yang diestimasi masuk adalah Sinar Palaran, Kuala Mas, Meratus Banjar, Sinar Ambon, Teluk Flaminggo, Oriental Samudra, dan Icon Perdana. Semuanya dijadwalkan keluar pada Minggu (14/5). Kemudian di Minggu itu juga masuk kapal Bali Gianyar, Meratus Katingan, dan KM Anda.

Untuk TPK Kariangau, ada kegiatan kapal Tanto Subur 2, kemudian estimasi masuk tanggal 14/5 dua kapal yakni Fery 3 dan Tanto Aman.

Di BICT, estimasi kegiatan kapal yakni Meratus Medan, Hijau Samudra, Nanta Bhum, dan Uni Popular.

Info jadwal kapal untuk terminal lain seperti BJTI, pelabuhan Teluk Bayur, pelabuhan Palembang, Teluk Lamong, dan yang lain, belum dapat diperoleh dari yang bersangkutan. (***)