Direktur komersial PT Pelindo ll Saptono Rahayu Irianto mengajak para pebisnis di pelabuhan Tanjung Priok untuk bisa memanfaatkan fasilitas yang sudah dibangun perseroan.

“Mari kita kerjasama maju bareng untuk membangun Tanjung Priok sebagai pelabuhan internasional, kami mengajak para pelaku usaha memanfaatkan fasilitas yang sudah ada tentunya sesuai dengan peraturan yang ada,” katanya, usai pengukuhan Sungkono Ali sebagai ketua dewan pelabuhan, di Jakarta Utara, Selasa (7/2).

Saptono juga menyatakan IPC ingin menjadikan Tanjung Priok sebagai pelabuhan yang terbaik. Untuk itu, perseroan akan melakukan banyak penataan. “Kita bertekad menuju ke sana, dan Priok sudah melengkapi fasilitas skala internasional dengan penataan melalui zonasi,” ujar Saptono.

Penataan zonasi itu juga sudah dibarengi dengan digitalisasi termasuk sistem operasionalnya yang sudah terintegrasi dengan insw dan Inaportnet.

“Karena itu baik di lini 1 dan lini 2 mestinya juga harus sesuai dengan sistem digital,” ungkap Saptono.

Saat ini, tambahnya, pihaknya sudah mengajukan ke Kemenhub untuk rencana induk pelabuhan. Lini 1 untuk kegiatan terminal, lini 2 untuk pendukung terminal. “Ini untuk mengefisiensikan,” ucapnya lagi.

Sementara itu, kepala otoritas pelabuhan Priok Nyoman gede Seputra menyatakan bahwa kedepannya pihaknya juga akan melakukan penataan sesuai dengan rencana induk pelabuhan. (***)

N